Cara Ubah Format Angka US ke Indonesia di Excel

Aplikasi perkantoran yang sangat terkenal dan sangat banyak digunakan pada saat ini adalah Aplikasi perkantoran besutan Microsoft yaitu Ms. Office. Dimana Ms. office ini menyediakan berbagai macam fitur yang menarik dan dapat mempermudah menyelesaikan pekerjaan manusia. Selain dari memiliki fitur yang keren dan menarik, aplikasi perkantoran ini juga memiliki tampilan yang user friendly, sehingga sangat mudah dan nyaman untuk digunakan oleh penggunanya. Mungkin hal inilah yang membuat Aplikasi perkantoran Ms. office menjadi sangat terkenal dan sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Walaupun sebenarnya masih ada aplikasi perkantoran pada sistem operasi yang lainnya, namun banyak orang tetap setia menggunakan aplikasi perkantoran milik microsoft ini dikarenakan sudah terlanjur nyaman dalam penggunaannya.

Excel

Nah, seperti yang telah kita ketahui bersama, secara default aplikasi perkantoran Ms. Office ini memiliki setting regional US bukanlah setting regional indonesia. Hal ini dikarenakan pada saat anda mengintall pertama sekali, regional yang di set adalah regional US bukanlah regional indonesia. Dan terkadang hal ini menjadi masalah tersendiri bagi anda. Masalah nya adalah ketika anda ingin membuat format tanggal, tahun, bulan, angka, bahasa dan tanda titik serta koma, semuanya mengikuti format US, bukan format indonesia. Jadi anda harus mengetik nya lagi secara manual untuk merubahnya. Hal ini tentu sangat merepotkan bagi anda yang sering bekerja dengan menggunakan Ms. excel.

Bagaimana cara mengubah format angka pada excel ini menjadi format indonesia ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, klik tombol Start Menu dan kemudian ketikkan regional pada kotak pencarian.
  • klik dua kali pada menu pilihan Change the date, time, or number format.
  • Kemudian anda akan dibawa menuju jendela Region and Language. Klik tab menu Formats dan kemudian pilih negara Indonesian (Indonesia).
  • Silahkan isi menu drop down sesuai dengan keingingan anda. Tetapi jika anda tidak ingin repot, biarkan seperti adanya karena sistem sudah mengatur sesuai dengan format regional Indonesia.
  • Terakhir, klik tombol Apply dan OK.

Cukup mudah bukan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*