Warning: array_unique() expects parameter 1 to be array, null given in /var/www/html/inc/c_functions_indo.php on line 443

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /var/www/html/inc/c_functions_indo.php on line 448

.

Bagaimana cara mengambil SCREENSHOT di Nokia Lumnia 920 dan Windows Phone Lainnya

Di saat anda ingin melakukan share layar handphone  nokia lumnia 920 anda akan kebingungan bagaimana cara mengambil screenshot? Tenang congkel.com akan memberi tahu caranya memang  untuk mengambil di windows phone sedikit rahasia atau tersembunyi, namun bila anda sudah mengetahuinya sudah dipastikan anda akan dapat melakukan hal ini dengan mudah, baiklah berikut adalah cara mengambil screenshot pada windows phone.

Windows Phone

  • Cukup tekan tombol Power dan tombol Start

Mudah bukan 😀 anda dapat menekan tombol power yang terdapat pada bagian kanan ponsel dan tombol Start di bagian bawah layar dan tepat berada di tengan yang berbentuk lambang windows. hal ini dilakukan secara bersamaan jangan hanya menekan tombol power saja tanpa menekan tombol start atau sebaliknya. dan apabila anda berhasil mengambil screenshot akan terdengar suara seperti saat anda memotret. untuk memastikan screenshot anda berhasil bisa langsung periksa filenya di gallery nokia lumnia 920 anda dan cari folder bernama screenshot dan folder ini terbuat otomatis saat melakukan screenshot pertamakalinya bila sudah dapat melihat hasilnya tinggal bagikan ke facebook atau email dan juga aplikasi lainya sesuai dengan kebutuhan.

Cukup mudah bukan untuk mengambil screenshot di nokia lumnia 920? dan cara ini juga berlaku di windows phone lainnya demikian saja cara mengambil SCREENSHOT di Nokia Lumnia 920 dan Windows Phone semoga dapat membantu teman-teman sekalian jangan lupa untuk meninggalkan jejaknya ya 😀

Tips Mengambil Foto Hitam Putih

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Tips Mengambil Foto Hitam Putih yang keren dan cool abis menggunakan kamera mahal.

Fotografi merupakan suatu hal yang berkembang pesat saat ini, bisa dilihat dengan semakin banyaknya orang yang membeli dan menggunakan kamera baik untuk mengambil foto-foto iseng sampai dengan foto-foto professional.

Baiklah berikut ini Tips Mengambil Foto Hitam Putih yang keren :

Gunakan RAW

Tidak semua kamera mempunyai fasiltas untuk memotret RAW, atau mungkin tidak suka karena RAW sangat merepotkan dalam hal post processing-nya. Tetapi untuk memaksimalkan kontrol saat konversi dari warna ke hitam-putih, lebih baik gunakan RAW. Karena file RAW memiliki fleksibilitas lebih tinggi dan toleransi yang lebih baik. Tetapi cobalah sesekali menggunakan RAW.

Jangan Menggunakan Mode Hitam-Putih dalam Kamera

Potretlah dalam mode kode warna agar anda mendapatkan file berwarna maupun hitam-putih sekaligus. Namun, saat anda menggunakan mode RAW dan BW bersamaan dalam kamera, tampilan di LCD kamera tentu hitam putih, tetapi sebenarnya tidak berpengaruh pada file RAW (tetap berwarna). Terlebih jika menggunakan RAW + JPEG. Anda mendapatkan fleksibilitas ekstra.

 

Gunakanlah ISO Rendah

gunakan ISO terendah kecuali anda ingin mendapakan shuter speed yang tinggi, ataupun efek grain dengan sengaja. Konversi ke hitam putih akan memunculkan banyak noise dan artifak, maka lebih baik kita mulai dalam ISO rendah agar kualitas maksimal. Namun gunakanlah ISO tinggi untuk efek grain yang dramatis.

