Cara Mengatasi Monitor LG 710S Mati

Berbagai macam kerusakan dapat terjadi pada gadget yang kita miliki. Baik itu handphone, laptop, komputer, dan lain sebagainya. Dan kerusakan itu sendiri juga tidak bisa kita prediksikan secara pasti kapan akan terjadinya. Mungkin untuk penyebabnya bisa saja kita cari tau atau bertanya pada orang yang lebih mengerti. Dan tentunya untuk menghindari berbagai macam kerusakan, anda harus rajin merawat dan menjaga dengan baik gadget yang anda miliki. Karena hanya dengan perawatan yang benar dan baiklah gadget tersebut dapat bertahan lama dan tetap dalam performa terbaiknya. Maka dari itu, rajin-rajin lah merawat gadget yang anda miliki untuk menghindari berbagai macam jenis kerusakan.

51633_lg_710s

Salah satu kerusakan yang terjadi pada gadget komputer adalah pada monitor LG 710S. Biasanya monitor komputer jenis ini akan mati atau pun blank. Pada gejala-gejala awalnya monitor harus dihidupkan dengan beberapa kali menekan tombol powernya. Namun lama kelamaan, saat tombol power di tekan, layar tidak akan tampil sama sekali alias blank. Kerusakan Monitor LG 710S Mati disebabkan oleh dropnya tegangan 5 volt untuk IC chroma atau IC program. Dropnya tegangan 5 volt ini menyebabkan IC chroma tidak bekerja dengan baik, padahal semua pengaturan monitor LG 710S ini ada di IC chroma ini. Akibatnya monitor LG710S ini menjadi mati.

Bagaimana cara mengatasi masalah ini ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana cara mengatasi monitor LG 710S yang mati total.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka tutup monitor dengan membuka kedua sekrup dibawah dan ada 2 kait di bagian atas. Untuk kait yang ada di atas, gunakan gunting untuk menekan kedalam kait tersebut, kemudian angkat tutup monitor LG 710S ini.
  • Jangan lupa buka juga besi alas board monitor.
  • Cari jalur 5 volt keluaran dari trafo power suply, di situ anda akan menemukan elco 1000 uF/10v atau 1000 uF/16v setelah dioda dari trafo power suply. Elco itulah yang biasanya menyebakan Monitor LG 710S mati, karena elco sudah kering atau melembung.
  • Ganti elco tersebut dengan yang baru dan pastikan letak kaki posif negatifnya benar (sebelum melepas elco lama perhatikan posisi kakinya). Bagian badan elco yang ada garis panahnya itu menunjukkan kaki negatif yang mendapat jalur groun di PCB.
  • Terakhir, monitor LG 710S siap dicoba dan seharusnya monitor ini akan dapat hidup kembali dengan normal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*