AMD Siap Rilis VGA Card Terbaru AMD R9-290X, Diyakini Ini Spek Lengkapnya

VGA card terbaru

Pabrikan hardware, AMD dikabarkan akan memperkenalkan graphics card generasi terbaru mereka dalam waktu dekat ini. Berdasarkan pengumuman yang mereka keluarkan, mereka akan meluncurkan VGA card terbaru bertajuk AMD R9-290X itu dalam perhelatan AMD GPU ’14 Tech Day di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat, pada hari Rabu (25/09/2013) mendatang.

VGA card terbaru Kartu grafis seri RX-200 itu akan menjadi generasi penerus seri Radeon HD 7000, yang selama ini menjadi andalan perusahaan bernama lengkap Advanced Micro Device. AMD R9-290X itu sendiri akan diplot sebagai pesaing bagi VGA card terbaru kelas atas dari Nvidia yang sampai saat ini belum tertandingi oleh mereka, yaitu GeForce Titan. Dengan itu, AMD pun bisa menghadirkan persaingan ketat di pasaran hardware itu.

Fitur

Chip pada VGA card terbaru AMD bernama sandi Hawaii ini akan dibuat dengan teknologi 28nm yang diproduksi oleh pabrikan TSMC. Ukurannya sendiri diperkirakan seluas 430mm persegi, atau sekitar 18 persen lebih besar dari graphics card seri R1000 Tahiti. Dengan adanya peningkatan ukuran luas tersebut, dipastikan AMD R9-290X ini juga akan mengalami penambahan pada jumlah transistor yang akan dibawanya.

Sedangkan, model kartu grafis ini mengadopsi arsitektur terbaru AMD, yaitu Graphics Core Next generasi dua atau GCN 2.0, yang tentunya juga akan jauh lebih bagus dibandingkan GCN 1.0 pada seri R1000 Tahiti. Kemudian, VGA card terbaru AMD Hawaii ini juga telah dilengkapi dukungan terhadap standar DirectX 11.2 yang dapat ditemukan pada sistem operasi Windows 8.1, sama seperti pada seri R1000 Tahiti.

VGA card terbaru AMD Hawaii ini juga kemungkinan akan ditandemkan dengan 176TMUs atau Texture Unit, dan 32 atau 48 ROPs. Lalu, ada fitur PowerTune with Boost yang telah diperbaharui dengan tambahan parameter temperatur, seperti ditemukan pada kartu grafis NVIDIA GPU Boost 2.0. Dengan fitur itu, akan memungkinkan terjadinya pengontrolan batas suhu dan konsumsi daya secara teratur pada kartu grafis ini.

Jangan beranjak dulu sebab kita akan gali lebih dalam spek dan kemampuan VGA ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*