AMD GPU14 Tech Day 2013, Ajang Pamer GPU Terbaru AMD Radeon

AMD Tech Day

Sebuah press conference dilakukan oleh AMD dengan judul GPU14 Tech Day 2013. Ajang ini dilaksanakan di Hawaii, Amerika Serikat, AMD mencoba memperkenalkan produk terbaru mereka di bidang prosesor grafis. Tidak ingin ketinggalan dengan pesaing lainnya, AMD berharap dapat mengubah dan meningkatkan kelas computer gaming menjadi lebih tinggi lagi daripada sekarang.

Acara ini sendiri disiarkan melalui live streaming di Youtube, dan juga di situs eksklusif milik AMD. Press conference dibuka oleh Corporate VP AMD, John Taylor, yang memperkenalkan GM grafis AMD, Matt Skinner. Acara ini dimulai dari jam 13.00 waktu setempat, sampai jam 16.00. Dengan durasi yang cukup panjang ini, AMD tidak hanya memamerkan showcase terbaru mereka, tapi juga mengajak developer game untuk menunjukkan superioritas game mereka ketika menggunakan teknologi GPU yang dikeluarkan AMD.

AMD Tech Day

Adapun produk terbaru yang diluncurkan adalah AMD Radeon R9 dan R7, dengan pilihan seri di kedua tipe tersebut. AMD Radeon R7 memiliki seri 250 sebagai seri paling murah, dan 260x sebagai pendamping yang lebih superior. Untuk seri R9 sendiri dipercaya sebagai produk kelas high-end dari GPU terbaru Radeon ini. R9 dihadirkan AMD dengan pilihan tipe 270x, 280, dan 290x sebagai flagshipnya. Teknologi DirectX 11.2 yang mendorong performa GPU diintegrasikan eksklusif pada seri terakhir tersebut.

Teknologi lain yang diperkenalkan AMD dalam pertemuan ini adalah True Audio, teknologi suara yang mengkatalis pengalaman bermain game, dengan suara 3D yang lebih akurat dan mencengangkan. Jerry Mahabub, selaku CEO GenAudio yang bekerja sama mengembangkan teknologi ini, menjelaskan lebih rinci mengenai kehebatan teknologi audio tersebut menghasilkan surrounded sound hanya dengan dua speaker saja.

AMD sepertinya benar-benar memperhatikan kualitas audio, terlihat dari bagaimana mereka menekankan presentasi dari teknologi ini. Disebutkan bahwa teknologi audio ini didasarkan pada riset yang dilakukan selama 25 tahun terhadap bagaimana otak manusia menangkap suara. Lebih hebatnya, VP dan cofounder audiokinetis, Simon Ashby, juga diundang untuk menjelaskan integrasi teknologi Wwise pada AMD Radeon R9 ini.

Menghadirkan developer game terkemuka, beragam trailer game juga disuguhkan pada para peserta. Tentu saja, game ini dihadirkan dengan demo menggunakan teknologi yang dikeluarkan AMD. Sebut saja Star Citizen yang digarap oleh Chris Roberts, Battlefield 4, dan Lichdom: Redeemer, beserta Thief yang digodok oleh Eidos. Game lain, seperti Tomb Rider dan Dying Light juga ditampilkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*