Apa Sih Tebowing, Hadouken dan Vadering?

Masih ingat dengan Gangnam Style atau harlem shake? Itu semua termasuk dalam internet meme. Lalu apa itu internet meme?

Menurut wikipedia, definisi Internet meme adalah suatu ide yang dipropagandakan melalui world wide web. Ide ini bisa mengambil bentuk sebuah hyperlink, video, website, hashtag, bahkan sekedar kata atau frase.

Internet meme juga bisa sebuah gambar yang memuat ekspresi atau menggambarkan suatu kejadian atau foto yang menarik, atau bisa juga suatu gambar yang mewakili perasaan sang pembuat Meme tersebut. Internet meme sendiri sekarang banyak dipakai untuk membuat cerita, sindiran, fun joke tentang kejadian di sekitar kita. Kepopulerannya terjadi sangat cepat dan mendunia, namun bisa menghilang hanya dalam hitungan hari.

Sesuatu yang menarik dan berbeda, memiliki kesempatan untuk mendapat popularitas di internet. Orang-orang berupaya untuk menangkap momen yang menyenangkan dan menarik sebagai meme, kemudian mempostingnya di internet dan menunggu reaksi dari dunia maya. Salah satu contoh internet meme yang sukses tentu saja Gangnam Style dan dilanjutkan Harlem Shake.

Setelah Harlem Shake sukses menyedot perhatian dunia maya di awal Februari kemarin. Kini muncul beberapa meme yang kembali menarik perhatian dunia, diantaranya Tebowing, Hadouken ataupun Vadering. Tidak seperti Harlem shake atau Gangnam style yang harus dilaksanakan secara beramai – ramai dengan durasi waktu tertentu. Ketiga meme baru tersebut, tidak harus dilakukan bersama orang banyak, hanya butuh satu atau dua orang saja untuk membuat dan menirukan meme tersebut. Lalu, apa itu Tebowing, Hadouken dan Vadering?

Tebowing

Tebowing ini berasal dari foto aksi Tim Tebow, seorang quarter back dari Liga Futbol Profesional AS, yang duduk berlutut sendirian dengan satu kaki dan berdoa kepada Tuhan.

6a00d8345194a469e201675ed90212970b

Foto ini semakin terkenal karena diambil saat Tim Tebow pada 23 Oktober 2012 berhasil memimpin rekan-rekannya di Denver Broncos memenangkan laga dimana mereka sebelumnya sempat ketinggalan.

Jared Kleinstein adalah orang pertama yang mengunggah aksi foto Tim Tebow di akun Facebook-nya dan menerima banyak suka serta komentar pada foto tersebut. foto tersebut membuat penonton terpukau serta menirunya.

Internet meme ini bahkan diposting oleh mereka yang ada di seluruh dunia pada situs Tebowing.com. Situs ini memberikan penjelasan bahwa Tebowing adalah tindakan atau aksi “untuk turun di lutut (berlutut dengan satu kaki) dan mulai berdoa, meskipun orang lain di sekitar Anda sedang melakukan sesuatu (aktifitas) yang sama sekali berbeda dengan anda”. Dalam 48 jam pertama peluncurannya, situs tersebut memiliki lebih dari 175.000 pengunjung dan banyak foto aksi Tebowing dari penjuru dunia.

Hadouken

Hadouken atau Hadokening adalah sebuah trend foto yang melibatkan dua orang atau lebih yang beradegan berkelahi dengan serangan bola energi dan memotret diri mereka pada pertengahan-tindakan, seperti yang terlihat dalam permainan arcade pertempuran populer Jepang Street Fighter dan manga Dragon Ball.

Hadouken

Internet meme ini menjadi tren di Jepang ketika para gadis sekolah mulai melakukan postingan gambar dirinya melemparkan bola energi ke temannya, dan mereka difoto dengan gaya terpental. Akan tetapi, foto iseng ini belum menjangkiti benua lain hingga tanggal 25 maret 2013 lalu, saat seorang pengguna twitter asal jepang memosting beberapa foto Hadouken kawannya di twitter. Foto iseng ini pun mulai ditiru banyak orang hingga kini.

Vadering

Pada tanggal 29 Maret 2013, salah satu pengguna Twitter, Rob Martinez, memposting foto dirinya melayang dan tercekik oleh Darth Vader dengan hashtag #vadering. Pada hari yang sama, foto Martinez itu diposting ulang ke salah satu situs, di mana ia mendapatkan lebih dari 16.900 upvotes dan 480 komentar dalam beberapa hari.

Vadering

Vadering berasal dari jurus tokoh karakter Star Wars yaitu Darth Vader. Darth Vader kerap menggunakan jurus ini kepada musuhnya. Dimana dia menggunakan energi, melayangkan musuh ke udara dan mencekik mereka tanpa harus menyentuh mereka.

Vadering membutuhkan waktu presisi, lompatan yang tinggi dan bidikan kamera yang pas momennya, Efeknya akan tampak mengagumkan ketika dilakukan dengan benar, Ketiga Internet Meme diatas sudah beredar cukup luas di dunia maya, seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Internet meme tersebut mungkin masih jarang terdengar oleh anda. Namun, patut anda coba sebagai hiburan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*