Cara Menonaktifkan Caller ID di Smartphone Android dan iOS

Jika Anda membutuhkan privasi ketika menelepon, atau sekedar ingin iseng saja, Anda dapat mematikan Caller ID. Dengan mematikan fitur ini, nomor ponsel tidak akan ditampilkan. Dengan mematikan Caller ID, Anda akan tetap anonym ketika menelepon seseorang.

Untuk ponsel lama, Anda cukup menambahkan ekstensi * 67 * sebelum kemudian menelepon. Untuk iOS dan Android Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah.

  • Masuk ke Settings terlebih dahulu. Kemudian, pilih opsi Phone.

Cara Menonaktifkan Caller ID_1

  • Pada bagian tap di opsi Calls, Anda harus men-tap di Show My Caller ID.

Cara Menonaktifkan Caller ID_2

  • Sebuah switch terlihat di sebelah kanan. Pada modus default, Anda akan melihat switch berwarna hijau. Hal ini berarti fitur tersebut menyala. Nomor ponsel masih tetap tampil ketika Anda melakukan panggilan. Geser switch tersebut sampai berwarna putih. Kini Caller ID Anda sudah dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Caller ID di Smartphone Android

  • Untuk Android, masuk ke opsi Settings. Pilih Call Settings yang ada di paling bawah.

Cara Menonaktifkan Caller ID_3

Cara Menonaktifkan Caller ID_4

  • Tap pada opsi Additional settings.
  • Tap lagi pada opsi paling atas berjudul Caller ID.

Cara Menonaktifkan Caller ID_5

  • Pada opsi ini, Anda akan lihat setelan diset pada Network default. Anda dapat menyetelnya ke Hide number. Dengan demikian, Anda akan tetap anonym ketika menelepon.

Perlu diingat, bahwa walaupun disetel demikian, tidak tampilnya nomor tetap bergantung pada kesediaan operator. Jika operator tidak menyediakan opsi menyembunyikan nomor, maka nomor akan tetap tertampil di layar penerima. Bahkan, ada kemungkinan nomor Anda tidak bisa melakukan panggilan ke luar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*