 

Waktu dan Moment Memotret Hitam-Putih

Kondisi kontras rendah seperti cuaca berawan bisa menjadikan foto hitam putih yang bagus, karena hampir semua tingkat spektrum bisa ditangkap kamera. Jadi waktu pemotretan ataupun moment sangatlah menentukan hasil foto anda.

Namun, jika anda memotret warna dan hasilnya kurang memuaskan, cobalah mengubahnya menjadi hitam putih.

Komposisi Target

Mengambil gambar hitam-putih, tentulah anda sudah menghilangkan unsur warna-warni. Saat memotret hitam-putih perhatikan bentuk, tekstur, pola dalam objek anda. Juga perhatikan highlight dan shadow, ini yang menjadi kunci foto hitam putih yang sukses.

 

Sekian Tips Mengambil Foto Hitam Putih dari kami, semoga bermanfaat. Salam fotografi !

 

Tips Mengambil (Shot) Foto Sunset atau Sunrise

Dunia fotografi masih saja menjadi dunia yang banyak digemari anak muda masa kini. Mungkin tidak hanya anak muda ya ? Bahkan orang yang sudah lanjut usia alias tua pun ada yang senang mendalamai dunia fotografi ini. Mengapa bisa demikian ? Berbagai jawaban dan pendapat dapat menjawab pertanyaan ini jikalau kita interogasi fotografer nya. Namun, pastinya jawaban yang paling banyak akan kita dapatkan adalah dunia fotografi itu menyenangkan dan mengasyikkan karena kita dapat mengabadikan suatu kejadian ataupun gambar langka yang jarang dilihat oleh orang lain. Tidak hanya dapat mengambil gambar belaka, tetapi kita juga dapat mempelajari lebih dalam bagaimana teknik yang tepat untuk mengambil gambarnya sehingga gambar atau pun video yang kita ambil dapat terlihat lebih menarik dan bagus.

Sunrise-Foto

Nah, dari alasan itu kita dapat menyimpulkan bahwa dunia fotografi sebenarnya bukan saja dunia yang hanya asal jepret gambar sana sini. Banyak yang harus dipelajari untuk menjadi seorang fotografer handal. Maka dari itu, kami akan membahas sedikit tips mengenai bagaimana cara atau teknik mengambil gambar yang bagus pada saat matahari terbenam atau pun matahari terbit.

Beberapa tips nya adalah sebagai berikut.

  • Tiba lebih awal di lokasi
  • Untuk dapat mengambil gambar tersebut dengan bagus, kita harus datang lebih awal di lokasi tempat sunrise nya. Ada baiknya datang setengah jam lebih cepat sebelum sunset atau sunrise.

  • Tripod
  • Tripod ini merupakan salah satu aksesori wajib yang harus dibawa saat shot sunrise atau sunset dikarenakan saat shot kita menggunakan slow shutter speed seperti 1/10 dan 1/8.

  • ISO
  • ISO nya harus di set ke mode paling rendah dari kamera (biasanya 100).

  • Mode Manual
  • Gunakanlah mode manual. Aperture diatur F10 ke atas dan gunakan aperture maksimum mcm F22. Untuk Exposure nya pastikan berada pada angka kurang dari 0 agar warna sunset atau sunrisenya lebih terang dan menyala.

  • Manual Fokus
  • Jangan gunakan auto fokus karena kita akan berhubungan dengan keadaan gelap, tetapi gunakanlah manual fokus.

  • Cabel Release
  • Gunakan cable release atau remote.

  • Shot beberapa kali
  • Shot seberapa banyak gambar (sesuai kebutuhan) kerana cahaya sunset akan berubah-ubah dengan cepat.

  • LiveView
  • Disebabkan kamera akan menghala terus ke matahari, penggunaan viewfinder sangat tidak diperbolehkan (dapat menyebabkan kebutaan). Gunakanlah liveview yang ada pada kamera dan kalau tidak ada lifeview, lepas saja shot beberapa gambar dan compose balik sampai kita merasa puas hati.

