Cara Menjalankan Lampp di Linux (KDE & Gnome)

Untuk sistem operasi linux, pastinya ada banyak sekali hal yang dapat kita jadikan bahan eksperimen atau pun percobaan kita. Jika anda memang orang yang sangat senang melakukan oprek atau pun eksperimen, maka ada baiknya coba gunakanlah sistem operasi berbasis linux. Selain sifatnya yang open source alias gratis, dari segi tampilan dan sistem nya linux juga memiliki sesuatu yang sepadan dengan sistem operasi lainnya. Namun, sayangnya sampai saat ini masih banyak juga orang yang belum mengetahui tentang adanya sistem operasi besutan Linus torfall yang satu ini. Pada umumnya orang juga sudah terlanjur nyaman menggunakan sistem operasi windows.

XAMPP

Nah, bicara masalah sistem operasi linux, ada banyak sekali versi sistem operasinya. Diantaranya adalah KDE dan Gnome. Keduanya memiliki tampilan yang keren dan menarik. Namun, kali ini congkel tidak akan membahas mengenai tampilan nya, melainkan mengenai salah satu fitur atau pun aplikasi yang ada pada sistem operasi ini. Aplikasi tersebut adalah Lampp (Linux Apache MySQL PHP). Aplikasi Lampp ini berguna untuk menjadikan komputer anda seperti layaknya webserver. Artinya, anda dapat ngeweb secara offline baik dengan CMS open source semisal WordPress, Mediwiki, atau lainnya dengan menjalankan LAMPP di belakang layar. Maka sudah semestinya aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang senang mempelajari mengenai web dan sebagainya.

Pada umumnya untuk menjalankan aplikasi ini pada linux harus menggunakan terminal dengan mengetikkan perintah sudo /opt/lampp/lampp start. Namun, apakah bisa menjalankan nya tanpa menggunakan terminal ? Nah, hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana cara menjalankan aplikasi Lampp di linux tanpa menggunakan terminal.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, tekan Alt + F2.
  • Kemudian, lihat pada sisi atas monitor anda (jika anda menggunakan KDE) atau lihat sisi tengah (jika anda menggunakan GNOME).
  • Ketikkan perintah gksu /opt/lampp/lampp start.
  • Pada dialog yang muncul, masukkan password anda.
  • Sekarang coba kunjungi localhost anda.
  • Terakhir, localhost anda sudah bisa diakses dengan cara mengetikkan localhost pada web browser anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*