Cara Mendeteksi Virus Dalam Link Web di Google Chrome

Banyak dari kita yang khawatir ketika sedang berinternet ria dan tidak sengaja mengklik link yang sebenarnya terdapat virus. Tak banyak pengguna internet yang tahu bagaimana cara mencegahnya.

Jika anda ingin memastikan komputer anda aman dari virus, anda bisa menginstall extension Chrome yang bernama Dr. Web Link Checker. Extension tersebut setidaknya bisa membantu pencegahan virus yang masuk dari segala link.

Setelah extension tersebut terinstall, selanjutnya browser harus direstart terlebih dahulu. Setelah restart, klik icon laba-laba hijau yang ada di pojok kanan atas browser. Kemudian akan muncul menu Dr. Web tapi fungsi link checker masih belum bisa digunakan.

Untuk scan link yang anda curigai sebagai virus, klik kanan di link tersebut dan pilih “Scan with Dr. Web”. Kemudian akan muncul jendela baru yang menampilkan hasil scan link tersebut.

Cara Mendeteksi Virus Dalam Link Web

Ketika hasil scan menunjukkan link tersebut terdapat virus, di jendela hasil scan tersebut akan muncul tulisan “Infected” berwarna merah. Jika hal tersebut muncul maka link tersebut akan otomatis di close.

Cara Mendeteksi Virus Dalam Link Web_2

Fitur lain yang bisa dimanfaatkan dari Dr. Web adalah kita bisa mendeteksi berbagai link yang terdapat di jejaring sosial seperti Facebook. Ketika link yang anda klik terdapat virus maka akan otomatis muncul pop-up notifikasi tersebut.

Cara Mendeteksi Virus Dalam Link Web_3

Anda juga bisa mengatur sendiri tingkat keamanan yang ingin anda pasang di browser anda di menu Options. Jika notifikasi dari Dr. Web terasa mengganggu aktivitas internet anda bisa mengatur sendiri tingkat keamanan menjadi lebih rendah.

Cara Mendeteksi Virus Dalam Link Web_4

Di halaman yang sama anda bisa mengupdate database terbaru dari segala jenis virus. Untuk memperbaruinya klik “Update Database” di bagian bawah halaman Options tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*