Tips Mengambil Foto Lanscape

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Tips Mengambil Foto Lanscape.

Fotografi merupakan suatu hal yang berkembang pesat saat ini, bisa dilihat dengan semakin banyaknya orang yang membeli dan menggunakan kamera baik untuk mengambil foto-foto iseng sampai dengan foto-foto professional. Biasanya yang mereka foto adalah suasana landscape.

Baiklah berikut ini Tips Mengambil Foto Lanscape yang keren :

Perhatikan Horizon

Jika kita berhadapan dengan suatu pemandangan, hampir dapat dipastikan kita akan melihat garis horizontal yang membentang dan membelah gambar menjadi dua bagian. Ini disebut garis horizon.

Dalam Fotografi Landscape, jika salah satu bagian lebih menarik. Berilah porsi 2/3 dari frame. Dan yang kurang menarik beri sisanya yaitu 1/3. Memang tidak mutlak, tetapi bila POI berada pada bagian yang 2/3 maka kesannya akan lebih kuat.

Pertimbangkan Langit

Jika dalam pemotretan langit kurang bagus, usahkan jangan menempatkan pada 2/3 frame. Ini akan menimbulkan kesan yang flat dan membosankan. Tetapi jika keadan langit dan awan dalam keadaan bagus, maka jangan ragu untuk penuhi frame dengan langit. Gunakan filter untuk meningkatkan kontras dan saturasi langit seperti Gradual neutral density dan Polarizer.

Vocal Point Sangat Penting

Vocal point adalah titik dimana mata kita berhenti pada saat memandang sebuah foto. Bisa dibilang merupakan titik fokus dalam suatu foto.Vocal point dapat berupa batu, rumput, ranting, bunga.

Foreground Hal Penting

Foreground bisa menjadikan foto kita lebih berdimensi. Ada sense of depth dari foto kita jika kita meletakan foreground dengan benar.

Gunakanlah Tripod

Untuk Exposure diatas satu detik  tripod sangat dianjurkan. Tripod lebih baik digunakan meskipun anda memiliki kamera beresolusi tinggi

Tangkap gerakan alam

Dalam menangkap gerakan alam, dibutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti filter ND (neutral density) dan tripod.

Bekerjasama dengan Cuaca

Tidak semua cuaca cerah dapat memberikan view yang bagus, oleh sebabnya anda dapat hunting pada cuaca-cuaca yang tidak cerah.

Garis dan Bentuk

Garis dapat menjadi vocal point yang sangat kuat karena membantu mata kita menelusuri foto landscape kita. Garis dapat memberikan kedalaman ruang yang luar biasa, perspective yang berbeda.

Eksplorasi Perspective

Jangan hanya terpaku pada satu titik, namun temukanlah view yang berbeda baik dengan view sejajar dengan tanah, atau naik ke atas pohon.

 

Sekian Tips Mengambil Foto Lanscape dari kami, semoga bermanfaat. Salam fotografi

 

Cara Mengambil Gambar dari Windows 7 Themes

Pihak microsoft meyediakan banyak sekali fitur menarik pada sistem operasi yang dihasilkan nya yaitu windows. Perusahaan milik Bill gates ini terus mengembangkan berbagai macam fitur menarik lainnya agar microsoft semakin lama akan semakin maju. Dan tentunya agar setiap orang yang menggunakan sistem operasi windows akan tetap menggunakan sistem operasi tersebut dikarenakan merasa sangat nyaman dan terbantu dengan berbagai fitur yang disediakan. Dan hal inilah yang membuat bill gates semakin lama akan semakin kaya raya karena produk hasil ciptaan perusahaan nya terus berkembang dengan pesat.

