Cara Mengirim Email Selalu Via Akun Default Microsoft Outlook 2010

Kalau kamu menggunakan software Microsoft Outlook 2010 sebagai server email kamu, pasti kamu merasakan kurangnya dukungan Outlook 2010 pada setup akun email default. Hal ini sangat terasa hanya jika kamu memiliki dua akun yang diintegrasikan pada Microsoft Outlook ini.

Berikut ini adalah macro yang bisa kamu tambahkan ke Microsoft Outlook 2010, untuk membuat email yang kamu kirim selalu melalui default account yang kamu tentukan. Bentuk macro ini adalah sebuah tombol dengan label “New Mail” yang akan muncul pada tab Home Outlook.

  • Tekanlah Alt + F11 ketika sedang ada di halaman muka Outlook 2010. Setup “ThisOutlookSession” akan terbuka. Kamu cukup melakukan copy-paste dari kode di bawah ini:

Public Sub New_Mail()
Dim oAccount As Outlook.Account
Dim oMail As Outlook.MailItem
For Each oAccount In Application.Session.Accounts
If oAccount = “Name of Default Account” Then
Set oMail = Application.CreateItem(olMailItem)
oMail.SendUsingAccount = oAccount
oMail.Display
End If
Next
End Sub

  • Pada bagian yang di-bold, isilah dengan nama akun default yang kamu pilih. Lihat screenshoot di bawah ini untuk informasi lebih jelasnya.

outlook_1

  • Setelah kamu selesai melakukan copy-paste ini, klik “File”, lalu “Save.” Tutuplah jendela Microsoft Visual Basic yang keluar tadi.Setelah kamu selesai membuat macro tadi, kini kembalilah ke Microsoft Outlook 2010. Kini, klik “File”, lalu klik “Options.” Pada pilihan ini, kamu klik lagi di bagian “Customize Ribbon.”
  • Seperti gambar di bawah, pada bagian “Choose commands from:” pilihlah Macros yang ada pada drop box opsi yang ditawarkan.

outlook_11

  • Pada tab utama Outlook 2010, kini klik “Home (Mail)” dan temukan “New Group” pada bagian paling bawah. Klik tombol tersebut.Kamu bisa memberi nama label disini. Cukup dengan klik “Rename” untuk melakukannya.
  • Klik “Macro” yang ada pada panel sebelah kiri. Klik “Add” pada bagian “New Group.”
  • Klik “Rename” dan beri nama “New Mail” atau nama lain yang sesuai dengan keinginan kamu.

outlook_111

Setelah itu, klik “OK” dan setup ini sudah selesai dilakukan. Kamu akan menemukan tombol “New Mail” pada bagian Outlook Ribbon.

outlook_112

Akseslah opsi “File” – “Options” – “Trust Centre” – “Trust Centre Settings” – “Macro Settings.” Pilihlah “Notifications for all macros.”

Setup macro ini sudah selesai. Kini tiap kali kamu mau mengirim email, cukup dengan menekan tombol ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*