Cara Printscreen Halaman Web Secara Penuh dengan Bantuan Abduction

Seperti yang telah kita ketahui bersama, tentunya pada setiap komputer atau pun laptop pasti menyediakan fitur printscreen. Dan biasanya kita akan melakukan printscreen dengan cara menekan tombol prtscsysrq lalu mengkopi nya pada aplikasi paint dan jadilah sebuah gambar hasil printscreen. Hal ini sudah sangat familiar dilakukan oleh orang banyak dan biasanya printscreen ini juga disebut dengan screenshot. Namun kendala yang ada pada saat printscreen ini adalah tidak dapat mengambil semua gambar atau pun konten yang kita printscreen. Hasil dari printscreen hanyalah yang terlihat pada layar komputer atau pun laptop.

Bagaimana caranya melakukan printscreen secara penuh atau tidak hanya mengambil printscreen pada yang tampak di layar saja ? Apalagi jika kita hendak printscreen sebuah halaman web yang memiliki gambar atau pun konten panjang yang bagus, maka jika bisa printscreen secara keseluruhan dari halaman web tersebut akan lebih bermanfaat pastinya. Dan hal itu dapat kita lakukan dengan mudah saat ini. Ada berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan. Namun kali ini congkel hanya menggunakan add-ons yang ada pada mozilla firefox saja. Add-ons tersebut bernama Abduction.

Bagaimana caranya ? Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, download add on-nya pada link berikut ini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/abduction/ .
  • Kemudian, klik tombol Add to Firefox.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Klik tombol Install Now.
  • Setelah selesai install, restart Firefox anda.
  • Buka sebuah halaman web dan Klik kakan mouse anda dan klik Save Page As Image.
  • Selanjutnya pilih tombol Select All dan kemudian pilih Save selection. Hal ini dikarenakan kita ingin mendapatkan screenshot halaman web secara penuh.
  • Terakhir, akan muncul jendela Explorer dimana anda diminta memilih lokasi penyimpanan gambar. Jangan lupa beri nama dan klik tombol Save.

Dengan demikian, anda akan melihat hasil printscreen anda di tempat sesuai penyimpanan yang anda pilih tadi. Hasil dari printscreen ini biasanya akan memiliki kapasitas yang besar dikarenakan memang gambar hasil printscreen merupakan gambar penuh dari halaman web yang diambil tadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*