Windows 7 Theme

Nah, maka dari itu, timbul pertanyaan, apakah anda pengguna setia windows ? atau lebih tepatnya apakah anda pengguna windows jaman dulu ? Misalnya seperti windows xp, windows vista, atau pun windows 2000 mungkin. Jika memang jawabannya adalah iya, maka anda sudah membaca artikel yang tepat. Karena artikel congkel kali ini akan membahas mengenai windows jaman dulu (xp, vista, 2000).

Mungkin anda merupakan pengguna setia windows xp, vista atau pun 2000. Tetapi anda merasa bosan dengan tampilan walpaper windows anda yang masih terkesan jadul dan tidak menarik. Dan mungkin pernah terlintas di pikiran anda, ingin mengubah walpapernya seperti walpaper pada windows 7. Nah, hal itulah yang akan kami bahas pada artikel kali ini. Yaitu bagaimana caranya mengambil tema gambar dari windows 7.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, download aplikasi 7Zip dari official websitenya pada link berikut http://www.7-zip.org/download.html .
  • Kemudian, pilih file installer (EXE) nya agar lebih mudah untuk digunakan.
  • Install 7Zip ke dalam komputer atau notebook anda.
  • Download salah satu theme menarik yang sesuai dengan yang anda inginkan pada link berikut http://windows.microsoft.com/en-US/windows/downloads/personalize/themes .
  • Buka folder dimana anda meletakkan file download nya, kemudian klik kanan, pilih 7Zip dan pilih nama folder dari theme tersebut.
  • Terakhir, buka folder yang baru saja dibuat tadi dan lihat di dalamnya. Ada banyak file wallpaper yang bisa digunakan sebagai background pada layar notebook atau komputer anda.
  • Gunakan atau set gambar tersebut sebagai wallpapers sistem operasi windows anda.

Tips dan Trik Fotografi Menggunakan Aplikasi Smartphone

Fotografi kini telah menjelma menjadi gaya hidup. Tidak lagi hanya di kalangan profesi fotografer, tetapi mereka-mereka yang hanya sekadar hobi memotret. Mewabahanya fenomenan ini karena kini banyak hadir gadget-gadget canggih yang punya fasilitas foto.

Kamera kini terintegrasi dengan smartphone ataupun tablet sehingga bagi sebagian orang yang memiliki perangkat tersebut akan disayangkan jika tidak memanfaatkan fitur fotografi di perangkatnya. Nah, kali ini akan dibahas tips dan trik fotografi bagi Anda yang ingin hasil jepretannya terlihat seperti hasil seorang profesional.

Tips dan Trik Fotografi

Ada begitu banyak aplikasi yang mendukung fasilitas foto. Aplikasi-aplikasi tersebut umum hadir di perangkat smartphone dan tablet. Ada aplikasi instagram yang populer dalam menghasilkan gambar yang begitu atraktif. Ada pula aplikasi yang memiliki integrasi grafis dan info seperti instaweather dan instaplace.

Instaweather sesuasi namanya adalah aplikasi yang memungkin kan penggunaa memasang informasi cuaca sedangkan instaplace yaitu aplikasi agar pengguna dapat menambahkan keterangan lokasi di atas foto. Sebelum pada pembahasan penggunaan aplikasi grafis, tips dan trik fotografi akan dimulai dari langkah mengambil gambar (foto)

Langkah pertama tentu adalah mendapatkan foto yang menarik. Foto tidak hanya sekadar memotret tetapi terdapat seni didalamnya. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berbicara mengenai bagaimana mengambil gambar yang baik. Secara teori hal ini sangat mudah tetapi secara praktik perlu kesabaran jika foto yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Pertama perhatikan cahaya serta komposisi yang pas. Teruslah memotret dengan memperhatikan arah cahaya. Cahaya akan sangat menentukan jelas tidaknya suatau gambar. Terus memotret buang yang dirasa kurang baik komposisi cahayanya.

