Cara Hasilkan Gambar Panorama dengan Aplikasi Microsoft ICE

Bukan hal mudah untuk mendalami dunia fotografi. Banyak hal yang harus dipelajari dan butuh banyak sekali pengalaman yang cukup untuk menguasainya dan tentu saja tidak lupa sebuah usaha dan kerja keras yang tinggi. Mungkin dikarenakan inilah, banyak orang yang tertantang untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai fotografi ini. Maka dari itu, Kali ini kami akan membahas mengenai salah satu trik photografi. Trik yang akan di bahas kali ini yaitu mengenai panorama.

Panorama

Apa itu panorama ? Mungkin sudah banyak yang tau apa arti dari panorama itu sendiri. Dalam dunia fotografi ada yang namanya fotografi panorama. Nah, pengertian dari fotografi panorama itu sendiri apa ? Fotografi panorama adalah suatu cara menghasilkan gambar atau mengambil gambar secara bertahap sehingga nanti gambar yang dihasilkan adalah gambar dengan lebar yang melebihi batas pandangan lurus mata normal kita. Jika diukur menggunakan focal length, pandangan normal mata manusia adalah lebih kurang 50mm (lensa normal). Oleh karena itu, foto panorama ini biasanya berbentuk melintang atau melebar ke samping.

Gambar yang biasanya diambil untuk fotografi panorama ini adalah berupa gambar pemandangan dan gambar bangunan tinggi yang ada di kota-kota besar. Untuk mengambil gambar panorama ini sebenarnya ada beberapa aplikasi yang mendukung, contohnya saja seperti Panoramic Photo Stitcher, Adobe Photoshop dan ICE. Namun, menurut beberapa pendapat para ahli photography, aplikasi yang paling mudah digunakan untuk menghasilkan gambar panorama adalah Microsoft ICE. Oleh karena itu, kami disini akan membahasnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tentukan apa yang akan di shot, misalnya saja pemandangan atau pun gedung bertingkat.
  • Ambil (shot) dahulu sampai beberapa kali gambar yang ingin dijadikan panorama tersebut.
  • Download terlebih dahulu aplikasi Microsoft ICE pada link berikut http://research.microsoft.com/en-us/UM/redmond/groups/IVM/ICE/ .
  • Install aplikasi tersebut hingga selesai.
  • Setelah selesai install, buka aplikasi tersebut.
  • Drag beberapa foto yang telah di ambil (shot) tadi ke dalam aplikasi microsoft ICE.
  • Crop gambarnya sesuai keinginan. Jikalau tidak ingin repot, maka klik automatic crop dan software secara otomatis akan mengcrop gambarnya.
  • Kalau sudah selesai semua, edit lagi menggunakan aplikasi adobe photoshop untuk hasil yang maksimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*