Cara Memantau Penggunaan Data di Mac Dengan Activity Monitor

Aplikasi Activity Monitor dapat menjadi solusi bagi Anda yang merasa internet berjalan sangat lamban. Biasanya, ada saja aplikasi maupun proses yang memakan bandwidth internet tanpa Anda ketahui.

Gambar ini adalah interface utama dari Activity Monitor. Anda dapat melihat beberapa kolom yang menunjukkan proses yang ada, berikut dengan jumlah bytes dan paket yang keluar-masuk. Kolom  Sent Bytes dan Received Bytes yang menjadi indicator traffic Anda.

 Cara Memantau Penggunaan Data di Mac Dengan Activity Monitor

Daftar tadi memuat keseluruhan proses yang ada. Anda dapat memberikan filter dengan klik View dan mencentang Active Process. Dengan ini, Anda dapat melihat proses apa saja yang berjalan di Mac saat itu.

Cara Memantau Penggunaan Data di Mac Dengan Activity Monitor_2

Cara Memantau Penggunaan Data di Mac Dengan Activity Monitor_3

Jika sudah begini, kini Anda dapat melihat traffic untuk proses aktif saja. Jika Anda melihat bandwidth termakan proses yang tidak diperlukan, cukup double-click pada proses tersebut, dan klik ‘Quit.’ Proses tersebut akan dimatikan oleh Activity Monitor. Ada baiknya Anda mengakses active apps dari Mac langsung. Opsi dari Mac hanya me-relaunch beberapa apps penting saja. Dengan demikian, Mac Anda akan lebih aman, karena tidak secara sembarangan mematikan proses yang ternyata diperlukan untuk ‘kesehatan’ Mac tersebut.

Cara Memantau Penggunaan Data di Mac Dengan Activity Monitor_4

Activity Monitor juga menyajikan feedback real-time untuk bytes yang keluar dan masuk. Feedback ini berupa grafik merah dan biru yang mengindikasikan masuk dan keluarnya data dari proses yang berjalan. Klik kanan pada ikon apps ini, lalu klik ikon Dock, dan pilih Network Monitor untuk menampilkan feedback ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*