Apple Ajukan Paten Sistem Penayangan Iklan Berdasarkan Suasana Hati

iPhone 6 Plus

Bicara tentang paten teknologi, bisa dikatakan Apple mempunyai koleksi yang cukup banyak dan tercatat terus melakukan pengajuan paten baru di antaranya adalah sistem generasi terbaru untuk sektor periklanan.

Dalam sebuah publikasi paten Apple yang dikeluarkan hari ini di mana sistem yang diajukan oleh Apple ini memungkinkan mereka untuk menampilkan iklan berdasarkan suasana hati pengguna. Canggih kan? Memang sulit untuk dipahami bagaimana cara kerja sistem ini mengingat suasana hati dan perasaan seseorang terlalu rumit untuk bisa ditangkap dan dipahami oleh komputer.

Penjualan Apple

Tetapi sistem ini mengandalkan sebuah metode yang memungkinkan perangkat untuk membuat acuan profile mood dengan menilai suatu mood dari tekanan darah, tingkat adrenalin, dan suhu tubuh pengguna serta aplikasi yang sedang digunakan.

Setelah acuan profile mood diketahui, maka sistem akan menggunakan profile tersebut untuk membuat kesimpulan yang masuk akal dan memutuskan apa yang sedang dirasakan oleh pengguna, kemudian menyesuaikan jenis iklan dengan suasana hati tersebut.

Masalah privasi masih menjadi pertimbangan yang wajib diperhitungkan, namun Apple memastikan bahwa sistem ini digunakan hanya untuk menampilkan iklan yang releven, bukan untuk keperluan lain.

Sejauh ini Apple merupakan perusahaan yang cukup agresif mengajukan paten, sepertinya perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini paham betul bahwa paten merupakan senjata penting yang harus mereka miliki sebanyak mungkin guna menjadi tameng tuntutan oleh perusahaan lain di masa yang akan datang.

Seperti yang sering kita dengar, Apple kerap berseteru dengan sejumlah perusahaan teknologi terkait paten dan setiap mengalami kekalahan mereka harus menggelontorkan banyak uang untuk mengganti kerugian perusahaan tersebut sesuai yang diperintahkan oleh pengadilan.

Tetapi di sisi lain, perusahaan semacam Samsung, Google, Microsoft dan IBM punya posisi yang lebih baik karena mereka memiliki jumlah paten yang lebih banyak ketimbang Apple sehingga terdapat benturan kepentingan yang memang sulit dihindari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*