Cara Mengganti IP Address dengan Mudah

IP Address

Pada kesempatan kali ini Congkel akan menjelaskan cara untuk mengganti IP address computer anda, pastinya mengubah IP Address akan mengubah alamat anda yang mengakses ke suatu jaringan internet.

IP Address

Akan tetapi sebelum mengubah alamat IP Address anda, ada baiknya anda harus mengetahui dahulu apa yang akan anda kerjakan tersebut. IP Address merupakan kepanjangan dari Internet Protocol Address, yaitu adalah sederetan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang digunakan dan berfungsi sebagai alamat identifikasi untuk tiap-tiap komputer host didalam suatu jaringan internet.  Adapun panjang dari angka ini adalah 32 bit untuk IPv4 atau dikenal dengan  IP Adress versi 4 dan 128bit untuk IPv6 atau IP address versi 6 yang menunjukkan alamat dari komputer itu dalam jaringan Internet berbasis TCP/IP.

1. IPv4

IPv4 panjang totalnya adalah 32 bit dan dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia. Contoh alamat IPv4 adalah 192.168.0.3.

Oleh karena jumlah host telah melebihi jumlah 4 milliar host, maka dibuatlah IPv6.

2. IPv6

IPv6 panjang totalnya adalah 128 bit dan dapat mengalamati 3,4 x (10 pangkat 38) host komputer di seluruh dunia. Contoh alamat IPv6 adalah 21da:00d3:0000:2f3b:02aa:00ff:fe28:9c5a.

Baiklah sekarang saatnya kita mengubah alamat IP address computer anda :

1. Bukalah web browser anda lalu buka alamat web ini > http://www.myipaddress.com/what-is-my-ip-address/ lalu ini kode verifikasinya dahulu lalu liat alamat IP address anda

2. Buka alamat website ini untuk mendapatkan IP address baru anda http://spys.ru/en/

3. Setelah itu masuk ke browser anda

– Bila menggunakan Mozilla Firefox : Pengaturan > Canggih > pilih tab Jaringan > pada bagian sambungan pilih Setting/Pengaturan >pilih Konfigurasi Proxy Secara Manual > isikan alamat Proxy dan Portnya > Ok

– Bila menggunakan Google Chrome : Customize disudut kanan dekat url address > Setting > Show Advance Setting >  Change Proxy Setting > pilih tab Connection > LAN Setting > conteng Use Proxy Server for your LAN  > isikan alamat Proxy dan Portnya > Ok

4. Kemudian buka kembali alamat web ini > http://www.myipaddress.com/what-is-my-ip-address/ lalu lihat perubahannya.

Sekian tips dari Congkel, semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. kalau dlm satu komputer n jaringan lantas kt menjalankan sekaligus 2 browser, apakah masing2 browser kt bisa dibedakan ipx?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*