Cara Mudah Kunci Flashdisk Tanpa Software atau Aplikasi

cara memperbaiki flashdisk

Pada zaman cyber seperti saat ini, kebutuhan akan data sangatlah penting bagi kita. Dengan data, kita dapat melakukan berbagai hal yang dapat membuat perkembangan teknologi semakin maju. Jadi sudah selayaknya data yang dimiliki dijaga dengan baik dan harus benar-benar dalam kondisi yang aman. Bahkan kalau di dunia IT, data merupakan sesuatu yang dapat membuat suatu lembaga atau perusahaan menjadi berkembang dan sangat maju. Contohnya saja seperti perusahaan search engine terbesar layaknya google.com . Perusahaan satu ini menyimpan atau pun mengindex cukup banyak data yang ada di dunia ini sehingga dapat membawa mereka menjadi pepuler dengan menyandang predikat mesin pencari terbaik dan terlengkap. Jadi tidak bisa dipungkiri, data memang sangatlah penting.

cara memperbaiki flashdisk

Oleh karena itu, kami disini akan sedikit memberikan tips yang baik untuk menjaga data flashdisk anda dengan cara menguncinya menggunakan password. Namun, cara ini cukup mudah dikarenakan tidak perlu menggunakan software atau pun aplikasi lain yang ada. Cukup dengan mengikuti beberapa langkah nya.
Namun yang perlu di ingat, fitur password untuk mengunci flashdisk ini tidak dimiliki oleh semua Operating System. Salah satu Operating System yang memiliki fitur password untuk flashdisk ini adalah windows 7. Pada windows 7, fitur ini dinamakan dengan bitlocker. Jadi, kami akan membahas bagaimana caranya mengunci flasdisk anda dengan menggunakan password pada windows 7.

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut.

  • Buka windows explorer
  • Kemudian klik kanan pada drive flashdisk anda dan pilih Turn On Bitlocker
  • Jika sudah keluar botton check box, maka centang lah pada bagian Use a Password to unlock the drive
  • Masukkan password anda pada kotak type your password dan masukkan kembali password nya pada kotak Retype your password
  • Klik save the recovery key to a file dan klik save untuk menyimpannya
  • Klik next
  • Untuk memulai proses pemberian password pada flashdisknya, langsung klik start encrypting
  • Tunggulah sampai proses nya selesai dan jika berhasil, Icon drive flashdisk akan berubah dengan adanya gambar gembok
  • Coba uji flashdisk anda dengan mencolokkannya pada laptop, jika berhasil maka ia akan meminta password untuk membuka flashdisk tersebut

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*