Cara Upgrade Ubuntu 12.04 ke 12.10

upgrade ubuntu

Bagi pengguna ubuntu 12.04 ( Precise Pangoling ) yang ingin melakukan upgrade untuk os ubuntunya ke versi 12.10 dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu di install ulang dari pertama yang dibutuhkan adalah koneksi internet untuk melakukan upgrade ke versi ubuntu terbaru. Seperti kita ketahui ada dua cara untuk melakukan upgrade pada os ubuntu bisa melalui via GUI dan juga melalui terminal.

Upgarde Ubuntu via Update Manager ( GUI )

Untuk update melalui fasilitas update manager memang menjadi solusi update ubuntu paling banyak digunakan karena caranya termasuk mudah dan juga update manager ini akan memberitahu ke pada pengguna apabila terdapat udpate terbaru.

Berikut cara update ubuntu melalui update manager.

Anda dapat membuka aplikasi update manager dengan dua cara di ubuntu yaitu dengan mengetikan langsung di dashboard Ubuntu “update manager” dapat juga dengan menekan tombol shortcut pada keyboard yaitu dengan cara menekan tombol ALT + F12.

update-manager

Setelah update manager terbuka akan akan tampil notifikasi yang memberi tahu informasi update perlu di ingat anda harus terkoneksi ke internet untuk medapatkan notifikasi update ini. Namun untuk mendapat notifikasi update otomatis anda harus mensetting terlebih dahulu dangan cara klik setting pada update manager.

Setting ubuntu

Pada menu Notify me of New Ubuntu Version pilih For any new version hal ini akan memberi tahu anda apabila ada release terbaru dari ubuntu di saat anda terkoneksi dengan internet. Apabila tidak ada pemberitahuan anda dapat mengecek secara manual dengan menekan tombol Check, hal ini akan memberi tahu anda apabila terdapat update terbaru dan bila sudah terdapat update terbaru segeralah untuk update ubuntu anda.

check

 upgrade-ubuntu

Demikian cara update memalui GUI pastikan anda memeliki koneksi internet yang memadai untuk melakukan update tersebut, namun bila terjadi diskonek di saat update jangan khawatir karena di saat anda update kembali tidak kembali dari pertama dan akan mulai dari mana yang terputus saja.

Upgarde Ubuntu via Terminal

Untuk update dari terminal pada dasarnya juga sangat mudah asalkan anda sudah mengerti cara penggunaan terminal linux. Berikut adalah cara update melalui terminal.

  • Jalankan aplikasi Terminal dengan cara menekan kombinasi tombol ALT + F2 kemudian ketikkan terminal.
  • Saat Terminal terbuka ketiklah kode berikut ini
sudo apt-get install update-manager-core
  • Buka Update-Manager dengan perintah ini
sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

Anda akan mendapatkan tampilan seperti di gambar ini

Upgrade-Ubuntu-550x231

  • Berikutnya tekan tombol CTRL + X dan berikutnya tombol Y untuk menyimpan hasil editan Anda.
  • Setelah  berhasil langkah sebelumnya, anda dapat melanjutkan dengan perintah berikut ini
sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
  • Proses sebelumnya akan memakan sedikit waktu, itu tergantung dari koneksi internet Anda kencang atau tidak. dan apabila proses tersebut telah selesai maka ketikkan perintah berikut ini.

sudo do-release-upgrade

Demikian cara mudah Upgrade ubuntu 12.04 ke 12.10 semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan langsung di kontak komentar 😀

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*