Cara Memproteksi Dokumen Libre Office dengan Password

Libre Office

Sistem operasi lainnya selain windows yang juga banyak digunakan adalah sistem operasi linux. Sistem operasi berbasis open source ini sudah lumayan dikenal oleh masyarakat luas. Padalah jika banyak orang tau akan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi ini, maka sudah pasti akan banyak sekali orang yang menggunakan sistem operasi ini. Apalagi sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang bersifat gratis. Anda dapat menggunakan versi aslinya tanpa harus mengeluarkan sepeser uang pun. Namun sayangnya, banyak orang yang sudah terlanjur nyaman dengan menggunakan sistem operasi windows dikarenakan dari dulu memang sudah dibiasakan dengan sistem operasi ini.

Libre Office

Berbicara masalah linux, terdapat salah satu fitur aplikasi perkantoran di dalam sistem operasi ini. Aplikasi tersebut adalah libre office. Aplikasi ini merupakan aplikasi perkantoran default yang terdapat di dalam sistem operasi linux. Namun ada sedikit kelebihan yang menarik yang dimiliki oleh aplikasi perkantoran ini. Kelebihan itu adalah anda dapat melindungi file atau pun dokumen libre office ini dengan password. Dan ini juga merupakan fitur default yang dimiliki oleh aplikasi libre office pada linux. Jadi, dengan adanya fitur ini, file atau pun dokumen penting anda dapat lebih terjaga dan lebih aman dari tangan-tangan jahil yang ingin mengakses atau pun melihatnya.

Nah, bagaimana caranya melindungi file atau pun dokumen libre office tersebut ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana memproteksi dokumen libre office dengan password.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka sembarang dokumen libre office yang ingin anda tambahkan passwordnya.
  • Lakukan Save as (Ctrl + Shift + S).
  • Beri centang pada opsi Save with password.
  • Anda akan langsung diminta memasukkan password baru dan konfirmasinya persis seperti mendaftar e-mail.
  • Masukkan saja password yang anda inginkan.
    Note: Libreoffice mengatur passwornya dengan sifat case-sensitive, artinya memperhatikan besar kecilnya huruf yang anda masukkan. Jadi pastikan anda ingat password-nya secara benar, karena password ini tidak akan dapat dikembalikan jika terlupa.
  • Kemudian, tutup dokumen dan buka lagi. Dan akan muncul kotak dialog masukkan password.
  • Terakhir, jika anda salah memasukkan password, maka akan keluar pesan error.

Selamat mencoba!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*