Cpu nyala tapi tidak ada tampilan monitor weblog pintar bila vga cardnya masih bagus komputer anda mau hidup coba lakukan clear bios dengan cara menjamper pin dari posisi normal setelah.

CPU Menyala Namun Monitor Tidak Nyala??

Hampir Semua pengguna PC mungkin pernah mengalami hal yang sedikit menjengkelkan namun harus di hadapi yaitu saat menyalakan komputer hanya cpunya saja yang menyala namun tidak tampil di monitor, Beranjak dari pengalaman admin sendiri yang mengalami hal tersebut akan memberi sedikit cara pemecahan masalah yang mungkin anda hadapi juga.

CPU Monitor

Periksa Semua Arus dan Kabel

  1. Periksa Kabel Listrik yang dipasangkan pa monitor dan CPU terpasang dengan baik dan pastikan arusnya telah di terima oleh monitor dengan tanda lampu power hidup.
  2. Periksa kabel yang menghubungkan CPU kemonitor apakah itu kabel HDMI, DVI, atau lainnya, tersambung dengan benar tidak longgal atau putus, dan pastikan pin pada konektor dalam kondisi baik tidak bengkok atau kotor.

Pastikan Hardware dalam Kondisi Baik

Apabila anda sudah melakukan pemeriksaan pada kabel dan ternyata semuannya  dalam keadaan baik dan masalah belum teratasi maka hal yang perlu di lakukan selanjutnya adalah pemeriksaan hardware komputer dalam keadaan prima, berikut hal-hal yang perlu dilakukan dalam pemeriksaan hardware.

  1. Memang power supply masih menyala namun bukan berarti dia tidak rusak, kemungkinan kerusakannya adalah menurunnya kualitas tegangang pada setiap kabel yang menyuplay arus ke hardware, gunakan multi tester untuk memastikan arus yang dihasilkan adalah 5 dan 12 volt apabila arus tidak mencukupi berarti powersupply harus diganti.
  2. Berikutnya cara tes bahwa prosesor masih bagus dengan cara buka headsing yang ada diatas prosesor nyalakan komputer tunggu beberapa saat dan coba menyentuh kan prosesor dengan tangan dan pastikan prosesor memiliki suhu panas yang menandakan prosesor masih berkerja dengan baik.
  3. Berikutnya cara mengetahui RAM masih dalam keadaaan baik yaitu dengan menggunakan bantuann komputer lain dengan mencobakan RAM tersebut pada komputer lain pastikan jenis RAM yang digunakan sama. apabiala komputer yang dites tersebut tidak menyala sudah dapat dipastikan RAMnya rusak.
  4. Apabila anda menggunakan VGA card tambahan maka untuk mengetahuinya dalam keadaan baik adalah dengan memasangkan pada komputer lain dan apabila menyala berarti masih dapat digunakan, pastikan apabila anda menggunakan VGA card tambahan jangan menyambungkan monitor ke CPU menggunakan VGA card onboard motherboard sebelum mencabut VGA card External dari PCI slot.
  5. Bila VGA Cardnya masih dalam keadaan bagus tapi komputer anda tidak mau hidup, coba lakukan Clear Bios, dengan cara menjamper pin dari posisi Normal ke posisi Clear, setelah anda jumper ke posisi Clear, hidupkan komputer anda selama beberapa detik, kemudian matikan komputer anda dan cabut kabel power listrik dari CPU, kembalikan posisi jumper ke posisi Normal, sambung kembali kabel power ke CPU anda dan hidupkan komputer anda.
  6. Apabila semua hal diatas telah dilakukan dan komputer masih tidak menyala periksa hardware lainya seperti CDROM, hardisc, ataupun hardware tambahan lainya copot semua hardware tersebut dan pasangkan hardware minimal dapat menyalakan komputer, dan pasang satu persatu untuk memastikan hardware tersebut dalam keadaan baik.
  7. Semua hal diatas sudah di coba dapat di pastikan chipset dan motherboard komputer anda sudah rusak.