Harus diperhatikan pula angle kamera. Hal ini juga merupakan tips dan trik fotografi Memotretlah dari berbagai posisi. Ubah sudut pandang umum (tidak mainstream) agar tidak terkesan biasa. Misalnya mengambil gambar sebuah pohon tidak dari smaping tapi dari bawah. Ambil beberapa gambar yang dirasa snagat baik dalam sangat baik sudut pandang, pencahayaan ataupun objek yang dipotret.

Mengambil foto yang baik akan membuat kualitas foto tetap terjaga. Langkah pertama tersebut tentu harus diperhatikan sebelum pada tips dan trik fotografi pada langkah selanjutnya. Hal ini perlu jadi fokus karena gambar yang bagus merupakan awal yang bagus sebelum diberi tambahan unsur grafis.

Lanjut pada tips dan trik fotografi pada tahap kedua. Pada tahap ini pastikan terlebih dahulu tbidang kosong pada foto. Hal ini dilakukan karena pada foto tersebut akan ditambah unsur grafis seperti ikon dan huruf. Tetntu dengan memperhatikan hal ini, tata letak (lay out) yang akan dihasilkan akan sangat baik dan menarik.

Agar foto Anda punya unsur cerita dibaliknya, usahakan unsur grafis yang ditambahkan tidak merusak cerita tetapi malah memperkuatnya. Misalnya sebuah aplikasi, posisi unsur grafis berada di samping kiri atau di bawah, maka fokus cerita harus ditempatkan di samping kanan atau di atas. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berguna agar foto Anda tidak hanya sekadar gambar tapi punya unsur kisah yang menarik.

Agar ada kesinambungan cerita, perlu diperhatikan kesinambungan foto dengan caption pada grafis. Contohnya sebuah foto yang diambil di toko buku akan terasa aneh jika diberi keterangan cuaca. Misalkan juga sebuah foto tentang cemilan kurang tepat rasanya jika diberi info tentang tempat.

Tips dan trik fotografi yang diberikan akan terasa janggal jika hal ini dilakukan Untuk menghindari kekurangtepatan ini, sebelumnya perlu dipelajari pula tentang aplikasi yang akan dipakai agar tidak salah langkah dalam menggunakannya.

Langkah terakhir pada tips dan trik fotografi kali ini hanya sebuah saran agar tetap terus memperbanyak gambar. Seperti yang dikatakan pada paragraf sebelumnya, mengambil foto dan menyimpannya sewaktu-waktu. Hal ini dilakukan jika suatu saat nanti terdapat ide yang sesuai dengan penggunaan grafis/layout pada aplikasi yang digunakan.

Mudahan-mudahan tips dan trik fotografi yang dijelaskan kali ini akan berguna bagi Anda. Tetaplah terus mengambil gambar, tidak perlu menjadi profesional kalau hanya untuk sekadar hobi. Namun mendapatkan gambar yang baik dan mengeditnya dengan aplikasi yang tepat akan menjadi kepuasan tersendiri bagi diri kita masing-masing. Selamat berfoto!

*Diadaptasi dari berbagai sumber

Wow, 1.1 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Dijual Hanya 48 Ribu Rupiah

Facebook adalah sebuah jejaring sosial yang tengah populer saat ini, berkat kepopulerannya facebook menjadi situs no 2 di dunia setelah google. Pengguna Facebook sendiri tidak hanya didominasi oleh kaum remaja saja, tetapi mulai dari anak – anak sampai orang dewasa juga menggunakan facebook. Sebenarnya anak – anak sendiri tidak diperbolehkan memiliki akses facebook, namun mereka lebih pintar dari yang diduga karena banyak anak – anak memalsukan umurnya ketika mendaftar akun facebook agar bisa diterima. Dan baru – baru ini ada sebuah kabar mengejutkan yang datang dari Venturebeat yang mengatakan 1,1 juta data pengguna pribadi facebook di jual oleh Gigbucks ke seorang blogger bulgaria bernama bogomil shopov, data tersebut pun meliputi data login pengguna facebook.

