Cara Menghapus Driver Lama di Windows 8

Di setiap perangkat Windows kita tentu membutuhkan berbagai driver agar perangkat yang ada di perangkat kita bisa berfungsi dengan baik.

Namun seiring berjalannya waktu komputer kita menjadi lemot karena tanpa terasa driver yang kita install sudah terlalu banyak yang jarang terpakai. Tak jarang pula driver yang sudah kita install lama-lama akan mengalami crash sehingga tidak maksimal penggunaannya. Tentu hal itu akan mengganggu kita jika komputer terkadang mengalami crash.

Secara default, Windows hanya menampilkan berbagai driver yang sudah terinstall oleh kita dimana driver tersebut yang biasa kita gunakan, namun di balik itu banyak sekali driver-driver usang yang ikut terinstall namun tidak bisa kita lihat. Bagi yang ingin mengetahui cara menghapus driver usang tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara untuk menampilkan driver usang:

  • Langkah pertama adalah klik “Win + X” kemudian pilih “Command Prompt (Admin)” dari daftar menu pilihan tersebut. Untuk pengguna Windows 7 bisa mencarinya melalui Menu Start kemudian ketik “Command Prompt.”

   Cara Menghapus Driver Lama di Windows 8

  • Ketik perintah berikut ini: SET DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1. Kemudian klik Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

Cara Menghapus Driver Lama di Windows 8

Cara uninstall driver usang tersebut:

  • Untuk uninstall driver usang tersebut klik “Win + X” kemudian pilih “Device Manager” dari daftar menu pilihan. Jika Anda  pengguna Windows 7 bisa mengetik “Device Manager” di Menu Start.

Cara Menghapus Driver Lama di Windows 8

  • Pilih menu “View” kemudian pilih menu “Show Hidden Devices” untuk memunculkan driver-driver usang tersebut.

Cara Menghapus Driver Lama di Windows 8

  • Setelah itu akan muncul semua driver yang ada di komputer kita. Kemudian Anda pilih driver mana saja yang ingin Anda  hapus dengan cara klik kanan pada driver yang ingin dihapus kemudian pilih “Uninstall.”

Cara Menghapus Driver Lama di Windows 8

Itu dia Cara Menghapus Driver Lama di Windows 8 yang jadi pembahasan kita hari ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*