Cara Backup Data dengan Macrium Reflect Free Edition

Macrium Reflect Free Edition

Data merupakan suatu hal yang sangat penting bagi diri kita pribadi. Karena dengan data penting yang ada, maka kita dapat melakukan suatu hal yang besar. Maka dari itu sebaiknya data ini disimpan pada media penyimpanan data yang fleksibel dan mumpuni. Misalnya saja seperti pada hardisk, flashdisk, kepingan CD atau DVD, dan lain sebagainya. Media penyimpanan ini juga tentunya tidak bisa menjamin bahwa data anda akan aman 100 persen. Maka ada baiknya anda menyimpan data penting anda pada banyak media penyimpanan, artinya tidak hanya pada satu media penyimpanan saja. Anda harus menyiapkan beberapa media penyimpanan untuk menyimpan berbagai macam data penting anda.

Macrium Reflect Free Edition

Dan proses memindahkan atau pun menyimpan data ke dalam suatu media yang lain ini disebut dengan backup data. Ada berbagai macam cara dan aplikasi yang dapat digunakan dalam hal backup data ini. Namun, kali ini congkel hanya akan menggunakan salah satu aplikasi saja yang menurut congkel lumayan handal dan profesional dalam hal backup membackup data. Aplikasi tersebut adalah Macrium Reflect Free Edition. Menurut pendapat dan beberapa pengalaman banyak orang, aplikasi ini sangat mumpuni dalam melakukan backup dan restorasi data pada hardisk.

Nah, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, download aplikasi Macrium Free pada link berikut http://www.macrium.com .
  • Jalankan aplikasi dan klik Backup – Create Image.
  • Klik saja Next.
  • Pilih drive atau partisi yang akan anda backup dan kemudian klik Next.
  • Tentukan lokasi tempat penyimpanan image file (Backup Destination) dan kemudian klik Next.
  • Tekan tombol Finish. Dan untuk melakukan pengaturan lebih lanjut klik tombol Advanced.
  • Apabila sudah selesai melakukan pengaturan, klik OK dan centang kedua pilihan yang muncul.
  • Terakhir, klik OK dan tunggu sampai proses pembuatan image file nya selesai.
  • Setelah selesai klik OK sekali lagi dan lihatlah pada folder tempat anda menyimpan file imagenya tadi, telah terdapat file dengan ekstention .MRIMG.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*