Cara Menampilkan Level Baterai di Android 4.4 KitKat

Android 4.4 KitKat

Saat beberapa perangkat Android dan custom ROM sudah memiliki fitur standar untuk memunculkan persentase kapasitas baterai pada status bar. Perangkat Nexus yang menjalankan OS Android 4.4 KitKat ternyata belum memiliki fitur sederhana yang cukup membantu para pengguna perangkat Android ini. Banyak yang menganggap bahwa hal ini sengaja dilakukan Google untuk mempersulit para penggunanya dalam memantau kapasitas baterai perangkat Nexus.

Meskipun agak sulit, namun ternyata ada solusi yang ditawarkan untuk dapat memunculkan fitur ini pada Nexus yang menjalankan Android 4.4 KitKat di dalamnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah tanpa harus rooting perangkat Anda seperti yang sering terjadi sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan perintah ADB tanpa disertai rooting.

Android 4.4 KitKat

Berikut adalah perintah ADB yang dapat Anda berikan pada perangkat Anda untuk mengaktifkan fitur untuk memunculkan persentase baterai seperti yang dibahas sebelumnya.

adb shell content insert—uri content://settings/system—bind name:s:status_bar_show_battery_percent—bind value:i:1

Setelah Anda telah memberikan perintah di atas, Anda harus melakukan perintah reboot dengan perintah

adb reboot

Walau tampak mudah dan dapat dilakukan pada perangkat apa saja, ternyata ada satu syarat pasti supaya Anda dapat menikmati fitur ini yaitu Anda harus memiliki perangkat Nexus yang sudah diupdate dengan OS Android 4.4 KitKat. Ini adalah syarat utama supaya Anda dapat menikmat fitur ini pada perangkat Android Anda.

Persentase Baterai di Android

Meskipun saat ini Anda sudah dapat menikmati fitur yang memungkinkan Anda untuk dapat melihat kapasitas baterai pada perangkat Anda, angka persentase kapasitas baterai yang tersisa baru dapat terlihat setelah tenaga baterai tersisa separuhnya saja. Hal ini disebabkan karena indikator baterai pada perangkat Android Anda akan berwarna putih yang juga sama dengan warna angka yang ditampilkan untuk mewakili persentase kapasitas baterai yang tersisa.

Meski hal ini bisa saja dianggap salah satu kelemahan fitur ini, setidaknya fitur persentase untuk menunjukkan sisa kapasitas baterai Anda ini akan cukup membantu untuk memperkirakan konsumsi daya dari perangkat Anda. Selamat mencoba.

Jika melakukan perintah ADB Anda rasa terlalu susah , Anda dapat mengunduh sebuah aplikasi khusus yang mengeliminasi proses tersebut dan menjadikannya lebih mudah. Cukup install, aktifkan fitur lalu reboot tanpa rooting. Untuk mendownloadnya, langsung saja klik link ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*