Facebook

Dan kebanyakan data 1,1 juta pengguna facebook tersebut berasal dari inggris, amerika serikat, kanada dan wilayah eropa lainnya, maka kemungkinan adanya data pengguna yang dijual tersebut berasal dari indonesia sangat kecil. Walaupun begitu anda perlu berhati – hati juga karena siapa tahu dari 1,1 juta data pengguna facebook yang dijual salah satunya adalah milik anda, Shopov yang membeli data tersebut seharga $5 USD atau sekitar 48 ribu rupiah mengaku telah mencoba beberapa alamat email dan berhasil masuk. Mendengar masalah ini facebook langsung menanggapinya dengan serius, berbagai cara pun dilakukam demi keamanan penggunanya. Dan langkah pertama yang diambil facebook adalah mengecek data pengguna yang bocor tersebut, selain itu facebook juga b  menghubungi shopov dan meminta dirinya memindahkah data pengguna tersebut dari blognya. Mungkin diantara anda sekalian yang membaca tulisan ini bingung bagaimana cara Gigbucks mendapatkan data pengguna tersebut, menurut penuturan Gigbucks sendiri data pengguna tersebut didapatkannya setelah facebokers memberi persetujuan ketika menggunakan aplikasi di facebook. Dengan diungkapkannya cara mendapatkan data tersebut maka mulai sekarang ada baiknya anda waspada ketika memberi persetujuan pada aplikasi yang ada di facebook, hal ini bertujuan agar data pribadi anda tetap aman.

Tips Mengembalikan Data dari CD atau DVD Rusak

Mungkin kita semua juga sudah mengetahui bahwa data merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Kita selalu menyimpan data kita pada media penyimpanan data dengan harapan data kita selalu aman dan terjaga dengan baik tentunya. Penyimpanan data pada saat ini sudah tergolong sangat banyak dan mempunyai space yang sangat besar. Misalnya saja seperti flashdisk, CD/DVD, hardisk, dan lain sebagainya.

repair_recover_data_cd_dvd_damage_scratch_software_how

Pada umumnya orang saat ini merasa mudah dan nyaman menyimpan berbagai macam datanya pada hardisk laptop atau pun komputer. Hal ini dikarenakan hal tersebut mudah, mudah baik dalam hal menyimpan nya maupun dalam hal mengakses atau mengambilnya kembali. Walaupun demikian, banyak pula orang yang berjaga-jaga untuk membackup data yang ada pada hardisk nya ke media penyimpanan data yang lain, seperti flashdisk atau pun keping cakram yang biasa disebut dengan CD atau DVD. Hal ini dikarenakan banyak orang yang takut jika sewaktu-waktu data yang ada pada hardisk hilang atau pun hardisk nya rusak. Sehingga dengan adanya backup pada media penyimpanan lain, data tersebut sudah aman dengan backupnya.

Nah, bagaimana jika media penyimpanan data yang di backup itu yang mengalami kerusakan ? Misalnya saja anda membackup data anda pada CD atau pun DVD. Namun tiba-tiba CD atau pun DVD anda rusak. Tentunya hal ini akan membuat anda panik bukan ? Tapi tenang, kali ini kami akan membagi tips bagaimana caranya mengembalikan data dari CD atau pun DVD yang rusak.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, download aplikasi CD Recovery Toolbox Free pada website berikut www.oemailrecovery.com .
  • Install file installernya yang bernama CDRecoveryToolBoxFree Setup.exe.
  • Kemudian aktifkan aplikasi dari menu Start sambil memasukkan CD/DVD yang hendak diselamatkan ke dalam tray CD/DVD drive.
  • Pilih nama CD/DVD yang muncul dalam layar program, lalu klik Next.
  • Pada jendela Target directory, tentukan folder untuk menyimpan data hasil penyelamatan dengan mengklik ikon bergambar folder di atas menu Source drive dan klik OK.
  • Kemudian Klik Next lagi.
  • Selamatkan semua data yang ada butuhkan dengan mencentang direktori optik atau jika ingin menyelamatkan semuanya klik Check All. Selanjutnya Klik Save.
  • File yang berhasil diselamatkan akan ditandai dengan keterangan saved berwarna hijau. Namun jika gagal akan berwarna merah.
  • Pada jendela terakhir akan muncul keterangan semua file yang berhasil diambil kembali dari CD atau DVD yang rusak.
  • Terakhir, klik Exit.

