Apa Itu Teknologi Trueaudio di AMD Radeon R9?

AMD R7

Konferensi pers yang dilakukan pihak AMD pada 24 September lalu menghasilkan dua tipe terbaru dari GPU AMD Radeon. Dengan seri R7 yang menjadi “generik” dan R9 sebagai flagshipnya, beragam teknologi diterapkan untuk pengalaman game yang lebih baik. Seri R9 sebagai pemimpin mendapatkan teknologi dan beragam fitur eksklusif yang akan memberikan pengalaman bermain game yang terbaik.

Untuk mendukung pernyataan AMD tersebut, teknologi Trueaudio ditanamkan dalam semua seri keluaran Radeon R9. Adapun untuk seri yang dimaksud adalah seri 260x, 290, dan 290x. Seri R9 terakhir tersebut digadang-gadang sebagai seri GPU terkuat yang pernah dibuat oleh AMD. Sayang sekali bahwa teknologi ini tidak akan hadir di R7.

AMD R7

Teknologi Trueaudio ini adalah hasil kolaborasi AMD dengan beberapa game developer, partner perusahaan middleware, dan perancang proses algoritma dari digital audio. Teknologi ini akan dipadukan dengan Astoundsound dari Genaudio. Jerry Mahabub menayangkan demo suara surrounded dengan teknologi Trueaudio.

Salah satu developer game yang bekerja sama, Eidos, akan menggunakan teknologi ini untuk dijalankan dalam game terbaru mereka yang berjudul Thief. Teknologi Trueaudio akan digunakan untuk menggunakan konsep convolution reverb. Konsep ini digunakan untuk menghasilkan efek suara yang berbeda, tergantung dengan lingkungan dan suasana dalam game.

Teknologi audio terbaru ini akan menghasilkan suara surrounded, bahkan hanya dengan memanfaatkan dua output audio maupun headphone biasa saja. Hal ini dikarenakan algoritma proses audio digital yang sangat canggih. Teknologi ini sendiri adalah hasil riset selama 25 tahun pada respon otak manusia terhadap penangkapan suara.

Surrounded sound yang dihasilkan oleh teknologi Trueaudio ini akan menghasilkan beragam keuntungan untuk pengalaman bermain game oleh gamer. Salah satunya adalah menghasilkan audio 3D yang akan berbeda sesuai dengan posisi di axis x, y, dan z. Dengan ini, tentu saja gamer akan berasa seperti di dalam game tersebut. Karena merasakan apa yang dirasakan dalam game, tentu gamer menjadi lebih awas dalam lingkungan yang ada di dalam game tersebut.

Menariknya, teknologi Trueaudio ini akan menggunakan rancangan teknologi Wwise untuk mengoptimalisasi performa CPU. Dengan meningkatkan efisiensi ini, tentu saja CPU tidak terbebani dengan tambahan kinerja pengolah audio. Diharapkan juga teknologi Trueaudio ini akan konsisten ketika digunakan antar platform.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*