Cara Membuat Autoresponder di Gmail Android

Gmail

Salah satu fitur yang biasa ditemukan di sebuah layanan email adalah autoresponder yang dapat digunakan jika Anda akan bepergian dalam waktu yang lama. Fitur ini tidak hanya berfungsi sebagai asisten pribadi, tetapi juga menjadi penyelamat bisnis sebab dengan fitur ini Anda tidak akan mendapatkan cap “respon lambat” oleh klien atau partner bisnis Anda.

Gmail

Selain untuk para pelaku bisnis, fitur autoresponder juga berguna untuk Anda yang eksis di internet dan kerap menggunakan email untuk berkomunikasi dengan kerabat.

Tips yang akan kita ulas hari ini adalah cara membuat autoresponder di Gmail versi Android, sudah pernah mencoba sebelumnya? Atau malah baru tahu kalau di Gmail berbasis Android juga punya fitur ini? Tidak mengapa, kita langsung saja step by stepnya.

  • Pertama buka Gmail Android dan Anda dan arahkan ke menu Settings. Tepat di bawah opsi Signature terdapat menu Vacation responder, tap dan rubah menjadi On.
  • Secara otomatis Anda akan diminta untuk mengisi pesan yang akan digunakan saat seseorang menghubungi Anda. Lengkapi dengan judul dan isi pesan, isinya boleh apa saja, yang pasti Anda harus menjelaskan perihal kepergian Anda.
  • Jangan lupa untuk mengatur tanggal mulai fitur autoresponder bekerja dan juga tanggal akhir, sesuaikan dengan berapa lama Anda berlibur.
  • Setelah selesai klik tombol Done untuk menyimpan perubahan yang baru saja Anda lakukan.

Sampai di sini berarti langkah Anda untuk membuat autesponder di Gmail Android telah selesai. Sesuai dengan tanggal yang Anda atur, saat seseorang mencoba untuk menghubungi Anda melalui email maka sistem akan secara otomatis menjawab email tersebut yang isinya sesuai dengan yang telah Anda tuliskan sebelumnya.

Cara kerja fitur ini tak berbeda dengan fitur autoresponder yang ada di email lain, hanya saja di Gmail namanya Vacation Responder. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel tips dan trik lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*