Oke demikian ulasan cara mendeteksi kerusakan komputer semoga bermanfaat

Tips Memaksimalkan Casing CPU

Kembali lagi bersama kami Congkel.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Memaksimalkan Casing CPU. CPU merupakan hal pokok karena merupakan otak dari setiap computer. Mirip seperti otak manusia yang dilindungi oleh tengkorak, otak komputer ini wajib dilindungi yaitu dengan menggunakan casing CPU. Namun dalam membuat casing CPU, perlu perhatian yang besar tidak bisa secara asal-asalan sehingga menghindari dari yang namanya melindungi tapi merusak.
Oleh karenya, berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan untuk Memaksimalkan Casing CPU anda, sehingga computer anda pun dapat bekerja secara maksimal :

AIRFLOW & AIR-PRESSURE
Airflow & Air-Pressure ini terbagi menjadi 3, yaitu :

– Negative Airflow/Pressure
Artinya adalah membuat udara di dalam casing agar segera keluar. Bagaimana? Dengan cara mengatur kipas-kipas di dalam casing lebih banyak berperan sebagai exhaust.
Teorinya, dengan banyaknya kipas exhaust maka tekanan udara di dalam casing jadi lebih rendah. Sehingga udara di luar casing akan masuk ke dalam casing.

– Positive Airflow/Pressure
Artinya adalah memberikan suplai udara segar ke dalam casing dan menghalangi debu bersarang di dalam casing. Caranya engan mengatur kipas-kipas di dalam casing agar lebih berperan sebagai intake

– Balanced Airflow/Pressure
Artinya adalah menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan luar casing. Caranya dengan mengatur agar kipas intake dan exhaust seimbang fungsinya.
Teorinya, dengan imbangnya antara kipas intake dan exhaust maka suhu dalam casing menjadi netral.

POSISI USB PORT YANG BAIK
Posisi port USB sangatlah penting, apakah posisi usb port sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak saling mengganggu dengan port sebelahnya atau malah membuat port sebelahnya menjadi tidak bisa terpakai.

PENGARUH KASA/GRILL/MESH KIPAS TERHADAP ALIRAN UDARA
Untuk keamanan, kipas pada casing komputer diberi kasa atau mesh atau grille pengaman. Dulu pengaman kipas ini dibuat dari kawat, tapi sekarang umumnya hanya berupa lubang-lubang yg dipotong langsung dari casing. Bentuk lubangnya bisa bermacam-macam, ada yg hexagonal, segi empat, bundar, dan bentuk-bentuk lainnya.

PENEMPATAN PSU PADA CASING
Ada casing yang menempatkan posisi PSU di bagian atas, dan ada juga yang berada di bagian bawah.

– Posisi PSU di bagian atas casing
Dengan posisi ini, PSU bisa difungsikan sebagai exhaust casing. konsekuensinya, udara panas yang diambil oleh kipas PSU dari dalam casing menyebabkan suhu udara dalam PSU menjadi tinggi. Ada dua pendapat tentang hal ini, yaitu :
Pertama, tidak masalah jika PSU dapat asupan udara panas dari dalam casing, karena memang pada dasarnya PSU adalah hotbox.

Kedua, asupan udara panas dari dalam casing tidak baik untuk PSU karena dengan suhu yang tinggi, efisiensi PSU bisa terpengaruh.

– Posisi PSU di bagian bawah casing
Dengan posisi ini, PSU bisa diposisikan sebagai exhaust yang menyedot udara panas dari casing atau bisa juga diposisikan untuk mengambil udara dingin dari luar casing. Posisi yang disebut terakhir lebih menguntungkan karena PSU bisa didinginkan oleh asupan udara dari luar casing sehingga temperatur kerjanya tidak terlalu tinggi.

Sekian Tips Memaksimalkan Casing CPU, semoga bermanfaat.

 

Pengertian Jarak Focus Lensa Kamera DSLR

Jarak Fokus atau Focal Length menjadi pertimbangan bagi photografer saat membeli lensa kamera DSLR karena jarak fokus pada lensa akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap jarak pada lensa di peruntukan untuk pemotretan dengan jarak tertentu. Focal length atau jarak fokus adalah jarak dalam satuan milimeter (mm) antara bagian tengah elemen optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor pada kamera DSLR.

