Cara Wipe iPhone via Tools Semi-Restore Tanpa Menghapus Jailbreak

Backup Foto dari iPhone ke SkyDrive

Bagi para pengguna gadget yang menggunakan sistem operasi iOS seperti iPhone, iPad, iPod Touch dll, mungkin tidak asing lagi dengan kata jailbreak, di mana jailbreak adalah sebuah cara atau proses untuk mengambil alih penuh sistem operasi iOS tersebut, sehingga pengguna dapat menghilangkan berbagai macam batasan-batasan yang telah diberikan oleh Apple kepada sistem operasi iOS tersebut.

Misalkan pengguna iOS pada umumnya untuk mengunduh sebuah aplikasin harus tersedia pada App Store, dengan jailbreak maka pengguna bisa mengunduh aplikasi baik bajakan maupun orisinil dari yang dia mau, namun bagaimana untuk mengatasi jailbreak yang sebelumnya tidak mengalami masalah tiba-tiba terjadi broken, salah satu solusi untuk mengatasi hal demikan adalah dengan cara wipe iPhone menggunakan aplikasi Semi-Restore di PC / Laptop.

Aplikasi tersebut hanya dapat digunakan untuk merestore iOS 5.0 sampai iOS 6.1.2 dan bagusnya lagi aplikasi tersebut tidak menghilangkan jailbreak pada iOS kita yakni hanya memperbaikai jailbreak yang broken atau mereset ulang. Berikut cara wipe iPhone untuk memulihkan jailbroken menggunakan tools Semi-Restore.

Menyiapkan Aplikasi Semi-Restore

Tools Semi-Restore termasuk sebuah tools yang tidak perlu melakukan sebuah installasi, yakni hanyalah berisi file-file tools yang khusus digunakan untuk keperluan restore pengguna iDevice.

Untuk mendapatkan tools Semi-Restore anda dapat mengunjungi situs berikut : http://www.semi-restore.com/, atau dapat didownload di sini: Semi-Restore for iOS 5.0 Р6.1.2: Windows . OS X . Linux . SSH.

File tools Semi-Restore yang terdapat pada situs tersebut memiliki format ZIP, dan didalam file zip tersebut terdapat beberapa file pendukung tools Semi-Restore yang dapat dimanfaatkan sebagai cara wipe iPhone, namun tools tersebut akan menjadi tidak berfungsi di mana iDevice kita sudah terdapat atau terinstall afc2add.

Mengoprasikan Aplikasi Semi-Restore

Setelah selesai melakukan download tools Semi-Restore yang memiliki format ZIP, maka kita dapat memulai melakukan cara wipe iPhone dengan tools Semi-Restore, berikut step by step cara wipe iPhone menggunakan tools Semi-Restore :

  • Langkah pertama cara wipe iPhone yaitu buatlah sebuah folder pada desktop PC/Laptop kita dengan klik kanan->new->folder dan beri nama pada folder tersebut dengan Pwnage.¬† Cara Wipe iPhone
  • Setelah selesai membuat folder pada desktop dan diberi nama Pwnage, pindahkan file ZIP yang sudah kita download tadi (tools Semi-Restore) pada folder Pwnage, atau disebelum melakukan download kita bisa membuat folder tersebut terlebih dahulu dan ketika download tools Semi-Restore directory download kita arahkan ke Pwnage.

  • Setelah file download sudah berada didalam folder Pwnage, file ZIP tools Semi-Restore tersebut kita ekstrak dengan klik kanan pada file ZIP, lalu pilih dan klik Extract Here, sehingga file-file yang terdapat didalam ZIP sudah keluar semua menjadi satu dalam folder Pwnage.

  • Setelah file-file dalam ZIP sudah terekstrak semua, cari file yang bernama SemiRestore.exe, file tersebut adalah tools portable yang kita gunakan untuk melakukan cara wipe iPhone.

Cara Wipe iPhone

  • Setelah file SemiRestore.exe sudah ditemukan, maka klik kanan pada file tersebut, lalu pilih dan kilik opsi Run as administrator, apabila muncul popup konfirmasi menjalankan aplikasi tersebut lewat administrator maka klik yes, namun apabila mengalami kendala, coba cek terlebih dahulu apakah pada PC/Laptop kita sudah terinstall Visual C++ 2010 Redistributable sesuai dengan bit PC/Laptop, apabila belum maka kunjungi dan download sesuai dengan bit PC/Laptop, pada situs berikut :

http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=14632

  • Setelah dipastikan Visual C++ 2010 Redistributable sudah terdapat pada PC/Laptop kita, maka ketika kita menjalankan tools Semi-Restore lewat administrator, akan muncul popup welcome message tools Semi-Restore untuk melanjutkan dan menjalankan tools tersebut, klik Ok.

Cara Wipe iPhone

  • Setelah tools Semi-Restore sudah berjalan, maka koneksikan iDevice kita seperti (iPhone, iPad dan iPod) ke komputer sehingga proses scanning device selesai.

Cara Wipe iPhone

  • Setelah iDevice sudah terhubung dengan komputer dan pada tools Semi-Restore sudah mengenali iDevice yang sedang terkoneksi, maka klik pada tombol SemiRestore untuk melakukan wipe, dan disinilah inti dari cara wipe iPhone.

Cara Wipe iPhone

  • Pada saat memulai proses wipe berjalan maka iDevice kita akan melakukan reboot, disaat iDevice dalam kondisi off maka proses wipe data-data iDevice akan berjalan atau restore, tunggu hingga proses wipe benar-benar selesai dilakukan.

  • Setelah proses wipe sudah selesai, maka tools Semi-Restore akan menampilkan pesan bahwa proses yang dilakukan telah berjalan dengan lancar, dan iDevice akan secara otomatis reboot.

Cara Wipe iPhone_6

  • Saat iDevice sudah menyala dan pada mode setup wizard, maka cara wipe iPhone sudah berhasil dan selesai dilakukan.

Demikian cara wipe iPhone menggunakan tools Semi-Restore untuk dapat mengembalikan jailbreak yang mengalami error tanpa menghilangkan jailbreak tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*