Cara Membuat Screen Shot Full Page dengan Mozilla Firefox

Banyak sekali fitur yang berguna yang terdapat dalam sebuah sistem operasi. Banyaknya fitur ini sengaja diterapkan oleh pihak developer sistem operasi agar membuat para penggunanya terus betah dan nyaman menggunakan sistem operasinya. Hal ini wajar saja. Karena sudah pasti setiap leader dari perusahaan pencipta sistem operasi ini ingin selalu sistem operasi nya banyak digunakan orang dan pastinya perusahaan nya kian lama akan terus berjaya. Apalagi seperti sistem operasi close source seperti windows, pastinya memiliki pemasukan uang yang luar biasa jika memang sistem operasinya sangat banyak disukai orang dan digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini dikarenakan untuk dapat menggunakan sistem operasi ini anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk dapat membeli lisensi resminya.

Awesome Screenshot

Namun, bukanlah mengenai keseluruhan dari sistem operasinya yang akan congkel bicarakan pada artikel kali ini, melainkan mengenai salah satu browser yang dimiliki oleh sistem operasi windows. Yaitu mengenai mozilla firefox. Namun bukanlah mengenai bagaimana cara menggunakan browser ini, tetapi bagaimana cara mengambil screen shot secara penuh page halaman web dengan menggunakan web browser ini.Seperti yang telah kita ketahui bersama, biasanya untuk mengambil screen shot sebuah web page pasti hanya kelihatan sebagian nya saja, tidak terlihat secara keseluruhan.

Nah, Bagaimana caranya untuk mengambil screen shot secara keseluruhan ? Hal itu dapat diwujudkan dengan cara menggunakan browser mozilla firefox.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, arahkan Browser Mozilla anda ke link berikut https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/awesome-screenshot-capture-/ .
  • Kemudian, klik Add To Firefox untuk menambahkannya ke dalam add ons.
  • Install dan Restart Mozilla FireFox anda.
  • Klik gambar lingkaran yang ada di sudut toolbar browser firefox anda.
  • Cara lainnya yaitu dengan meng-klik kanan pada mouse -> Awesome Screenshoot -> Capture Full Page.
  • Terakhir, klik Done untuk melanjutkan, lalu klik Save untuk menyimpan screenshot.

Add ons ini juga memilik beberapa tools untuk pilihan Screenshotnya, antara lain sebagai berikut:

  • Fitur Crop Foto yang akan memotong gambar sesuai keinginan anda.
  • Rectangle untuk membuat garis secara persegi atau kotak.
  • Ellipse untuk membuat garis secara melengkung atau bulat.
  • Arrow untuk membuat gambar panah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*