Cara Membuat Tugas Terjadwal di Gmail dengan Addon Todoist

Gmail

Akun email dari Google, Gmail, memiliki fitur petunjang yang lengkap. Jika Anda pengguna browser Mozilla Firefox, ada sebuah add-on yang bisa diinstal sebagai pelengkap pada browser Anda. Add-on bernama Todoist ini dapat menjadi pilihan tambahan untuk membuat to-do list yang terintegrasikan dengan Gmail.

Add-on ini dapat membantu Anda mengorganisir email sesuai dengan to-do list yang dibuat. Todoist dapat digunakan pada platform OS yang beragam, seperti Windows, Mac, iOS, dan Android, asalkan Anda menggunakan browser Firefox.

Gmail

Dengan add-on Firefox satu ini, Anda dapat menyimpan email ke dalam to-do list. Anda juga dapat membuat pengingat (reminder) untuk tetap diupdate pada email-email penting pada inbox Anda. Todoist juga dapat memberikan flag warna dengan prioritas yang diatur oleh penggunanya. Untuk menggunakan add-on ini, Anda perlu membuat akun Todoist terlebih dahulu.

Sign up akun Todoist pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan akun Gmail yang sudah ada pun bisa dilakukan. Setelah itu, Anda dapat langsung sign in tiap kali membuka akun email Anda.

Interface dari Todoist akan langsung keluar begitu Anda sukses mengakses akun tadi. Interface-nya menggunakan basis project untuk mempermudah organisir daftar kerja. Untuk mengakses project ini, klik tombol Menu yang ada di sebelah kiri atas.

Ketika masuk ke sini, Todoist sudah menyediakan inbox default untuk tiap project. Anda dapat menambahkan beberapa project yang di-custom sesuai kebutuhan. Klik Add project dan masukkan namanya.

Setelah project baru ini dibuat, Anda dapat memasukkan task dan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Email dan pengingat dapat dimasukkan ke dalam project ini.

Untuk menambahkan task, klik Add task, lalu masukkan informasi detil beserta dengan deadline yang sudah ditentukan. Task yang sudah diselesaikan dapat diberikan tanda, dan Anda siap melanjutkan ke pekerjaan berikutnya.

Penanda task ini dibedakan dengan warna, dan dapat diatur prioritasnya oleh pengguna. Terdapat warna putih, biru muda, biru tua, dan merah. Task yang sudah selesai dapat dihapus oleh pengguna.

Kesimpulan

Todoist adalah salah satu extension yang cukup berguna bagi pengguna Gmail. Sayangnya, beragam fitur lain yang ditawarkan hanya dapat diakses jika Anda menggunakan versi Pro saja. Contohnya, fitur penyimpanan email sebagai bagian dari to-do list.

Walaupun demikian, add-on ini cukup berguna, apalagi dengan kemampuan sinkronisasi bagi pengguna multi-device.

Install Todoist for Gmail on Chrome

Install Todoist for Gmail on Firefox

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*