Focal Lenght juga mempengaruhi sudut pandang atau field of view adalah seberapa luas area ditangkap oleh kamera, Jarak Focus Lensa juga mengontrol seberapa lebar atau seberapa sempit perspektifnya (pembesaran terhadap objek). Lensa dengan perspektif yang lebar (lensa wide) akan memdapat pandangan yang luas sehingga objek terlihat lebih kecil pada gambar yang akan di hasilkan, lensa dengan perspektif menengah (lensa normal) akan memberikan pandangan yang normal sedangkan lensa dengan perspektif sempit (lensa tele) akan membuat objek yang jauh terlihat lebih besar pada gambar sesuai dengan Jarak Focus Lensa  yang di berikan.

Jarak Fokus Kamera DSLR 2. jpg

Kesimpulannya adalah

Semakin pendek Jarak Focus, semakin lebar sudut pandang dan semakin lebar perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin luas), hal ini dapat ditemukan pada lensa wide
Semakin panjang Jarak Focus, semakin sempit sudut pandang dan semakin sempit perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin sempit), hal ini dapat ditemukan pada lensa tele.
Kira-kira sudah paham? yang dimaksud dengan focal length. Nah berikut beberapa kategori focal length atau jarak fokus pada kamera DSLR perkiraan focal length lensa yang digunakan dengan sedikit tumpang tindih dalam focal length antara beberapa kategori oke langsung saja lihat katagori berikut ini :

Lensa Ultra-Wide Angle: 10-15mm

Yang pertama adalah Lensa Ultra Wide Angle dengan jarak fokus 10- 15 mm, cakupan pandangan yang lebih lebar dibandingkan dengan lensa standar dengan membuat objek tampak lebih kecil dibandingkan dengan lensa normal. Lensa ini juga mempunyai DoF (depth of field, rentang kedalaman fokus pada objek) yang luar biasa sehingga memungkinkan seseorang mengambil foto dengan fokus yang sama mulai dari foreground (latar depan) hingga background (latar belakang).

Lensa Wide Angle: 16-28mm

Lensa yang sering digunakan oleh photografer dalam kondisi yang dimana photofrafer tidak dapat berada pada posisi yang diinginkan bila menggunkan lensa jenis lainnya misal saat berada dalam ruangan yang sempit tidak mungkin photografer mundur lagi untuk mendapat cangkupan terhadap objek yang berada dalam ruangan atau juga saat memotret pemandangan, dan jenis lensa ini sering digunakan oleh photografer untuk memfoto pemandangan interior dan juga arsitektur.

Lensa Normal: 28-40mm

Sering kali lensa jenis ini digunakan dalam pemotretan model dan orang yang tidak terlalu banyak dan juga untuk  pemotretan ¾ body .

Short Telephoto Lenses: 40-60mm

Rentang focal length dengan 40-60 sering disebut juga lensa potret, Sering juga digunakan oleh photografer yang khusus memotret model dan juga pada studio foto sebab lensa ini akan memberikan perspektif atau pandangan pada kepala dan bahu dari foto model dengan baik.

Lensa Telephoto Medium: 60-135mm

Bagi anda penggemar foto makro lensa dengan kisaran focal length ini sangat cocok untuk anda selain untuk macro lensa ini juga sanga bagus untuk foto close-up fotography karena dapat digunakan pada jarak yang dekat antara objek dan kamera.

Lensa Telephoto Panjang: 135-300mm

Jarak fokus ini berguna untuk memperbesar objek yang terlalu jauh dari kamera untuk mengisi frame. sangat sering digunakan oleh photografer untuk memotret objek yang berada di kejauhan seperti foto candid foto binatang liar dan juga foto olahraga. Dalam penggunaan lensa ini diperlukan tekni tersendiri untuk meminimalkan efek goyangan kamera karena lensa tele rentan terhadap goyangan yang berimbas pada berkurangya ketajaman foto baik dengan menggunakan senderan ataupun tripot dan lainnya.

Lensa Super Telephoto: 300mm keatas

Jarak fokus ini digunakan untuk objek yang sangat jauh paling berguna bagi fotografer untuk memotret suatu objek tidak mungkin di jangkau dengan mudah misal untuk memotret objek yang berada di seberang danau atau di atas pepohonan yang sangat tinggi dan jauh, yang harus memotret dari ratusan meter jauhnya dan juga sering digunakan untuk photografer mata-mata yang akan memotret objek tanpa di ketahui oleh objek. Tidak jarang juga di gunakan pada pemotretan benda-benda langit seperti awan bulan dan petir lihat tipsnya disini.
Berikut adalah gambar yang di hasilkan oleh berbagai jarak fokus pada lensa DSLR :
Jarak Fokus Kamera DSLR
Okay demikian saja pembahasan tentang Jarak Fokus ( Focal Length) semoga membantu dan bermanfaat. Lain kali akan kita bahas kembali tentang dunia fotografi.

5 Trik Memotret di Museum

Kembali lagi bersama kami Congkel.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Trik Fotografi  yaitu  5 Trik Memotret di Museum.

Sebagian besar museum membolehkan pengunjung menggunakan kamera untuk mengabadikan suasana dan koleksinya. Dan sebagian besar pula, melarang menggunakan tripod dan lampu kilat (blitz) saat memotret. Sebab, lampu blitz diyakini memancarkan gelombang panas dan elektromagnetik yang dapat merusak koleksi museum.

Selfie

Ketika memotret didalam museum, kita akan mendapatkan tantangan, yaitu :
Pertama, masalah utama memotret di dalam museum adalah low light, minim cahaya dan bagi lensa sudah dapat dibilang remang-remang. Larangan menggunakan lampu kilat membuat lensa harus bekerja ekstra keras menangkap cahaya yang sedikit.

Kedua, ruangan museum indoor biasanya menggunakan lampu bohlam berwarna kekuning-kuningan. Termasuk lampu-lampu sorot yang digunakan untuk menerangi koleksi museum. Perhatikan white balance supaya gambar yang dihasilkan lebih natural, tidak terlampau kekuningan atau merah matang seperti udang rebus.

Ketiga, tiap lampu di tiap koleksi museum atau di setiap rungan mempunyai intensitas cahaya yang berbeda-beda. Perbedaan disebabkan karena banyak faktor seperti umur bohlam lampu maupun besar-kecilnya ruangan yang tidak sama. Bagi mata manusia, mungkin tidak terasa. Tetapi bagi mata lensa, perbedaan warna lampu sedikit saja sangat sensitif dan mempengaruhi white balance.

Keempat, terkadang cahaya lampu diganggu juga dengan cahaya matahari yang masuk melewati kisi-kisi jendela. Alhasil terdapat percampuran warna cahaya kekuningan dari lampu dan warna putih dari sinar matahari.

Kelima, suasana museum yang ramai pengunjung membuat kesulitan saat ingin membuat gambar bersih dari adegan-adegan pengunjung yang ‘merusak frame’.

Keenam, luas ruangan di dalam museum tidak sama. Ada yang besar membentuk hall, namun ada yang kecil seperti bilik kamar ukuran 5×6 meter. Perbedaan besar kecil ruangan tersebut akan mempengaruhi penggunaan lensa. Apakah efektif menggunakan lensa lebar ataukah lensa normal.

Ketujuh, hampir bangunan museum di Eropa mempunyai desain eksterior yang unik. Sehingga siapapun yang ke museum tersebut akan memotret suasana dan detail luar museum juga.

 

Namun dibalik tantangan tersebut, maka aka nada solusinya. Berikut ini 5 Trik Memotret di Museum yang bisa anda praktekkan dengan mudah :

Lensa Ber-Diafragma Lebar

Siapkan lensa dengan diafragma lebar setidaknya hingga f/2,8. Kalau tidak memiliki, bisa pinjam temen atau sewa berbayar. Kalau diafragma terbesar hanya pada f/3,5 maka siap-siap membesarkan bilangan ISO hingga diatas 2.500.

