Cara Merawat LCD Laptop

Banyak komponen penting yang terdapat pada laptop. Salah satunya yaitu LCD. Mengapa LCD termasuk komponen penting ? Karena LCD merupakan komponen vital yang benar-benar fatal akibatnya jika terjadi kerusakan. Selain itu, LCD ini juga salah satu komponen yang paling mahal diantara yang lainnya. Tergolong mahal, karena apabila terjadi kerusakan pada LCD seperti LCD dengan tampilan bergaris, tampilan bergetar , warna kurang tajam, dan missing colors. Dan biasanya kerusakan ini sangat sulit untuk diperbaiki. Maka dari itu biasanya LCD harus diganti dengan LCD yang baru. Oleh karena itulah mengapa tadi saya katakan komponen LCD ini termasuk salah satu komponen yang paling mahal diantara yang lainnya.

remove-replace-laptop-screen-yourself

Kerusakan LCD ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja karena VGA module nya kurang baik secara kualitasnya. Selain itu juga karena penggunaan dan cara merawat LCD laptop yang kurang benar. Penggunaan yang berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama pada laptop dapat menyebabkan LCD rusak. Hal ini disebabkan karena panas dari laptop yang sudah berlebihan sehingga dampak nya terkena pada LCD monitor laptop. Maka dari itu, ada baiknya jangan gunakan laptop dalam waktu yang lama atau pun berlebihan.

Nah, bagaimana sebenarnya cara merawat LCD ini dengan baik dan benar ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana caranya merawat LCD laptop dengan baik dan benar.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Bersihkan LCD laptop secara berkala dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop.
  • Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda.
  • Untuk penggunaan dalam waktu lama gunakan coolingpad yang berkualitas yaitu coolingpad yang menggunakan adaptor sendiri, bukan yang mengambil dari USB laptop.
  • Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.
  • Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option.
  • Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*