Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Beberapa Aplikasi Bawaan pada ponsel atau tablet yang bersistem operasi android tidak dapat di di hapus atau di uninstall karena aplikasi-aplikasi tersebut telah di kunci dari pabrikan masing-masing ponsel. Memang terkadang aplikasi bawaan dari pabrik banyak yang tidak di gunakan karena sudah tergantikan dengan aplikasi lain yang lebih populer, namun kalau jarang di pakai ngapain di simpan selain membuat memori penuh juga membuat ruang menu aplikasi jadi penuh dan tak nikmat di pandang.

Android

Perlu diketahui untuk menghapus aplikasi bawaan android hal yang paling utama adalah ponsel android harus sudah di root. dan satu lagi harap hati-hati dalam penghapusan aplikasi bawaan karena akan barakibat fatal, bisa-bisa ponsel harus di install ulang. tapi apabila di lakukan denga teliti dan hati-hati pasti menyenangkan karena ponsel lebih ringan :D.

Langsung saja step by step cara menghapus aplikasi bawaan ponsel android :

  1. Ponsel atau Tablet harus sudah di root.
  2. Download aplikasi ” Root Explorer ” disini
  3. Install Aplikasi ” Root Explorer “
  4. Jalankan Aplikasi ” Root Explorer ” dan masuk ke system/app
  5. Pilih aplikasi yang akan di hapus, tapi bijaklah dalam menghapus aplikasi jangan asal hapus. setelah dipilih akan muncum tombol ” Mount R/O” yang menandakan aplikasi bawaan ROM tidak bisa di hapus karena dalam posisi read only.
  6. Apabila tulisan R/O atau R/W tidak bisa di klik langsung dah brangkat ke menu super user anda, masuk menu super user dan klik Root Explorer. ganti hak akses yang sebelumnya ” denied ” menjadi ” allowed “.
  7. Kembali ke langkah lima untuk melakukan perubahan hak akses. terkada ada perbedaan antara satu perangkat denga  perangkat lain ada yang statusnya R/W ada jg yang R/O di coba aja yang mana yang bisa di hapus.

Demikian cara menghapus aplikasi bawaan pada ponsel atau tablet ber sistem operasi android. semoga bermanfaat dan semua ke resiko di tanggung penumpang ya congkel.com ga bertanggung jawab 😀

 

11 Comments

  1. Kira2 nanti bisa tidak ya mengembalikan aplikasi2 tersebut seperti sedia kala ?
    terima kasih atas tutorialnya..

  2. jadi langsung lewat hp androidnya,gak perlu pake kabel data dan diolah pake PC/Laptop ya kang…….?

    • @emka: Mohon maaf belum punya pengalaman dengan HP merek dan tipe itu, coba anda cari referensi di website lain. Semoga berhasil.

  3. masih bingung sm langkah ke 6 gan… menu super user dimana yak??? 😮

  4. kenapa saya tidak bisa mengembalikan aplikasi bawaan yg sudah dihapus walaupun sudah saya reset

  5. menu super user didapat klo android nya udah di root. klo belum cari cara root android di google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *