Cara password drive partisi windows bitlocker pastinya akan terdapat banyak data anda dapat memanfaatkan salah satu fitur dari ini yaitu encryption fungsi pada dan mengaktifkan sehingga file aman sebagai recovery pemulihan jika lupa ketika ingin kata sandi informasi seputar teknologi mengambil backup system image facebook membuka code local dish saya tempat menyimpan kode tolong bagi.

Yang mengetahui meresetnya pin sim telkomsel bls iya samsung inbox yahoo answers account bantuan kirim masukan awal semua kategori berita peristiwa bisnis keuangan lokal pasword artikel membahas bagaimana security kalau key keamanan komputer takut kita diliat orang pemilik token saja hack.

Bagaimana cara mengambil SCREENSHOT di Nokia Lumnia 920 dan Windows Phone Lainnya

Di saat anda ingin melakukan share layar handphone  nokia lumnia 920 anda akan kebingungan bagaimana cara mengambil screenshot? Tenang congkel.com akan memberi tahu caranya memang  untuk mengambil di windows phone sedikit rahasia atau tersembunyi, namun bila anda sudah mengetahuinya sudah dipastikan anda akan dapat melakukan hal ini dengan mudah, baiklah berikut adalah cara mengambil screenshot pada windows phone.

Windows Phone

  • Cukup tekan tombol Power dan tombol Start

Mudah bukan 😀 anda dapat menekan tombol power yang terdapat pada bagian kanan ponsel dan tombol Start di bagian bawah layar dan tepat berada di tengan yang berbentuk lambang windows. hal ini dilakukan secara bersamaan jangan hanya menekan tombol power saja tanpa menekan tombol start atau sebaliknya. dan apabila anda berhasil mengambil screenshot akan terdengar suara seperti saat anda memotret. untuk memastikan screenshot anda berhasil bisa langsung periksa filenya di gallery nokia lumnia 920 anda dan cari folder bernama screenshot dan folder ini terbuat otomatis saat melakukan screenshot pertamakalinya bila sudah dapat melihat hasilnya tinggal bagikan ke facebook atau email dan juga aplikasi lainya sesuai dengan kebutuhan.

Cukup mudah bukan untuk mengambil screenshot di nokia lumnia 920? dan cara ini juga berlaku di windows phone lainnya demikian saja cara mengambil SCREENSHOT di Nokia Lumnia 920 dan Windows Phone semoga dapat membantu teman-teman sekalian jangan lupa untuk meninggalkan jejaknya ya 😀

Tips Mengambil Foto Hitam Putih

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Tips Mengambil Foto Hitam Putih yang keren dan cool abis menggunakan kamera mahal.

Fotografi merupakan suatu hal yang berkembang pesat saat ini, bisa dilihat dengan semakin banyaknya orang yang membeli dan menggunakan kamera baik untuk mengambil foto-foto iseng sampai dengan foto-foto professional.

Baiklah berikut ini Tips Mengambil Foto Hitam Putih yang keren :

Gunakan RAW

Tidak semua kamera mempunyai fasiltas untuk memotret RAW, atau mungkin tidak suka karena RAW sangat merepotkan dalam hal post processing-nya. Tetapi untuk memaksimalkan kontrol saat konversi dari warna ke hitam-putih, lebih baik gunakan RAW. Karena file RAW memiliki fleksibilitas lebih tinggi dan toleransi yang lebih baik. Tetapi cobalah sesekali menggunakan RAW.

Jangan Menggunakan Mode Hitam-Putih dalam Kamera

Potretlah dalam mode kode warna agar anda mendapatkan file berwarna maupun hitam-putih sekaligus. Namun, saat anda menggunakan mode RAW dan BW bersamaan dalam kamera, tampilan di LCD kamera tentu hitam putih, tetapi sebenarnya tidak berpengaruh pada file RAW (tetap berwarna). Terlebih jika menggunakan RAW + JPEG. Anda mendapatkan fleksibilitas ekstra.

 

Gunakanlah ISO Rendah

gunakan ISO terendah kecuali anda ingin mendapakan shuter speed yang tinggi, ataupun efek grain dengan sengaja. Konversi ke hitam putih akan memunculkan banyak noise dan artifak, maka lebih baik kita mulai dalam ISO rendah agar kualitas maksimal. Namun gunakanlah ISO tinggi untuk efek grain yang dramatis.

 

Waktu dan Moment Memotret Hitam-Putih

Kondisi kontras rendah seperti cuaca berawan bisa menjadikan foto hitam putih yang bagus, karena hampir semua tingkat spektrum bisa ditangkap kamera. Jadi waktu pemotretan ataupun moment sangatlah menentukan hasil foto anda.

Namun, jika anda memotret warna dan hasilnya kurang memuaskan, cobalah mengubahnya menjadi hitam putih.

Komposisi Target

Mengambil gambar hitam-putih, tentulah anda sudah menghilangkan unsur warna-warni. Saat memotret hitam-putih perhatikan bentuk, tekstur, pola dalam objek anda. Juga perhatikan highlight dan shadow, ini yang menjadi kunci foto hitam putih yang sukses.

 

Sekian Tips Mengambil Foto Hitam Putih dari kami, semoga bermanfaat. Salam fotografi !

 

Tips Mengambil Foto Lanscape

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Tips Mengambil Foto Lanscape.

Fotografi merupakan suatu hal yang berkembang pesat saat ini, bisa dilihat dengan semakin banyaknya orang yang membeli dan menggunakan kamera baik untuk mengambil foto-foto iseng sampai dengan foto-foto professional. Biasanya yang mereka foto adalah suasana landscape.

Baiklah berikut ini Tips Mengambil Foto Lanscape yang keren :

Perhatikan Horizon

Jika kita berhadapan dengan suatu pemandangan, hampir dapat dipastikan kita akan melihat garis horizontal yang membentang dan membelah gambar menjadi dua bagian. Ini disebut garis horizon.

Dalam Fotografi Landscape, jika salah satu bagian lebih menarik. Berilah porsi 2/3 dari frame. Dan yang kurang menarik beri sisanya yaitu 1/3. Memang tidak mutlak, tetapi bila POI berada pada bagian yang 2/3 maka kesannya akan lebih kuat.

Pertimbangkan Langit

Jika dalam pemotretan langit kurang bagus, usahkan jangan menempatkan pada 2/3 frame. Ini akan menimbulkan kesan yang flat dan membosankan. Tetapi jika keadan langit dan awan dalam keadaan bagus, maka jangan ragu untuk penuhi frame dengan langit. Gunakan filter untuk meningkatkan kontras dan saturasi langit seperti Gradual neutral density dan Polarizer.

Vocal Point Sangat Penting

Vocal point adalah titik dimana mata kita berhenti pada saat memandang sebuah foto. Bisa dibilang merupakan titik fokus dalam suatu foto.Vocal point dapat berupa batu, rumput, ranting, bunga.

Foreground Hal Penting

Foreground bisa menjadikan foto kita lebih berdimensi. Ada sense of depth dari foto kita jika kita meletakan foreground dengan benar.

Gunakanlah Tripod

Untuk Exposure diatas satu detik  tripod sangat dianjurkan. Tripod lebih baik digunakan meskipun anda memiliki kamera beresolusi tinggi

Tangkap gerakan alam

Dalam menangkap gerakan alam, dibutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti filter ND (neutral density) dan tripod.

Bekerjasama dengan Cuaca

Tidak semua cuaca cerah dapat memberikan view yang bagus, oleh sebabnya anda dapat hunting pada cuaca-cuaca yang tidak cerah.

Garis dan Bentuk

Garis dapat menjadi vocal point yang sangat kuat karena membantu mata kita menelusuri foto landscape kita. Garis dapat memberikan kedalaman ruang yang luar biasa, perspective yang berbeda.

Eksplorasi Perspective

Jangan hanya terpaku pada satu titik, namun temukanlah view yang berbeda baik dengan view sejajar dengan tanah, atau naik ke atas pohon.

 

Sekian Tips Mengambil Foto Lanscape dari kami, semoga bermanfaat. Salam fotografi

 

Tips Mengambil (Shot) Foto Sunset atau Sunrise

Dunia fotografi masih saja menjadi dunia yang banyak digemari anak muda masa kini. Mungkin tidak hanya anak muda ya ? Bahkan orang yang sudah lanjut usia alias tua pun ada yang senang mendalamai dunia fotografi ini. Mengapa bisa demikian ? Berbagai jawaban dan pendapat dapat menjawab pertanyaan ini jikalau kita interogasi fotografer nya. Namun, pastinya jawaban yang paling banyak akan kita dapatkan adalah dunia fotografi itu menyenangkan dan mengasyikkan karena kita dapat mengabadikan suatu kejadian ataupun gambar langka yang jarang dilihat oleh orang lain. Tidak hanya dapat mengambil gambar belaka, tetapi kita juga dapat mempelajari lebih dalam bagaimana teknik yang tepat untuk mengambil gambarnya sehingga gambar atau pun video yang kita ambil dapat terlihat lebih menarik dan bagus.

Sunrise-Foto

Nah, dari alasan itu kita dapat menyimpulkan bahwa dunia fotografi sebenarnya bukan saja dunia yang hanya asal jepret gambar sana sini. Banyak yang harus dipelajari untuk menjadi seorang fotografer handal. Maka dari itu, kami akan membahas sedikit tips mengenai bagaimana cara atau teknik mengambil gambar yang bagus pada saat matahari terbenam atau pun matahari terbit.

Beberapa tips nya adalah sebagai berikut.

  • Tiba lebih awal di lokasi
  • Untuk dapat mengambil gambar tersebut dengan bagus, kita harus datang lebih awal di lokasi tempat sunrise nya. Ada baiknya datang setengah jam lebih cepat sebelum sunset atau sunrise.

  • Tripod
  • Tripod ini merupakan salah satu aksesori wajib yang harus dibawa saat shot sunrise atau sunset dikarenakan saat shot kita menggunakan slow shutter speed seperti 1/10 dan 1/8.

  • ISO
  • ISO nya harus di set ke mode paling rendah dari kamera (biasanya 100).

  • Mode Manual
  • Gunakanlah mode manual. Aperture diatur F10 ke atas dan gunakan aperture maksimum mcm F22. Untuk Exposure nya pastikan berada pada angka kurang dari 0 agar warna sunset atau sunrisenya lebih terang dan menyala.

  • Manual Fokus
  • Jangan gunakan auto fokus karena kita akan berhubungan dengan keadaan gelap, tetapi gunakanlah manual fokus.

  • Cabel Release
  • Gunakan cable release atau remote.

  • Shot beberapa kali
  • Shot seberapa banyak gambar (sesuai kebutuhan) kerana cahaya sunset akan berubah-ubah dengan cepat.

  • LiveView
  • Disebabkan kamera akan menghala terus ke matahari, penggunaan viewfinder sangat tidak diperbolehkan (dapat menyebabkan kebutaan). Gunakanlah liveview yang ada pada kamera dan kalau tidak ada lifeview, lepas saja shot beberapa gambar dan compose balik sampai kita merasa puas hati.

Tips dan Trik Fotografi Menggunakan Aplikasi Smartphone

Fotografi kini telah menjelma menjadi gaya hidup. Tidak lagi hanya di kalangan profesi fotografer, tetapi mereka-mereka yang hanya sekadar hobi memotret. Mewabahanya fenomenan ini karena kini banyak hadir gadget-gadget canggih yang punya fasilitas foto.

Kamera kini terintegrasi dengan smartphone ataupun tablet sehingga bagi sebagian orang yang memiliki perangkat tersebut akan disayangkan jika tidak memanfaatkan fitur fotografi di perangkatnya. Nah, kali ini akan dibahas tips dan trik fotografi bagi Anda yang ingin hasil jepretannya terlihat seperti hasil seorang profesional.

Tips dan Trik Fotografi

Ada begitu banyak aplikasi yang mendukung fasilitas foto. Aplikasi-aplikasi tersebut umum hadir di perangkat smartphone dan tablet. Ada aplikasi instagram yang populer dalam menghasilkan gambar yang begitu atraktif. Ada pula aplikasi yang memiliki integrasi grafis dan info seperti instaweather dan instaplace.

Instaweather sesuasi namanya adalah aplikasi yang memungkin kan penggunaa memasang informasi cuaca sedangkan instaplace yaitu aplikasi agar pengguna dapat menambahkan keterangan lokasi di atas foto. Sebelum pada pembahasan penggunaan aplikasi grafis, tips dan trik fotografi akan dimulai dari langkah mengambil gambar (foto)

Langkah pertama tentu adalah mendapatkan foto yang menarik. Foto tidak hanya sekadar memotret tetapi terdapat seni didalamnya. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berbicara mengenai bagaimana mengambil gambar yang baik. Secara teori hal ini sangat mudah tetapi secara praktik perlu kesabaran jika foto yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Pertama perhatikan cahaya serta komposisi yang pas. Teruslah memotret dengan memperhatikan arah cahaya. Cahaya akan sangat menentukan jelas tidaknya suatau gambar. Terus memotret buang yang dirasa kurang baik komposisi cahayanya.

Harus diperhatikan pula angle kamera. Hal ini juga merupakan tips dan trik fotografi Memotretlah dari berbagai posisi. Ubah sudut pandang umum (tidak mainstream) agar tidak terkesan biasa. Misalnya mengambil gambar sebuah pohon tidak dari smaping tapi dari bawah. Ambil beberapa gambar yang dirasa snagat baik dalam sangat baik sudut pandang, pencahayaan ataupun objek yang dipotret.

Mengambil foto yang baik akan membuat kualitas foto tetap terjaga. Langkah pertama tersebut tentu harus diperhatikan sebelum pada tips dan trik fotografi pada langkah selanjutnya. Hal ini perlu jadi fokus karena gambar yang bagus merupakan awal yang bagus sebelum diberi tambahan unsur grafis.

Lanjut pada tips dan trik fotografi pada tahap kedua. Pada tahap ini pastikan terlebih dahulu tbidang kosong pada foto. Hal ini dilakukan karena pada foto tersebut akan ditambah unsur grafis seperti ikon dan huruf. Tetntu dengan memperhatikan hal ini, tata letak (lay out) yang akan dihasilkan akan sangat baik dan menarik.

Agar foto Anda punya unsur cerita dibaliknya, usahakan unsur grafis yang ditambahkan tidak merusak cerita tetapi malah memperkuatnya. Misalnya sebuah aplikasi, posisi unsur grafis berada di samping kiri atau di bawah, maka fokus cerita harus ditempatkan di samping kanan atau di atas. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berguna agar foto Anda tidak hanya sekadar gambar tapi punya unsur kisah yang menarik.

Agar ada kesinambungan cerita, perlu diperhatikan kesinambungan foto dengan caption pada grafis. Contohnya sebuah foto yang diambil di toko buku akan terasa aneh jika diberi keterangan cuaca. Misalkan juga sebuah foto tentang cemilan kurang tepat rasanya jika diberi info tentang tempat.

Tips dan trik fotografi yang diberikan akan terasa janggal jika hal ini dilakukan Untuk menghindari kekurangtepatan ini, sebelumnya perlu dipelajari pula tentang aplikasi yang akan dipakai agar tidak salah langkah dalam menggunakannya.

Langkah terakhir pada tips dan trik fotografi kali ini hanya sebuah saran agar tetap terus memperbanyak gambar. Seperti yang dikatakan pada paragraf sebelumnya, mengambil foto dan menyimpannya sewaktu-waktu. Hal ini dilakukan jika suatu saat nanti terdapat ide yang sesuai dengan penggunaan grafis/layout pada aplikasi yang digunakan.

Mudahan-mudahan tips dan trik fotografi yang dijelaskan kali ini akan berguna bagi Anda. Tetaplah terus mengambil gambar, tidak perlu menjadi profesional kalau hanya untuk sekadar hobi. Namun mendapatkan gambar yang baik dan mengeditnya dengan aplikasi yang tepat akan menjadi kepuasan tersendiri bagi diri kita masing-masing. Selamat berfoto!

*Diadaptasi dari berbagai sumber

Cara Mengambil Gambar dari Windows 7 Themes

Pihak microsoft meyediakan banyak sekali fitur menarik pada sistem operasi yang dihasilkan nya yaitu windows. Perusahaan milik Bill gates ini terus mengembangkan berbagai macam fitur menarik lainnya agar microsoft semakin lama akan semakin maju. Dan tentunya agar setiap orang yang menggunakan sistem operasi windows akan tetap menggunakan sistem operasi tersebut dikarenakan merasa sangat nyaman dan terbantu dengan berbagai fitur yang disediakan. Dan hal inilah yang membuat bill gates semakin lama akan semakin kaya raya karena produk hasil ciptaan perusahaan nya terus berkembang dengan pesat.

Windows 7 Theme

Nah, maka dari itu, timbul pertanyaan, apakah anda pengguna setia windows ? atau lebih tepatnya apakah anda pengguna windows jaman dulu ? Misalnya seperti windows xp, windows vista, atau pun windows 2000 mungkin. Jika memang jawabannya adalah iya, maka anda sudah membaca artikel yang tepat. Karena artikel congkel kali ini akan membahas mengenai windows jaman dulu (xp, vista, 2000).

Mungkin anda merupakan pengguna setia windows xp, vista atau pun 2000. Tetapi anda merasa bosan dengan tampilan walpaper windows anda yang masih terkesan jadul dan tidak menarik. Dan mungkin pernah terlintas di pikiran anda, ingin mengubah walpapernya seperti walpaper pada windows 7. Nah, hal itulah yang akan kami bahas pada artikel kali ini. Yaitu bagaimana caranya mengambil tema gambar dari windows 7.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, download aplikasi 7Zip dari official websitenya pada link berikut http://www.7-zip.org/download.html .
  • Kemudian, pilih file installer (EXE) nya agar lebih mudah untuk digunakan.
  • Install 7Zip ke dalam komputer atau notebook anda.
  • Download salah satu theme menarik yang sesuai dengan yang anda inginkan pada link berikut http://windows.microsoft.com/en-US/windows/downloads/personalize/themes .
  • Buka folder dimana anda meletakkan file download nya, kemudian klik kanan, pilih 7Zip dan pilih nama folder dari theme tersebut.
  • Terakhir, buka folder yang baru saja dibuat tadi dan lihat di dalamnya. Ada banyak file wallpaper yang bisa digunakan sebagai background pada layar notebook atau komputer anda.
  • Gunakan atau set gambar tersebut sebagai wallpapers sistem operasi windows anda.

Tips Mengatur Komposisi Saat Mengambil Foto

Kembali lagi di Congkel.com, kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Mengatur Komposisi Skala Foto.

Pada zaman sekarang yang semakin maju ini, perkembangan dunia fotografi mengalami perkembangan yang pesat.  Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang telah memiliki kamera, baik kamera handphone, kamera pocket maupun kamera khusus fotografy seperti Nikon atau Canon DSLR.

Meskipun pertumbuhan pemakaian alat ini semakin tinggi namun banyak dari mereka yang merupakan pemilik kamera tersebut tidak mengetahui tips simple dalam hal mengatur komposisi foto yang diambilnya.

Camera Nikon

Skala pada suatu foto merupakan hal harus selalu ada pada suatu karya yang anda abadikan. Untuk memberikan kesan skala pada foto, maka anda dapat memasukkan elemen manusia ke dalam foto, otomatis. Tanpa unsur manusia atau hal-hal yang mudah dikenali, penikmat foto anda tidak dapat mengetahui seberapa besar dan luas pemandangan yang anda ambil tersebut.

Misalnya saja pendaki gunung akan memberikan gambaran seberapa tinggi dan besarnya gunung yang didaki, atau orang yang berdiri didepan sebuah mobil dapat menggambarkan seberapa tinggi mobil tersebut dan orang yang mandi dibawah air terjun memberikan gambaran seberapa tinggi dan megah air terjun, dll.

Berikut ini beberapa tips untuk menerapkan komposisi skala foto agar foto yang anda ambil akan terlihat lebih efektif :

Gunakanlah Latar Belakang Foto yang Relatif Bersih atau Polos

Contohnya jika di gunung yang hijau, sawah yang hijau, langit dan laut yang biru. Anda sebaiknya jangan menempatkan manusia atau hal-hal lain ditengah-tengah pohon-pohon yang beraneka ragam warna dan bentuknya.  Karena hal tersebut akan membuat manusia yang anda harapkan menjadi skala terhadap foto anda malah tidak terlihat.

SUbjek Foto Jangan Diletakkan Terlalu Dekat Dengan Kamera

Hal tersebut karena akan membuat latar belakang foto anda menjadi terkesan sempit atau kecil. Tidak perlu juga anda selalu memasukkan elemen manusia untuk memberikan kesan skala, namun anda dapat memasukkan subjek lain yang mudah dikenali, seperti sepeda motor, mobil, bangunan dan sebagainya.

Sekian Tips Mengatur Komposisi Skala Foto, semoga tips ini dapat bermanfaat.

Cara Melakukan Screenshot Di Ponsel Android

Mengambil screnshot pada ponsel android ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya, walaupun tahu kemungkinan yang diketahui adalah mengambil screnshot gambar dengan bantuan aplikasi. Tapi kini ada cara baru mengambil screnshot di ponsel android tanpa harus memakai aplikasi tambahan, salah satu kelebihan mengambil screnshot tanpa bantuan aplikasi adalah anda dapat menghemat ruang penyimpanan memory anda. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi anda yang memiliki ponsel android dengan ruang penyimpanan yang terbatas, dan berikut ini cara melakukan screenshot di ponsel android tanpa bantuan aplikasi apapun.

Android Screenshot

1. Pilih tampilan layar yang ingin anda capture
2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol back dan kemudian klik tombol home.

Jika proses berhasil akan ada tanda tersendiri seperti bunyi klik ataupun nada getar, dan gambar yang berhasil anda capture secara otomatis akan tersimpan didalam folder bernama screencapture. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengambil screnshoot, namun cara ini lah yang termudah menurut kami.

Tips Cara Tangkap (Shot) Foto Kilat atau Petir

Pasti banyak sekali photografer-photografer pemula yang bertanya-tanya. Sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang photografer yang handal atau pun profesional ? Mungkin akan banyak sekali pendapat yang dapat dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun, jawaban yang paling masuk akal dan sesuai logika adalah terus saja belajar, belajar dan belajar. Banyak-banyak saja ambil foto dari sesuatu hal misalnya. Dengan adanya keseringan kita mengambil foto, maka kita akan punya banyak pengalaman dari situ. Misalnya mengambil foto kejadian ini bagaimana bagusnya, mengambil foto kejadian itu bagaimana bagusnya. Kita akan punya tips-tips sendiri dalam hal itu. Tetapi sudah pasti kita juga harus mempelajari berbagai macam konsep dan istilah dasar yang ada di dunia fotografi sebelum kita benar-benar coba terjun ke dalam nya.

cg

Bagi para photographer newbie (baru) mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengambil suatu foto yang merupakan suatu kejadian. Misalnya saja seperti ambil foto sunset atau foto sunrise, atau pun ambil foto kilat atau pun petir. Tentu saja ini bukanlah hal yang mudah. Butuh sedikit pengalaman dan trik yang mumpuni agar mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Maka dari itu, kami akan coba bahas mengenai bagaimana cara ambil foto kilat atau pun petir dan insya Allah dapat menghasilkan foto yang bagus dan memuaskan.

Berikut tutorial yang harus diikuti.

  • Carilah posisi terbaik yang anda rasa dapat melihat dengan jelas kilat atau petir di saat fenomena itu berlangsung.
  • Aperture pada kamera di setting ke f8.
  • Gunakan manual focus (sebab mustahil kita bisa focus ambil kilat secara otomatis).
  • Tripod wajib digunakan jikalau menggunakan BULB mode.
  • Jangan lupa gunakan manual white balance (sesuaikan white balance dengan kondisi tempatnya).
  • Set kan ISO pada posisi 100.
  • Gunakan BULB mode dan pastikan anda punya remote untuk digunakan disini.
  • Tekan remote jika semua sudah selesai di set. Karena di sini kita menggunakan mode BULB, shutter akan tertutup secara otomatis apabila anda menekan button pada remote. Tekanlah remote di saat kilat atau petir muncul.
  • Lihatlah hasilnya.

12 Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone

Kembali lagi bersama kami Congkel.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Fotografi Digital yaitu 12 Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone.

Ponsel sudah berganti nama menjadi telepon cerdas alias smartphone berkat penambahan fitur-fitur di luar kemampuan normalnya. Salah satunya adalah penambahan kamera.

Cukup banyak pengguna smartphone yang hanya mengandalkan ponsel di kamera untuk perangkat dokumentasi dan fotografi. Namun, banyak dari mereka yang kurang puas dengan hasil jepretannya. Mereka banyak mengeluhkan kualitas hasil fotonya, baik dari segi kualitas gambar maupun kualitas isi foto itu sendiri.

Berikut 12 Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone dari Richard Koci Hernandez.

Masalah Pencahayaan

Mengambil foto pada kondisi cahaya yang bagus—pagi hari atau menjelang senja—memiliki kemungkinan untuk mengubah foto yang biasa jadi luarbiasa!

Jangan Menggunakan Fitur Zoom

Hasil zoom dari ponsel sangat buruk dan bisa menjadi awal dari hasil yang buruk. Jika ingin memperoleh gambar yang lebih dekat, mendekatlah dengan kaki Anda, bukan dengan tombol zoom.

Kunci Eksposur dan Fokus

Dengan aplikasi kamera default, tekan/tap dan tahan tombol Shutter. Ketika tanda kotak berkedip, artinya eksposur dan fokus sudah terkunci. Baru ambil gambar dengan menekan penuh tombol shutter atau melepas jari dari layar.

Edit dan Pilih Foto Terbaik

Tahan diri, jangan membagikan semua hasil jepretan Anda. Posting atau share hanya hasil yang bagus agar pengikut Anda, misalnya di Instagram, bertambah. “Kami tidak ingin melihat 1000 foto dari anakmu, tampilkan yang paling bagus saja!”

Jangan Terlalu Menilai Tinggi Masalah Teknik

Masalah teknik bukanlah menjadi momok yang menakutkan, tapi latihlah kemampuan Anda melakukan observasi sehingga teknik fotografi anda meningkat.

Belajarlah untuk mengamati dan melihat secara lebih mendalam

Filter tidak bisa menggantikan mata yang baik. Perhatikan momen, cahaya, dan objeknya. Jika Anda akan menambahkan efek sepia, black and white, atau filter lainya nanti, silahkan saja. Untuk keperluan jurnalisme, sebaiknya tinggalkan yang namanya filter itu.

Jepret diam-diam untuk mendapat hasil yang alami

Lakukan pengambilan gambar secara diam-diam agar objek manusia tidak tahu bahwa gambarnya sedang diambil. Kecenderungan seseorang ketika tahu sedang difoto adalah bergaya: hasilnya sangat tidak natural.

Buat Target dan Tenggat

Ambil 20 gambar untuk satu benda dari berbagai sudut. Anda akan melihat bahwa dunia tampak berbeda jika dipandang dari sudut yang berbeda. Bahkan jika Anda sekedar berjalan memutari segelas kopi di dapur, akan terlihat bedanya sudut pengambilan gambar dan pencahayaan yang jatuh padanya.

Ketahui apa yang ingin Anda lihat sebelum dapat melihatnya

Buat daftar tentang apa yang ingin Anda foto hari ini dan temukan. Cara ini akan mengasah intuisi dan pengalaman Anda.

Pelajari Cara Kerja Fotografer Lain

Cara fotografer lain mengambil gambar akan menjadi sumber inspirasi bagi Anda. Banyak hal yang sebelumnya tidak terpikirkan menjadi jelas setelah melakukan pengamatan. ATM: amati, tiru, modifikasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Selalu Siap Siaga dan Fokus

Pastikan saat hati dan pikiran bilang “Shoot!”, kamera Anda telah siap ditekan. Jangan sampai kamera/ponsel Anda masih ada di kantong celana, di dalam tas, atau ketinggalan di toilet.

Miliki Smartphone Berkamera

Kesebelas tips di atas tidak berguna tanpa tips terakhir ini, anda tidak dapat mengambil sebuah foto tanpa anda menggunakan sebuah kamera.

 

Sekian 12 Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda.

 

Cara Download Foto Facebook dengan PickNZip

Mungkin saja pernah terlintas di pikiran anda untuk mengambil atau pun download foto teman-teman anda di facebook. Jika anda mengambil foto nya satu persatu tentu saja mudah. Tapi bagaimana jika memang foto yang ingin di download dalam jumlah banyak. Maka hal tersebut akan sedikit merepotkan. Tapi saat ini, untuk mendownload semua foto dalam sekali klik atau pun dalam sekejap saja, bukanlah hal yang sulit lagi. Ada berbagai macam aplikasi atau pun add ons pada firefox yang dapat digunakan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah PickNZip.

Aplikasi PickNZip ini merupakan aplikasi yang tergolong baru di facebook. Dengan aplikasi ini, anda dapat mendownload sekaligus semua foto teman anda di facebook. Cara kerjanya aplikasi ini terlebih dahulu mengompress semua foto yang ingin anda download ke dalam format zip atau pun rar, dan kemudian baru di download dan disimpan ke dalam komputer atau pun laptop anda.

Bagaimana cara menggunakannya ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana cara download foto facebook sekali klik dengan menggunakan aplikasi PickNZip.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, login ke account facebook anda.
  • Kemudian buka tab baru dan masuk ke URL berikut http://www.picknzip.com.
  • Klik Allow untuk memberikan akses pada profile facebook anda.
  • Pilih foto mana yang ingin anda download pada jendela baru yang ditampilkan oleh PickNZip.
  • Pilih nama dari teman anda yang ingin anda download dan pilih Album atau Tag foto yang ingin di download.
  • Pilih gambar untuk di download atau klik Select All untuk memilih semuanya atau klik find my pictures untuk mencari gambar.
  • Klik Review & Download untuk mengambil gambar.
  • Pilih format download yang ingin anda gunakan (format ZIP atau PDF).
  • Klik Save pada File ready to download.
  • Terakhir, buka file yang anda download tadi dengan aplikasi kompres file yang anda miliki.

Maka, dengan mengikuti langkah di atas, anda sudah berhasil download semua foto yang anda inginkan dalam sekejap.