Cara Menemukan dan Menghapus Data Duplicate Pada Ms. Excel

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, aplikasi perkantoran saat ini sudah menjadi bagian terpenting dalam dunia kerja. Aplikasi perkantoran dapat membuat pekerjaan kita di kantor jadi lebih mudah tentunya. Tidak hanya di kantor, mungkin para pengusaha atau pun pedagang juga banyak yang menggunakan aplikasi perkantoran untuk mengolah data pekerjaan mereka. Sehingga data yang biasanya dalam jumlah besar dapat di olah sedemikian rupa yang pada akhirnya dapat bermanfaat untuk pribadi mereka sendiri. Selain itu, pada dasarnya aplikasi perkantoran seperti excel dapat sangat membantu apabila kita mengolah data yang jumlahnya sangat besar. Dimana apabila manusia yang mengolah nya, akan terasa sangat lelah ataupun membuat kita jenuh mengerjekannya.

Excel

Nah, apabila dalam mengolah data yang akan dilakukan berbagai macam operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, selisih, atau total dan sebagainya, sebaiknya menggunakan aplikasi perkantoran seperti Ms. Excel. Karena aplikasi perkantoran besutan microsoft ini sudah memiliki fitur yang sangat lengkap dalam mengolah data dan tentunya memiliki tampilan yang user friendly atau pun mudah untuk digunakan.

Namun, pastinya jika anda sudah bekerja pada jumlah data yang sangat banyak akan menemukan berbagai macam kesalahan atau pun kemungkinan error. Hal ini biasa terjadi dikarenakan jumlah datanya yang sudah sangat besar atau banyak. Dan untuk meminimalisir terjadi nya kesalahan atau pun duplicate data pada Ms. Excel ini, ada sedikit cara yang dapat dilakukan. Cara ini memanfaatkan fitur bawaan yang tersedia di Ms. Excel itu sendiri. Hal itulah yang akan kami bahas pada artikel kami kali ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka dan block seluruh cell data excel anda.
  • Kemudian masuk pada ribbon menu dengan cara Home – Conditonal Formatting – Hightligt Cell Rules – Duplicate Values.
  • Sehingga akan muncul jendela Duplicate Values di mana anda dapat memilih warna highlight yang anda inginkan.
  • Pada saat bersamaan anda akan dapat melihat warna pada cell data yang sama. Klik tombol OK untuk melakukan modifikasi pada data tersebut.
  • Terakhir, untuk menghilangkan warna pada cell tersebut cukup dengan cara klik Conditonal Formatting – Clear Rules – Clear Rules from Entire Sheet.

Hindari Pencurian Data Kartu Debit & Kredit, Ini Tipsnya

Akhir-akhir ini kita sering mendengar adanya kasus pemblokiran kartu Debit dan kartu Kredit secara sepihak oleh Bank yang mengeluarkan kartu tersebut. Usut punya usut ternyata nasabah yang kartu debit dan kreditnya yang diblokir itu, sebelumnya menggunakan kartu tersebut untuk berbelanja di gerai-gerai salah satu merk kosmetik terkenal. Ironisnya lagi, data-data yang tersimpan dalam sistem gerai-gerai tersebut dicuri dan bank khawatir data tersebut disalahgunakan untuk pembobolan saldo rekening atau penggunaan kartu kredit tanpa diketahui pemiliknya.  Akan tetapi hal ini tentu merepotkan nasabah karena nasabah harus membuat kartu kredit baru yang memakan waktu dan tenaga.

