Cara Mudah Menjalankan VirtualBox di OS Windows 7

VirtualBox Windows

Anda mungkin telah mengetahui apa itu VirtualBox. Untuk yang belum pernah mendengar tentang software ini, VirtualBox adalah sebuah software yang mampu untuk menjalankan sebuh komputer ekstra secara virtual, sehingga jika Anda ingin melakukan berbagai uji coba yang berhubungan dengan sistem komputer, Anda dapat melakukan hal tersebut secara virtual sehingga tidak membahayakan PC kesayangan.

VirtualBox disukai oleh berbagai pengguna Windows karena memiliki dukungan untuk menggunakan berbagai jenis sistem operasi sekaligus. Segala konfigurasi pada VirtualBox dapat dijalankan dari virtualbox manager. Artikel kali ini akan membahas tips mengakses VirtualBox tanpa melalui virtual manager. Bagaimana caranya?

VirtualBox Windows

Mendapatkan VirtualBox

Syarat utama untuk menjalankan tips mengakses VirtualBox ini tentu saja adalah memiliki softwarenya. Untuk Anda yang belum memiliki VirtualBox, software ini dapat diunduh melalui link ini. Selain itu, Anda juga masih harus menginstall 2 komponen lagi. Yang pertama adalah VBoxlaunch yang bisa Anda dapatkan dari link ini.

Terakhir, Anda harus memiliki .NET Framework 3.5 pada sistem. Anda dapat melewatkan langkah ini jika PC kesayangan Anda telah dilengkapi oleh .NET Framework 3.5 tersebut. Jika belum, .NET Framework 3.5 dapat didownload dari situs resmi Microsoft. Jika Anda telah memiliki software-software yang dibutuhkan, berarti Anda siap untuk tahapan selanjutnya.

Melalui Start Menu

Tips mengakses VirtualBox yang pertama adalah dengan menggunakan Start Menu. Caranya, extract hasil download dari software Vboxlaunch ke C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\.

Klik kanan pada Vboxlaunch, kemudian pilih Pin to start menu, agar software ini dapat diakses dari Start menu. Untuk memunculkan daftar virtual machine, Anda harus menjalankan Vboxlaunch dari Start Menu.

Jalankan Vboxlaunch, kemudian keluar dengan mengakses File > Exit. Bisa juga dengan menggunakan tombol close yang terdapat pada sudut kanan atas dari software.

Melakukan cara ini akan menampilkan daftar virtual machine yang dapat dijalankan tanpa mengakses VirtualBox Manager.

Melalui Taskbar

Tips mengakses VirtualBox yang kedua ini adalah dengan mem-pin software ini pada Taskbar. Extract hasil download dari software Vboxlaunch ke C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\. Klik kanan pada Vboxlaunch, kemudian pilih Pin to Taskbar, agar software ini dapat diakses dari Taskbar.

Untuk memunculkan daftar virtual machine, Anda harus menjalankan Vboxlaunch dari Start Menu. Mengakses daftar virtual machine yang digunakan dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada pinned shortcut di Taskbar.

Tips mengakses VirtualBox ini memang menggunakan cara yang dipermudah untuk mengakses software tersebut tanpa harus mengunjungi  Vboxlaunch. Jauh lebih praktis daripada harus membuka software tersebut, bukan? Dengan menggunakan cara ini, Anda juga memiliki launcher dari aplikasi Vboxlaunch pada Taskbar serta Start Menu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*