Cara Membuat Custom URL Profil Google+

Google+ merupakan sebuah media social paling baru yang dirilis oleh Google. Jasa social network satu ini sekarang menawarkan custom URL untuk akses ke profil penggunanya. Sama seperti Facebook, kini pengguna dapat menentukan sendiri URL yang digunakan untuk mengakses halaman media social.

Google+ sudah mulai mengeluarkan notifikasi kepada para penggunanya terkait hal ini. Proses migrasi ke alamat URL custom ini pun sangat mudah setelah Anda menerima notifikasi ini.

Google+ akan mengirimkan notifikasi melalui email. Selain itu, notifikasi ini juga muncul ketika Anda mengakses page profile Anda. Berikut ini adalah gambar screenshot dari contoh email notifikasi terkait yang dikirimkan oleh pihak Google+

Custom URL Profil Google+ Jika Anda sudah mendapatkan email notifikasi seperti di atas, klik “Get URL”. Anda akan di-redirect ke Google+ untuk melakukan setup penggantian alamat URL profile page Anda. Sebuah pop-up akan muncul setelah Anda sampai ke profile page.

Untuk pengguna dengan akun lebih dari satu, maka Anda harus membuka satu per satu email notifikasi ini dari alamat email yang didaftarkan saat membuka profile Google+ ini.

Google+ akan memberikan rekomendasi custom URL yang dapat Anda gunakan, seperti pada tampilan di atas ini. Sayangnya, sepertinya tidak ada opsi bagi pengguna untuk menentukan sendiri custom URL yang ingin digunakan. Klik pada box “I agree to the Terms of Service” hingga tanda centang muncul. Lalu klik “Change URL”.

Custom URL Profil Google+_2

Pop-up lain akan keluar sekedar untuk konfirmasi bahwa Anda akan mengubah custom URL. Klik “Confirm choice” untuk menyelesaikan setup ini. Setelah itu, page Google+ akan di-refresh, dan ikon notifikasi berwarna biru akan keluar di bagian atas, seperti gambar di bawah ini.

Custom URL Profil Google+_3

Voila! Selamat, Anda sudah berhasil mengubah alamat profile page Anda. Walaupun sudah menggunakan custom URL, alamat page yang lama masih dapat digunakan.

Custom URL Profil Google+_4

Dengan keberadaan custom URL, alamat Google+ Anda tidak lagi panjang dan berbelit. Tidak lagi dengan kombinasi angka dan huruf yang panjang, cukup dengan custom URL yang lebih singkat dan dapat dihafal di luar kepala.

Bagi pengguna yang belum mendapat email notifikasi, jangan khawatir. Saat ini Google+ sedang melakukan sosialisasi terkait custom URL ini. Jadi, sabarlah menunggu hingga Google+ mengontak Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*