Lensa Lebar Wajib

Siapkan lensa lebar untuk mengantisipasi ruangan sempit sekaligus ruangan sangat luas. Lensa lebar akan mampu menjangkau ruangan sempit karena daya jangkaunya yang luas, sehingga saat memotret tidak perlu mundur-mundur dan bentrok dengan dinding.

Lensa Normal

Siapkan lensa normal seperti 50mm. Lensa normal ini sangat diperlukan untuk memotret detail dan koleksi museum.

ISO dan Kondisi Ruang

Setting camera pada ISO yang sesuai dengan kondisi ruangan. Biasanya ISO diset diatas 2.000 untuk kondisi ruangan seperti ballroom di hotel-hotel.

Gunakan White Balance

Sebisa mungkin menggunakan WhiteBalance (WB) secara manual yakni Kelvin. Dalam derajat Kelvin, biasanya akan dimulai dengan angka paling kecil yakni 2.500 dan terbesar 12.000. Angka terkecil untuk menyiasati suhu warna yang dingin (biru), sementara paling besar untuk suhu warna terpanas (merah).

Di ruangan museum dengan AC yang di setel dingin dan cahaya lampu bohlam kekuningan, biasanya dapat diantisipasi dengan derajat Kelvin antara 3.000 hingga 4.500. Sementara di luar museum dengan matahari terik, derajat Kelvin bisa ditingkatkan hingga 6.000 atau 7.000 atau lebih tergantung intensitas caha matahari. Bila belum terbiasa, dapat dipergunakan WB auto.

Cara Hasilkan Gambar Panorama dengan Aplikasi Microsoft ICE

Bukan hal mudah untuk mendalami dunia fotografi. Banyak hal yang harus dipelajari dan butuh banyak sekali pengalaman yang cukup untuk menguasainya dan tentu saja tidak lupa sebuah usaha dan kerja keras yang tinggi. Mungkin dikarenakan inilah, banyak orang yang tertantang untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai fotografi ini. Maka dari itu, Kali ini kami akan membahas mengenai salah satu trik photografi. Trik yang akan di bahas kali ini yaitu mengenai panorama.

Panorama

Apa itu panorama ? Mungkin sudah banyak yang tau apa arti dari panorama itu sendiri. Dalam dunia fotografi ada yang namanya fotografi panorama. Nah, pengertian dari fotografi panorama itu sendiri apa ? Fotografi panorama adalah suatu cara menghasilkan gambar atau mengambil gambar secara bertahap sehingga nanti gambar yang dihasilkan adalah gambar dengan lebar yang melebihi batas pandangan lurus mata normal kita. Jika diukur menggunakan focal length, pandangan normal mata manusia adalah lebih kurang 50mm (lensa normal). Oleh karena itu, foto panorama ini biasanya berbentuk melintang atau melebar ke samping.

Gambar yang biasanya diambil untuk fotografi panorama ini adalah berupa gambar pemandangan dan gambar bangunan tinggi yang ada di kota-kota besar. Untuk mengambil gambar panorama ini sebenarnya ada beberapa aplikasi yang mendukung, contohnya saja seperti Panoramic Photo Stitcher, Adobe Photoshop dan ICE. Namun, menurut beberapa pendapat para ahli photography, aplikasi yang paling mudah digunakan untuk menghasilkan gambar panorama adalah Microsoft ICE. Oleh karena itu, kami disini akan membahasnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tentukan apa yang akan di shot, misalnya saja pemandangan atau pun gedung bertingkat.
  • Ambil (shot) dahulu sampai beberapa kali gambar yang ingin dijadikan panorama tersebut.
  • Download terlebih dahulu aplikasi Microsoft ICE pada link berikut http://research.microsoft.com/en-us/UM/redmond/groups/IVM/ICE/ .
  • Install aplikasi tersebut hingga selesai.
  • Setelah selesai install, buka aplikasi tersebut.
  • Drag beberapa foto yang telah di ambil (shot) tadi ke dalam aplikasi microsoft ICE.
  • Crop gambarnya sesuai keinginan. Jikalau tidak ingin repot, maka klik automatic crop dan software secara otomatis akan mengcrop gambarnya.
  • Kalau sudah selesai semua, edit lagi menggunakan aplikasi adobe photoshop untuk hasil yang maksimal.

