Apple Benamkan Panel Surya di Layar Safir iPhone 6?

Kapasitas daya pada baterai banyak dikeluhkan pengguna iPhone. Berdasarkan berita dari analis, Apple akan mulai menggunakan panel surya sebagai pembantu daya pada layar sentuh bermaterial safir.

Safir adalah material paling keras kedua setelah berlian Fitur tersebutlah yang membuat pihak Apple memilih material ini untuk melindungi komponen elektronik di dalam produk terbaru mereka, iPhone 6. Fitur-fitur pada iPhone 6 akan memerlukan daya lebih. Pasokan daya dari panel surya inilah yang akan menyuplai daya bantuan untuk baterai.

Backup Data dari Iphone Lama ke Iphone5

Berita ini semakin menguat dengan dibukanya posisi menyangkut produksi teknologi tersebut di Cupertino. Apple juga menggelontor US$ 10,5 milyar pada 2014 setelah sepakat bekerja sama dengan GT Advanced Technologies untuk menggunakan layar safir yang dipadukan dengan panel surya. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli teknologi laser mutakhir guna membentuk microchannel pada panel surya yang diintegrasikan dengan iPhone. Adapun posisi yang dibuka adalah insinyur di bidang Thin Films dan Manufacturing Design.

Apple sendiri sudah mendapatkan hak paten dari teknologi ini sejak Februari 2013 lalu. Paten berikutnya diterima pada bulan Oktober, dimana daya dari panel surya tersebut akan masuk ke sistem pengolahan daya (intergrasi dengan baterai) pada smartphone. Salah satu rekan produksi Apple, Foxconn, dirumorkan sudah memproduksi 100 prototipe iPhone yang menggunakan teknologi layar safir dengan integrasi panel surya ini.

Sementara beberapa saat yang lalu Apple juga dikabarkan telah mendapatkan paten untuk teknologi panel surya perangkat MacBook. Berkaca pada kabar tersebut, kemungkinan hadirnya panel surya di layar terbaru iPhone 6 dapat dikatakan sangat besar. Jika benar adanya, fitur ini dapat menjadi amunisi Apple untuk mengarungi bahtera persaingan dengan vendor-vendor lain seperti Samsung dan Sony.

iPhone 6 sendiri masih belum menunjukkan tanda-tanda kepastikan akan hadir di paruh pertama 2014, melihat tradisi Apple kemungkinan besar akan muncul di paruh terakhir 2014. Kita tunggu saja tanggal mainnya, cepat atau lambat iPhone 6 akan menampakkan diri paling tidak bocoran resminya dari Apple.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*