Cara Memperbesar Virtual Memory

virtual memory

Virtual memory yang dimaksudkan disini adalah RAM yaitu Random Access Memory. Dimana RAM ini berfungsi sebagai suatu perangkat memori sementara yang menjalankan berbagai macam aplikasi yang dijalankan. Atau dengan kata lain RAM ini berfungsi untuk menampung sementara data-data yang dibutuhkan untuk selanjutnya diteruskan kepada processor untuk diproses dan dijalankan. Maka dari itu, dapat diambil kesimpulan, RAM ini merupakan suatu jembatan atau pun penghubung antara processor dengan harddisk.

virtual memory

Mungkin bagi anda yang senang beraktifitas dengan komputer dan menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan (misalnya saja menjalankan pemutar musik, bermain game, mengetik dan lain sebagainya), akan mendapatkan beberapa masalah pada komputer anda. Namun, masalah ini akan muncul jika memang spesifikasi RAM yang anda miliki termasuk ke dalam golongan yang kecil atau pun rendah. Masalah tersebut dapat mengakibatkan komputer atau pun laptop anda menjadi sangat lelet atau lambat. Dan tentunya hal ini akan membuat anda menjadi sangat kesal.

Masalah tersebut timbul dikarenakan RAM anda sudah penuh. Mengapa bisa penuh ? Ya karena itu tadi, anda menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan dan RAM anda tergolong ke dalam RAM yang memiliki kapasitas yang kecil. Dan biasanya jika memori atau pun RAM anda sudah penuh, maka komputer atau pun laptop akan mengeluarkan pesan Virtual Memory Low.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, tentunya anda harus memperbesar ukuran memori atau pun RAM anda. Dan hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Bagaimana cara memperbesar virtual memory atau pun RAM.

Note: Memperbesar virtual memory kali ini berlaku untuk windows xp.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, klik Start dan masuk ke Control Panel.
  • kemudian, double Klik pada icon System.
  • Pada window System properties, Klik tab Advanced.
  • Selanjutnya akan ada tiga bagian dalam tab advanced, klik tombol Settings pada bagian performance.
  • Pada window performance options, klik tab advanced.
  • Klik tombol change pada bagian virtual memory.
  • Terakhir, ubah ukuran virtual memori menjadi 4 kali lipat sebelumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*