Cara Membuat Bootable Windows Untuk CD atau DVD dengan WBI Creator

Bootable Windows 7

Banyak masalah yang ditimbulkan pada komputer atau pun laptop. Masalah ini sudah pasti ada penyebab nya. Bisa saja karena kesalahan pengguna atau memang kesalahan sistem nya. Dan setiap masalah yang ada, sudah pasti ada solusi nya. Tidak mungkin ada masalah yang tidak dapat kita selesaikan. Seperti ayat Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa “Allah tidak akan memberikan cobaan kepada hambanya melampaui batas kemampuan nya”. Loh, kok udah jadi ke situ ya ? Hehe. Ya intinya sebenarnya mengarah ke situ juga. Setiap masalah yang ada pasti ada solusi untuk menyelesaikan nya.

Bootable Windows 7

Nah, masalah ini bukan hanya ada pada laptop atau pun komputer. Namun ada juga masalah yang ditimbulkan pada saat proses instalasi dengan menggunakan CD atau pun DVD installer. Biasanya masalah ini adalah pada saat anda jalankan installer pada CD atau DVD tersebut, akan muncul pesan error. Dan masalah ini biasanya terjadi karena kesalahan pada mengcopy paste file windows ke hardisk nya. Intinya, masalah ini timbul karena pada awalnya anda tidak membuat dahulu CD atau DVD anda menjadi bootable. Seharusnya kalau menggunakan CD atau DVD yang bootable tidak akan ada masalah pada saat melakukan instalasi.

Maka dari itu, kali ini kami akan coba bahas mengenai bagaimana cara membuat bootable itu sendiri. Lebih tepat nya cara buat bootable windows untuk CD atau DVD. Aplikasi yang akan digunakan kali ini yaitu WBI Creator.

Berikut langkah-langkah nya.

  • Download terlebih dahulu aplikasi gratis nya pada link berikut http://www.deviantart.com/download/260819526/windows_bootable_image_creator_by_vishal_gupta-d4ba9mu.zip .
  • Setelah selesai, ekstrak file tersebut dan jalankan aplikasi nya yang berekstensi .exe .
  • Aplikasi ini tidak membutuhkan ruang atau pun space untuk instalasinya karena bersifat portable.
  • Setelah masuk ke halaman awalnya, maka akan ada penjelasan mengenai WBI Creator dan cukup klik button Next.
  • Kemudian terdapat beberapa pilihan Operating Sistem dan buatlah label nya sesuai keinginan anda.
  • Pada bagian Setup Location, arahkan ke folder yang berisi installer Windows dan di Output Path, tentukan lokasi hasil penyimpanan data nantinya.
  • Tampilkan pembuatan bootable untuk image file nya dan jika sudah selesai maka klik button Close.
  • Apabila sudah anda dapatkan Image File dalam format .ISO, burning lah file tersebut dengan aplikasi burning unggulan milik anda.
  • Setelah selesai proses burn, anda pun dapat dengan mudah melakukan booting dari CD atau DVD tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*