Cara Streaming Video dari PC atau Mac ke Perangkat iOS dan Android Anda

Selalu ada cara untuk menikmati kecanggihan teknologi moderen saat ini. Salah satu teknologi yang telah dikonsumsi secara luas oleh banyak orang di dunia adalah teknologi perangkat mobile. Smartphone dan tablet menjadi dua perangkat yang terus diburu oleh para penikmat kecanggihan dan kecepatan akses berbagai informasi dan data. Streaming merupakan salah teknologi yang tengah diadaptasi oleh kebanyakan pengguna perangkat mobile. Streaming merupakan proses pengiriman data baik audio, video, atau multimedia secara berkelanjutan melalui sambungan internet. Dengan kemampuan perangkat mobile saat ini yang mampu menyediakan layanan streaming, tak ayal sedikit demi sedikit mereka akan mulai mengakses data secara real-time tanpa melalui proses pengunduhan terlebih dahulu. Salah satu cara streaming video yang menyenangkan adalah dengan melakukan streaming dari perangkat komputer ke tablet atau smartphone Anda. Sudah pernahkah Anda mencobanya? Cara mudah untuk melakukan streaming video dari komputer ke perangkat mobile Anda adalah dengan menyambungkannya ke desktop client. Ada beberapa software yang mampu menyediakan layanan tersebut. Anda hanya membutuhkan beberapa langkah kecil pengaturan.

Air Playit merupakan perangkat lunak yang telah didesain agar dapat melakukan streaming video ke perangkat mobile seperti iPhone, iPad, dan perangkat Android. Anda dapat memanfaatkan Air Playit untuk melakukan streaming lebih dari 320 data seperti video dan audio langsung ke perangkat mobile Anda. Yang dibutuhkan adalah jaringan WiFi, 3G, ataupun 4G. Sebelum mengunduh Air Playit pastikan perangkat PC ataupun Mac Anda telah terkoneksikan dengan router WiFi, 3G ataupun 4G. Agar dapat berjalan dengan baik ada baiknya memastikan bahwa sistem komputer Anda telah memenuhi syarat minimum perangkat lunak. Setelah itu unduh dan install Air Playit di perangkat PC atau Mac Anda. Anda dapat mengunduhnya di sini. Agar dapat digunakan para perangkat mobile, Anda dapat mengunduh aplikasi desktop client Air Play sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Bagi para pengguna iPhone, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. Sedangkan untuk pengguna iPad, unduh secara gratis aplikasi ini di sini. Sementara para pengguna Android dapat membuka tautan berikut ini.

Setelah mengunduh dan memasangnya di masing-masing perangkat mobile, kembali gunakan PC atau Mac. Pada bagian tampilan interface utama, Anda akan mendapatkan port dan IP address. Hal itu dapat digunakan untuk mendapatkan spesifikasi alamat server saat aplikasi ini tidak mampu mendapatkan informasi koneksi. Setelah itu, pilihlah direktori server video yang telah berisi daftar video atau hasil import video dari iTunes atau lainnya untuk dibagikan. Kemudian akses perizinan komputer sesuai dengan kebutuhan video pilihan ataupun audio untuk dibagikan. Selain cara pengaturan tersebut, Air Playit memungkinkan Anda untuk mengakses data melalui bantuan web browser. Anda dapat mengaktifkan fungsi ini dengan cara klik ‘Web.’ Anda akan mendapatkan URL untuk mengakses server melalui web browser yang digunakan. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengkonversi berbagai jenis data. Cukup akses opsi menu setting dan pilih data yang hendak dikonversi.

Cara streaming video dari perangkat PC atau Mac ke perangkat iOS atau Android terbilang cukup mudah. Pertama, aktifkan aplikasi Air Playit pada perangkat mobile dan masuk sebagai server. Jika aplikasi tidak mampu menjangkau informasi koneksi Anda membutuhkan alamat server yang jelas secara manual. Langkah kedua, carilah folder video yang berisi koleksi Anda dan klik ‘Play’ untuk menonton video tersebut. Anda tak perlu khawatir jika perangkat mobile Anda tidak mampu mendukung format data dari video yang hendak ditonton. Air Playit akan secara otomatis mengkonversi hal tersebut. Dengan demikian Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu sebelum melakukan streaming video. Sebelum mulai menyaksikan video, Anda dapat mengatur parameter setting perangkat dengan mengakses ‘Playback Setting.’ Pada opsi tersebut Anda dapat menukar koneksi tipe jaringan internet seperti WiFi, 3G, 4G ataupun mengubah kualitas video dan lainnya. Selain dapat digunakan sebagai aplikasi streaming video dari PC atau Mac ke perangkat mobile, Air Playit pun memungkinkan Anda untuk mengunduh video langsung ke perangkat iOS atau Android. Bahkan, Anda dapat langsung memulai proses streaming tanpa sambungan ke PC atau Mac, alias langsung dari perangkat mobile.

Perangkat lunak dan aplikasi Air Playit ini dikembangkan oleh Digiarty Software, Inc. Selain dapat digunakan sebagai cara streaming video dari PC atau Mac ke perangkat mobile, aplikasi ini memiliki banyak fungsi menarik lainnya. Air Playit mendukung streaming musik ataupun video dari perangkat iPhone dan iPad ke Apple TV Anda, streaming langsung dari perangkat Android seperti HTC Desire, Google Nexus, Samsung Galaxy S dan lainnya. Untuk server, aplikasi ini mendukung penggunaan sistem operasi Windows Xp, 2000, Vista, dan Windows 7. Sedang untuk Mac, dapat dapat menggunakannya pada OS Leopard, Snow Leaopard ataupun Lion. Sementara, untuk perangkat mobile iOS, Air Playit mendukung penggunaan iPhone, iPad, dan iPod Touch dengan iOS 4.2.1 dan di atasnya. [MS]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*