Apple Kembali Terima Aplikasi Mata Uang Bitcoin

Para pengembang aplikasi mata uang Bitcoin tampaknya dapat bernafas lega setelah muncul indikasi Apple kembali menerima aplikasi-aplikasi pembayaran mata uang tersebut. Kesimpulan tersebut muncul setelah terendus adanya upaya revisi peraturan toko aplikasi Apple yang memperbolehkan penggunaan mata uang digital, di mana Bitcoin masuk dalam cakupan kategori tersebut.

Apple mulai menghapus aplikasi berbau Bitcoin pada bulan Februari lalu. Yang paling mengejutkan adalah pemberhentian aplikasi Blockchain yang mempunyai pengguna aktif lebih dari 120.000 orang. Manuver tersebut tak pelak mengundang reaksi keras dari pengembang aplikasi dan juga penggunanya.

Faktor keamanan dan legalitas menjadi hal yang disoroti oleh Apple dalam membuat keputusan tersebut. Hal yang sama juga dijadikan aturan oleh Apple saat merevisi aturan tersebut, di mana pengembang harus memenuhi syarat keamanan dan legalitas terutama di negara-negara yang dapat menggunakan aplikasi.

Bukti bahwa Apple sudah menerima aplikasi mata uang Bitcoin terbukti ketika pada hari Senin kemarin mereka menyetujui sebuah aplikasi bernama Coin Pocket yang sudah bisa diunduh dari App Store.

Di aplikasi Coin Pocket ini aplikasi dapat mengirim dan menerima Bitcoin dari iPhone dan iPad mereka. Di dalamnya terdapat dukungan Sweep Private Keys di format HEX, WIF dan BIP38, pemindai kode QR, dan lain-lain.

Meskipun Apple kembali menerima aplikasi mata uang Bitcoin, namun pengembang aplikasi-aplikasi tersebut harus menyetujui persyaratan yang diajukan oleh Apple. Pasca kemunculan Coin Pocket diyakini akan bermunculan aplikasi-aplikasi serupa lainnya di App Store, hanya masalah waktu untuk melihat hal itu terjadi.

Menarik untuk melihat bagaimana reaksi pengembang Blockchain pasca luluhnya Apple untuk kembali menerima aplikasi mata uang Bitcoin. Hingga kin belum ada pernyataan yang keluar dari pihak Blockchain, namun kabar ini jelas jadi kado istimewa selain peluncuran iOS 8 dan OS X Yosemite.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*