Cara Menemukan dan Menghapus Data Duplicate Pada Ms. Excel

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, aplikasi perkantoran saat ini sudah menjadi bagian terpenting dalam dunia kerja. Aplikasi perkantoran dapat membuat pekerjaan kita di kantor jadi lebih mudah tentunya. Tidak hanya di kantor, mungkin para pengusaha atau pun pedagang juga banyak yang menggunakan aplikasi perkantoran untuk mengolah data pekerjaan mereka. Sehingga data yang biasanya dalam jumlah besar dapat di olah sedemikian rupa yang pada akhirnya dapat bermanfaat untuk pribadi mereka sendiri. Selain itu, pada dasarnya aplikasi perkantoran seperti excel dapat sangat membantu apabila kita mengolah data yang jumlahnya sangat besar. Dimana apabila manusia yang mengolah nya, akan terasa sangat lelah ataupun membuat kita jenuh mengerjekannya.

Excel

Nah, apabila dalam mengolah data yang akan dilakukan berbagai macam operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, selisih, atau total dan sebagainya, sebaiknya menggunakan aplikasi perkantoran seperti Ms. Excel. Karena aplikasi perkantoran besutan microsoft ini sudah memiliki fitur yang sangat lengkap dalam mengolah data dan tentunya memiliki tampilan yang user friendly atau pun mudah untuk digunakan.

Namun, pastinya jika anda sudah bekerja pada jumlah data yang sangat banyak akan menemukan berbagai macam kesalahan atau pun kemungkinan error. Hal ini biasa terjadi dikarenakan jumlah datanya yang sudah sangat besar atau banyak. Dan untuk meminimalisir terjadi nya kesalahan atau pun duplicate data pada Ms. Excel ini, ada sedikit cara yang dapat dilakukan. Cara ini memanfaatkan fitur bawaan yang tersedia di Ms. Excel itu sendiri. Hal itulah yang akan kami bahas pada artikel kami kali ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka dan block seluruh cell data excel anda.
  • Kemudian masuk pada ribbon menu dengan cara Home – Conditonal Formatting – Hightligt Cell Rules – Duplicate Values.
  • Sehingga akan muncul jendela Duplicate Values di mana anda dapat memilih warna highlight yang anda inginkan.
  • Pada saat bersamaan anda akan dapat melihat warna pada cell data yang sama. Klik tombol OK untuk melakukan modifikasi pada data tersebut.
  • Terakhir, untuk menghilangkan warna pada cell tersebut cukup dengan cara klik Conditonal Formatting – Clear Rules – Clear Rules from Entire Sheet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*