Cara Menghidupkan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Power Supply

Anda Hobi Modding mungkin tutorial ini sangat bermanfaat seperti kita ketahui modding komputer adalah memodifikasi komputer anda secara bebas dan untuk itu mungkin anda membutuhkan banyak supply arus listrik untuk pc yang anda modding misal untuk memenuhi kebutuhan lampu dan juga kipas yang begitu banyak. mungkin apabila anda gunakan satu power supply hal ini akan membuat pc anda berkerja kurang optimal apabila tegangan yang di butuhkan untuk Motherboard kurang.

Power Supply

Oleh karena itu ada baiknya anda menambahkan powersupply lainnya secara terpisah yang tidak mempengaruhi kinerja pc anda, namun yang menjadi masalah adalah bagaimana cara menghidupkan power supplay ATX tanpa motherboard?  ia benar pertanyaan ini sering muncul karena powersupply tidak bisa hidup sebelum kita menghidupkan melalui motherboard. namun congkel.com akan membahas bagaimana cara mengakalinya agar hidup tanpa motherboard.

Berikut caranya

  1. Sediakan powersupply yang akan di hidupkan tanpa motherboard.
  2. Serdiakan Kabel jenis yang seperti di bawah ini hal hindari mengunakan kabel atau kawat yang telanjang tanpa karet pelindung, pilih kabel yang ukurannya sama dengan lubang kabel pada power supply.
  3. Kupas kedua ujung kabel dan pasang salah satu ujungnya ke lubang yang memiliki kabel berwarna hijau, dan satunya lagi ke lubang yang memiliki kabel berwarna hitam.
  4. Tekan kawat atau kabel yang telah di masukan ke lubang berwarna hijau dan hitam menggunakan tang sehingga tidak ada lagi kabel yang telanjang.
  5. Apabila kedua ujung sudah tersambung maka secara otomatis powersupply akan menyala apabila si sambungkan ke stok kontak.

Tips :

Anda juga dapat menambahkan saklar untuk menyambung antara kabel hijau dan hitam.

Anda dapat memasukkan kabel atx pin 24 ke dalam power supply bila tidak di butuhkan jadi akan lebih rapi.

  1. Buka Powersupply yang telah disambung tadi.
  2. Lipat kabel menggunakan kawat dan masukan kedalam box powersupply perhatikan jangan kabel jangan mengenai kipas pendingin.
  3. Tutup kembali box powersupply secara perlahan sembari memperhatikan kabel tetap pada posisi yang kita inginkan.

Powersupply siap di sambungkan ke stok kontak dan pastikan kipas berputar itu menandakan Power supply berjalan sesuai keinginan. Demikian tutorial ini semoga bermanfaat apabila ada pertanyaan silahkan pada komentar.

 

1 Comment

  1. mantap triknya om…., sudah lama nyari trik ini. sebelum saya coba saya mau nanya apakah psu tambahan ini dapat gunakan pada harddisk booting, rencana saya begini… 1 psu utk mobo + dvd + kipas, dan 1 lagi psu tambahan khusus untuk harddisk biar arus yg dibutuhkannya dapat terpenuhi normal.
    Jika bisa, lumayan juga ni om buat ngirit dari pada beli psu 750 wat seharga 1jt lbh, mending beli 2 buah psu 450 wat dg total harga krg lbh 300rb.
    Krn blm begitu paham mengenai komputer, jika psu tsb bs digunakan utk hardisk apakah tiidak mempunyai efek samping….? seperti arus yg masuk pd harddis tidak dapat terkontrol langsung olh cpu misalnya…!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*