Cara Setting Wireless pada Ubuntu Linux di Dell Vostro A100

Seperti yang telah kita ketahui bersama pada saat ini, wireless merupakan suatu hal yang sangat erat kaitan nya dengan kehidupan kita saat ini. Dimana kebutuhan akan wireless sangatlah tinggi dikarenakan memang kebutuhan sekunder kita yang paling utama pada saat ini adalah koneksi jaringan, wireless atau pun internet. Segala hal atau pun pekerjaan dapat dikerjakan dengan menggunakan koneksi wireless atau pun internet ini. Dan untuk mendapatkan suatu koneksi, tidak cukup hanya menggunakan wireless saja, tetapi juga dibutuhkan sebuah gadget atau pun device agar bisa memanfaatkan koneksi ini. Kali ini kami akan menggunakan device Dell Vostro A100. Dimana device ini menggunakan sistem operasi linux.

Bagaimana cara setting wireless pada ubuntu di dell vostro A100 ini ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel congkel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana cara setting wireless pada ubuntu linux di Dell Vostro A100. Tapi sebelumnya ada beberapa hal yang harus anda persiapkan, seperti sebuah USB wireless yang akan digunakan sebagai medianya dan siapkan juga CD driver bawaan dari USB wireless tersebut, kalau perlu copykan terlebih dahulu ke dalam flash disk untuk memudahkan anda pada saat melakukan penginstalan.

Nah, langsung saja kita masuk ke langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama-tama, install paket ndisgtk pada Ubuntu Linux melalui CD atau DVD repository yang tersedia.
  • Kemudian, install paket ndiswrapper (NdisWrapper inilah yang menjembatani antara Linux dengan USB wireless anda) sehingga Ubuntu dapat menggunakan windows driver agar berjalan di sistem operasi Ubuntu Linux.
  • Install driver wireless menggunakan driver windows di CD bawaan dari USB wireless dengan cara buka System, Administration dan klik Windows Wireless Driver.
  • Pilih Install new Driver.
  • Pilih lokasi dari file windows driver (.inf) dan kemudian klik Install. Lokasi file ini biasanya ada di bagian spesifikasi sebuah sistem operasi.
  • Selanjutnya, klik OK.
  • Setting IP Address, Subnet mask, Gateway sesuai dengan kondisi jaringan di tempat anda berada.
  • Terakhir, klik OK.

Nah, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah tersebut di atas, maka sekarang anda sudah selesai melakukan setting wireless pada ubuntu linux di Dell Vostro A100 anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*