Cara Membuat File ISO dengan ISO Creator

Jika anda memang orang yang sudah sangat sering bergelut dengan dunia komputer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ISO bukan ? Biasanya file ini mempunyai kapasitas besar dan digunakan untuk sesuatu yang besar. Misalnya saja file ISO digunakan sebagai file untuk menginstall sebuah sistem operasi layaknya windows atau pun linux. Namun mungkin untuk hal lainnya juga ada. Tapi yang paling sering digunakan adalah untuk file instalasi sebuah sistem operasi. Biasanya file ISO nya akan di bakar (burn) ke dalam sebuah CD/DVD, agar kemudian CD atau DVD tersebut bisa digunakan untuk melakukan proses install sebuah sistem operasi.

Free-ISO-Creator-2013-Free-Download-Latest-Version

Nah, namun tahukan anda apa sebenarnya definisi dari ISO tersebut ? ISO merupakan singkatan dari International Organization of Standardization. Dari kepanjangan nya dapat kita lihat ada unsur organisasi atau pun perusahaan. Lebih tepatnya sebuah organisasi yang bertujuan untuk menetapkan standar yang digunakan untuk berbagai macam industri. Dan file ISO sendiri merupakan sebuah file yang punya isi file system ISO 9600 di dalamnya. ISO 9600 ini sendiri merupakan standar yang digunakan untuk menyimpan file dalam sebuah CD/DVD ROM dan konten di dalamnya. Atau sebuah CD/DVD yang isinya dipindahkan ke dalam format *.ISO .

Namun apakah pernah terpikir di pikiran anda, sebenarnya bagaimana cara membuat file ISO itu sendiri ? Jika memang pernah terlintas hal tersebut di pikiran anda, maka anda telah masuk ke dalam bahan bacaan yang tepat. Karena kali ini congkel akan membahas mengenai hal tersebut. Yaitu mengenai bagaimana cara membuat file ISO. Dan disini congkel menggunakan sebuah aplikasi yang bernama ISO creator.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, download aplikasi free iso creator nya pada link berikut http://download.minidvdsoft.com/freeisocreator.exe .
  • kemudian, jalankan installernya.
  • Konversikan file-file dan folder-folder yang ingin anda jadikan file ISO tersebut ke dalam bentuk *.ISO .
  • Pilih add folder dan add file.
  • Selanjutnya jika sudah anda tambahkan, maka pilih Save Iso AS.
  • Terakhir, jangan lupa juga klik tombol Convert.

Sekarang telah tercipta sebuah file .ISO yang telah anda ciptakan tadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*