Cara Membuat Daftar Sesuai Urutan Huruf atau Angka Pada Ms. Word

MS Word

Aplikasi perkantoran yang masih laris manis hingga saat ini adalah aplikasi perkantoran besutan pihak microsoft. Atau aplikasi perkantoran ini lebih sering dikenal atau dijumpai orang pada sistem operasi windows. Walaupun pada saat ini banyak sistem operasi lain yang juga menyediakan berbagai macam aplikasi perkantoran, tetap saja kebanyakan masyarakat pada umumnya lebih senang atau merasa lebih nyaman menggunakan aplikasi perkantoran milik windows. Hal ini dikarenakan kebanyakan masyarakat sudah terlanjur duluan kenal dengan sistem operasi windows dan sudah terlanjur nyaman menggunakan sistem operasi tersebut. Sehingga dengan begitu sudah pasti pula banyak orang lebih nyaman menggunakan berbagai macam aplikasi yang disediakan windows daripada menggunakan aplikasi lain yang terdapat pada sistem operasi yang berbeda.

MS Word

Salah satu aplikasi perkantoran yang banyak digunakan masyarakat adalah Ms. word. Aplikasi yang biasanya digunakan untuk menulis dokumen. Jika anda membuat sebuah dokumen dengan menggunakan aplikasi Ms. Word ini, pastinya merupakan hal yang mudah. Namun, jika data dokumen nya sudah dalam jumlah besar dan anda harus mengurutkan nya sesuai dengan huruf abjad atau pun dengan suatu nilai tertentu dengan tujuan untuk mempermudah anda dalam pemeriksaan nya, maka itu bukanlah hal yang mudah atau bisa dibilang tidak semudah pada aplikasi Ms. Excel.

Maka dari itu, kali ini kami akan membahas mengenai hal tersebut. Yaitu mengenai cara membuat daftar sesuai urutan huruf atau pun angka pada Ms. word.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka data anda.
  • Kemudian blok mulai kolom kedua atau mulai kolom selain nomor tabel.
  • Pada menu ribbon Table Tools, klik Layout – Sort.
  • Pada bagian Sort by, pilih nama jika anda ingin mengurutkan berdasarkan kolom nama. Pada bagian Type pilih Text, Using pilih Paragraphs dan pilih tombol radio Ascending untuk mengurutkan dari abjad A, sedangkan Descending untuk urutan mulai dari Z.
  • Selanjutnya, klik tombol Options dan centang Sort column only.
  • Terakhir, klik tombol OK dan sekali lagi klik tombol OK.

Note: Jika Anda ingin mengurutkan data berdasarkan kolom Fee misalnya, ulangi langkah pertama dan kedua, kemudian pada bagian Sort by pilih Fee, Type Number dan mode Ascending atau Descending. Terakhir klik tombol OK.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*