Berikut ini Tips untuk Menghindari Pencurian Data Kartu Debit dan Kredit Anda :

1. Ketika membayar menggunakan kartu kredit, jangan teledor dan selalu perhatikan teller atau kasir yang menangani kartu anda tersebut. Dan pastikan kartu sudah berada di tangan Anda ketika Anda meninggalkan toko atau merchant tersebut.

2. Pastikan anda selalu menyimpan secara aman tiga atau empat digit terakhir dari nomor di belakang kartu kredit anda. Saat melakukan pembayaran di kasir, Anda perlu memastikan semua proses transaksi berjalan lancer dan tidak mencurigakan.

3. Simpanlah struk belanjaan Anda untuk dibandingkan dengan billing statement kartu kredit anda. Dengan begitu Anda bisa tahu transaksi mana saja yang tidak sesuai dengan penggunaan kartu kredit Anda.

4. Jangan asal membayar menggunakan kartu debit dan kredit. Apabila nominalnya masih memungkinkan untuk dibayar secara tunai maka bayarlah dengan uang tunai.

5. Hancurkan dengan cara sobek-sobek semua struk transaksi belanda anda yang menggunakan kartu debit atau kredit sebelum dibuang. Data-data yang ada didalam kertas struk bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

6. Janganlah pernah memberitahukan pin anda kepada siapapun dan jangan sampai orang lain melihat kombinasi angka yang anda masukkan ketika membayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

7. Selalu hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan kartu debit dan kartu kredit anda, itu semua demi keamanan anda sendiri.

Sekian Tips untuk Menghindari Pencurian Data Kartu Debit dan Kartu Kredit dari kami, semoga Tips ini bermanfaat.

 

6 Tips Menghemat Kuota Data Internet Untuk BBM Android

Layanan BBM di Adroid menimbulkan banyak pro dan kontra, khususnya dalam pemakaian data inernet yang diklaim lebih mahal daripada menggunakan BBM di smartphone Blackberry. Hal ini sebenarnya tidak salah. Tetapi, semua itu tergantung dari kebiasaan pengguna itu sendiri. Jika pengguna sering mengunggah gambar atau mengirim gambar, tentu kuota internet akan cepat habis.

BBM Android

Berikut ini beberapa tips mudah untuk menghemat kuota internet BBM pada Android yang dapat Anda lakukan

Gunakan WiFi

Manfaatkan koneksfi WiFi untuk mengakses BBM baik saat berada di kantor, hotel, cafe atau tempat lain yang menyediakan WiFi gratis

Non-Aktifkan Data Internet Saat Tidak Digunakan

Saat tidur, sibuk kerja, atau mandi, data internet sebaiknya dimatikan. Aktifkan kembali saat Anda sudah tidak sibuk lagi.

Jangan Menggunakan Banyak Sosial Media

Semakin banyak sosial media yang aktif di smartphone, konsumsi data internet semakin besar karena dignakan untuk proses update dan notifikasi.

Matikan Auto Sync

Jika tidak dibutuhkan, matikan auto sync, khususnya auto sync data ponsel yang berupa foto kamera yang dapat menguras data internet saat upload untuk sinkroniassi

Manfaatkan Promo

Jangan lewarkan promo paket data internet hemat dari para provider. Saat ini banyak operator yang menawarkan paket data promo khusus sehingga Anda bisa mendapatkan banyak kuota dengan harga yang lebih terjangkau

Jangan Terlalu Sering Mengupload Foto

Sebisa mungkin jangan terlalu sering mengunggah foto di sosial media. Semakin banyak Anda menguplioad, tentu semakin banyak data internet yang dibutuhkan yang pada akhirnya menguras data internet Anda.

Demikian beberapa tips untuk menghemat data internet untuk BBM di Android. Tips ini sebenarnya tiadk hanya berlaku untuk BBM Android saja, tetapi juga untuk menghemat data internet smartphone Anda secara keseluruhan.