Apple Akan Hentikan Produksi iPad 2?

Sebuah sumber yang mengklaim mengetahui seluk beluk rencana bisnis Apple membeberkan informasi kepada Appleinsider, sedikit mengejutkan di mana Apple dikabarkan telah membuat keputusan radikal untuk menghentikan produksi iPad 2 sebagai upaya untuk mendorong konsumen memilih iPad yang lebih modern yaitu iPad mini dan iPad Air.

Apple Akan Hentikan Produksi iPad 2

iPad 2 telah menjadi anak emas Apple sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 2011 lal. Setahun kemudian Apple meluncurkan generasi ketiga iPad dengan tambahan fitur berupa dukungan layar retina namun tetap meneruskan produksi iPad 2 dengan harga yang lebih murah yakni $399 per unit.

Kendati menerapkan strategi harga yang lebih rendah, namun sejumlah analis percaya hal tersebut tidak lagi menjadi daya tarik bagi konsumen karena iPad dengan layar retina juga menguasai daya tarik dalam hal harga.

Saat Apple meluncurkan iPad Air sebagai generasi keempat, perangkat iPad 2 masih menjadi warisan yang tetap hidup di lini produks Apple.

Namun kemudian Apple mulai menawarkan model lain dengan harga yang relatif sama di angka $399 yaitu iPad mini dengan layar retina. Di sisi lain iPad 2 masih terus ditawarkan, sekarang konsumen memiliki opsi lain dengan harga yang relatif sama namun dengan otak dan perangkat yang lebih muda.

Isu pemberhentian produksi iPad 2 sebenarnya sudah pernah berhembus, pertama kali dilansir oleh Ming Chi Kuo dari KGI Securities pada bulan November lalu. Menurut Kuo, pengapalan iPad 2 sudah mencapai angka 0.3 juta unit dan menjadi pertanda telah mencapai akhir dari siklus kehidupan produk.

Meski belum ada konfirmasi resmi dari Apple, namun saya setuju bahwa sudah saatnya iPad 2 pensiun dari ranah gadget dan digantikan oleh yang lebih baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*