Cara Melindungi File Ms. Word Agar Tidak Dapat Diedit

World MS World MS

Aplikasi perkantoran yang satu ini sudah pasti banyak yang menggunakan nya untuk kebutuhan sehari-hari. Hal itu dapat dipastikan karena siapa saja pasti butuh dokumen untuk menyimpan sebuah data ataupun tulisan penting pada hidupnya. Dan apabila kita dapat menggunakan nya dengan baik, sudah pasti hidup kita akan lebih mudah dalam hal menyimpan sebuah dokumen atau data penting ini. Pada dasarnya seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi untuk menyimpan dokumen bukan hanya Ms. Word saja, tetapi juga bisa menggunakan notepad. Walaupun demikian, sebenarnya notepad bukanlah diperuntukkan untuk menyimpan sebuah dokumen atau data. Dan yang paling tepat dan nyaman untuk menyimpan dokumen adalah aplikasi perkantoran milik micosoft ini yang biasa dikenal dengan sebutan Ms. Word.

MS Word

Mungkin anda pernah menyimpan dokumen dalam jumlah besar pada Ms. Word ini. Dan itu bisa saja berupa tugas kantor, atau dokumen penting perusahaan, atau pun tugas perkuliahan. Setelah 2 hari yang lalu anda men-save nya dan tiba-tiba di saat anda buka lagi file tersebut, isinya sudah tidak beraturan lagi. Tidak sesuai dengan apa yang telah anda kerjakan dan anda save 2 hari lalu. Padahal itu merupakan dokumen penting perusahaan misalnya. Pastinya hal tersebut akan membuat anda mengamuk dan marah-marah. Sudah susah payah anda kerjakan misalnya, namun sewaktu dibuka kembali, file nya sudah acak-acakan.

Jadi, oleh karena itu kami akan coba membahas bagaimana cara melindungi file Ms. Word ini agar tidak bisa diedit oleh siapapun dan tentunya file dokumen tersebut bisa lebih aman.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka file Ms. Word anda.
  • Klik menu Review dan klik Protected Document.
  • Klik Restrict Formatting and Editing pada jendela kecil yang muncul di sebelah kanan anda.
  • Kemudian akan muncul jendela yang lebih panjang pada bagian sebelah kanan. Centang saja check box Limit Formatting to a selection of styles, dan check box Allow only this type of editing in the document, serta klik button Yes, Start Enforcing Protection.
  • Masukkan password anda dan klik button OK.
  • Sekarang dokumen anda sudah aman dan tidak bisa diedit. Jika ingin mengeditnya kembali maka cukup arahkan mouse ke dalam isi filenya, dan klik. Maka akan keluar jendela peringatan dan klik Stop Protection. Maka anda akan diminta untuk memasukkan password dan cukup masukkan password yang sudah anda masukkan pada awal tadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*