Amazon Digugat Oleh FTC Terkait Aplikasi Berbayar

FTC telah melayangkan gugatan kepada Amazon. Amazon dinilai telah menerima jutaan dollar dengan cara mengijinkan anak – anak melakukan pembelian aplikasi tanpa persetujuan orang tua mereka.

Pada awal tahun 2014 ini, Apple harus mengembalikan uang sebesar $ 32,5 juta kepada orangtua yang anak – anaknya membeli aplikasi tanpa seijin orangtuanya.

Dalam kasus ini, aplikasi – aplikasi tersebut dibeli oleh sang anak melalui tablet Kindle Fire yang merupakan tablet milik Amazon. Selain itu, FTC juga mengatakan bahwa sejak Amazon melakukan penjualan aplikasi pada tahun 2012, mereka tidak pernah menggunakan password untuk mencegah anak mengakses aplikasi tersebut sehingga membuat orang tua anak – anak harus mengeluarkan banyak biaya untuk membayar tagihan dari pembelian aplikasi.

Sebenarnya, Amazon sendiri pernah mengirim surat kepada komisi yang mengatakan bahwa mereka menggunakan kontrol orangtua yang efektif dan memberikan pemberitahuan secara real time untuk setiap transaksi yang dilakukan.

FTC menggarisbawahi peraturan Amazon yang menyebukan bahwa semua pembelian terkait aplikasi adalah final dan uang tidak dapat dikembalikan. Komisi perdagangan AS meminta agar Amazon mengemablikan uang orangtua dari anak – anak yang melakukan transasksi tanpa seijin orang tuanya.

Sebagai contoh, ada salah satu anak yang menghabiskan $ 350 untuk membeli virtual item tanpa sepengetahuan ibunya. Amazon mendapat keuntungan sebesar 30 persen dari pembelian ini.

“Dalam sistem aplikasi, Amazon mengijinkan anak – anak untuk melakukan transaksi tak terbatas melalui akun orang tua mereka tanpa ijin. Kami meminta uang pengembalian untuk orangtua yang mengalami dampak ini dan memastikan bahwa Amazon nantinya memastikan bahwa setiap orangtua mengijinkan atau mengetahui setiap transaksi yang dilakukan,” ucap Edith Ramirez, ketua FTC.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*