Cara Mudah Burning File ke Banyak CD secara Bersamaan

Ada banyak sekali media penyimpanan data yang ada pada saat ini. Misalnya seperti flashdisk, hardisk eksternal, CD/DVD dan lain sebagainya. Sebenarnya pada dasarnya semua fungsinya sama. Yaitu untuk menyimpan data atau pun dokumen yang kita anggap penting. Soal mana media penyimpanan data yang terbaik, itu hanya soal selera saja. Mungkin ada yang berpendapat flashdisk merupakan yang terbaik untuk media penyimpanan data, atau mungkin ada juga yang berpendapat bahwa hardisk eksternal lah yang terbaik. Itu hanya soal keyakinan dan selera saja. Pada intinya semua media dapat digunakan untuk menyimpan data atau pun dokumen penting.

Nah, jika anda memang senang menyimpan data ke dalam CD atau pun DVD, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya burning. Kegiatan burning ini dilakukan agar data yang diinginkan dapat melekat dengan baik pada kepingan CD atau pun DVD. Namun terkadang, data yang akan anda burning tersebut mempunyai kapasitas yang sangat besar atau dengan kata lain, tidak cukup hanya menggunakan satu kepingan CD atau pun DVD saja. Maka secara manual nya anda harus membagi data tersebut menjadi dua bagian, barulah anda burning satu persatu. Dan hal itu dapat mereporkan dan membutuhkan waktu yang lama.

Apakah bisa tanpa membagi dokumen menjadi beberapa bagian, kita dapat langsung memburning nya ke dalam CD atau pun DVD yang terpisah ? Tentu saja bisa. Bagaimana caranya ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Yaitu bagaimana caranya burning file ke banyak CD atau pun DVD secara bersamaan.

  • Pertama-tama, download aplikasi CDBurnerXP pada link berikut http://cdburnerxp.se/en/home .
  • Kemudian install aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasinya dan lanjutkan dengan memilih dan melakukan drag & drop pada file yang ingin diburning ke dalam CD/DVD.
  • Selanjutnya, pilih apa yang akan anda lakukan ketika kapasitas pada CD atau DVD sudah habis. Apakah anda ingin membiarkannya saja atau melakukan Disc Spanning (Diburning ke beberapa CD/DVD).
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih CD atau DVD yang digunakan untuk meneruskan proses burning kedua, tiga atau seterusnya.
  • Pilih tombol Split.
  • Terakhir, klik tombol Burn untuk memulai burning file nya.

Note: Jika CD atau DVD pertama sudah selesai, anda akan diminta untuk memasukkan CD/DVD kedua. Begitu juga dengan seterusnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*