5 Tips Membeli Tablet Sesuai Budget dan Kebutuhan

Apakah Anda berencana untuk membeli tablet PC dalam waktu dekat ini? Untuk memudahkan Anda mendapatkan tablet yang diinginkan, sebaiknya Anda membaca dulu tips berikut ini agar mendapatkan tablet yang bagus, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ukuran Tablet

Saat ini tablet PC tersedia dalam berbagai macam pilihan ukuran. Ukuran ideal untuk sebuah tablet mulai dari 7 inchi sampai 10,2 inchi. Sebenarnya, ada tablet berukuran kecil yakni tablet 5 inchi dari Dell melalui Dell Streak. Namun, produk ini kurang diminati karena layar 5 inchi kurang memuaskan untuk bermain game, surfing, atau menonton video.

Acer Iconia B1-A71 Tablet Android Dengan Harga Murah

Ukuran layar yang paling bagus sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda lebih sering surfing di internet atau menonton film, maka sebaiknya Anda memilih layar tablet yang besar. Dengan layar yang besar, bermain game pun juga akan lebih memuaskan.

Namun, jika Anda lebih sering menggunakan tablet untuk membaca e-book, tablet 7 inchi bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah semakin besar layar tablet yang Anda pilih, maka semakin boros juga tablet tersebut mengkonsumsi daya.

Spesifikasi

Spesifikasi merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat memilih tablet karena berkaitan erat dengan performa yang akan diberikan oleh tablet tersebut. Spesifikasi penting yang harus dipertimbangkan pertama kali adalah prosesor dan RAM.

Prosesor merupakan otak dari sebuah tablet. Makin tinggi spesifikasi prosesornya, maka semakin baik pula performa tablet tersebut. Aplikasi-aplikasi yang dijalankan juga akan terasa lebih ringan dan lancar. Saat memilih tablet, sebaiknya pilihlah tablet yang memiliki prosesor di atas 600 Mhz. Agar lebih lancar dalam bermain game, pilihlah prosesor quad core atau dual core.

Selain prosesor, RAM juga tidak kalah penting untuk menentukan kualitas performa tablet. Makin tinggi RAM yang digunakan, semakin bagus pula performa tablet tersebut. Saat memilih tablet, sebaiknya pilih tablet dengan kapasitas RAM minimal 512. Namun, jika Anda sering mengoperasikan aplikasi atau game, pilihlah tablet dengan RAM 1 GB.

Sistem Operasi

Saat ini, pilihan sistem operasi yang paling diminati adalah iOs dan Android. Kedua sistem operasi ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Sistem operasi iOs sangat tertutup sedangkan Android justru sebaliknya yaitu bersifat open source. Hal inilah yang membuat setiap vendor smartphone Android membuat custom version mereka sendiri.

Selain itu, hal ini juga membuat semua perangkat Android dapat saling terhubung walaupun memiliki interface yang berbeda. Jadi, tablet Android sangat cocok untuk pengguna yang menyukai tantangan, tidak mudah puas, dan menyukai hal baru. Semenara itu, tablet iOs atau iPad lebih cocok untuk pengguna yang kreatif, intuitif, dan halus.

Baterai

Kapasitas baterai yang ditawarkan oleh tablet akan sangat berpengaruh terhadap performa yang ditawarkan. Pilihlah tablet yang menawarkan baterai berkapasitas besar mulai dari 3000 mAh. Dengan kapasitas yang besar, Anda tentu bisa menggunakan tablet lebih lama. Semakin besar kapasitas yang ditawarkan, tentu semakin lama pula waktu penggunaan aktif tablet tersebut.

Kapasitas Penyimpanan

Hal penting yang tidak boleh lupa dipertimbangkan adalah memori penyimpanan. Saat ini banyak tablet ditawarkan dengan versi sesuai kapasitas penyimpanan mulai dari 16 GB hingga 128 GB. Tablet dengan kapasitas kecil biasanya lebih murah, namun apakah kapasitas tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhkan Anda. Jika Anda ingin mengoleksi foto, aplikasi, lagu, dan video, kapasitas 16 GB tentu kurang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*