3 Aplikasi Android Pengganti Tombol Home yang Rusak

Mengatasi masalah tombol home yang rusak tak semudah membalikkan telapak tangan, Anda sangat jelas membutuhkan teknisi berpengalaman untuk memperbaiki tombol Home smartphone Anda.

Namun apabila hal tersebut belum sempat Anda lakukan, sementara di sisi lain tuntutan pekerjaan membuat Anda sangat membutuhkan fungsi normal tombol home, maka cobalah 3 aplikasi Android pengganti tombol home Anda yang rusak.

Home Button

Aplikasi Android penggati tombol Home yang pertama adalah Home Button, sesuai namanya aplikasi ini menawarkan tombol alternatif dengan fungsi yang sama. Dengan aplikasi ini Anda tak perlu menekan tombol fisik home untuk kembali dari aplikasi atau game yang sedang berjalan.

aplikasi android pengganti tombol home

Setelah diinstal aplikasi akan menambahkan sebuah tombol di layar smartphone dengan posisi melayang di atas dan di seluruh jendela aplikasi. Seperti tombol home normal, Anda dapat kembali ke layar home dengan mentap tombol tambahan ini. Mudah kan?

My Home Button

Aplikasi pengganti tombol Home kedua adalah My Home Button, sesederhana namanya, aplikasi ini akan menempatkan bar permanent di bagian notifikasi sehingga Anda dapat kembali ke layar home sebagaimana saat Anda menggunakan tombol home sebelum rusak.

my home button

Tidak ada hal lain yang istimewa, namun aplikasi ini bisa jadi pilihan lain jika opsi pertama di atas tak cukup menarik.

Multi Action Home Button

Pilihan ketiga aplikasi pengganti tombol home adalah Multi Action Home Button, seperti kedua aplikasi di atas, aplikasi yang satu ini menghadirkan tombol home virtual namun memiliki cara kerja yang lebih menarik. Untuk kembali ke layar home, pengguna cukup mentap bagian tengah bawa layar untuk kemudian memunculkan tombol home dan tombol opsi lainnya.

ReplaceHomeButton-Multi-Action-Home-Button

Itu tadi 3 aplikasi Android pengganti tombol Home smartphone yang rusak, silahkan dicoba ya. Tapi jika Anda punya alternatif aplikasi yang lebih baik, tak ada salahnya untuk berbagi dengan pembaca Congkel lainnya.

Semoga Artikel ini berguna untuk Anda dan selamat mencoba…

Mengungkap Lebih Jauh Komponen iPad Air

Meski banyak dari kita yang mungkin sudah mengetahui mengenai spesifikasi dari iPad Air, namun belum banyak yang tahu mengenai apasaja yang bisa kita temukan saat kita membongkar tablet dari Apple ini. Apa yang akan kita lihat berikutnya adalah lebih dari sekedar beberapa detil informasi yang dapat kita lihat dari manual spesifikasi yang disertakan bersama perangkat tablet ini. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai komponen – komponen di dalam iPad Air yang membuatnya dianggap sebagai salah satu tablet terbaik.

iPad Air

Hal pertama yang akan kita temukan ketika kita mampu membedah tablet iPad Air ini adalah nomor identitas produk ini yang diketahui sebagai model A1475. Pada tablet model ini, kita akan menemukan beberapa spesifikasi secara kasat mata dengan deskripsi yang lebih spesifik. Misalnya posisi dual-mic yang diletakkan pada bagian pinggir atas.

Selain itu akan ada dua tombol berbeda yang dapat digunakan untuk mengatur volume iPad Air ini. Tablet ini juga dilengkapi dengan speaker stereo yang sebelumnya belum bisa kita temui pada sebuah tablet. Posisi speaker ini akan sejajar dengan posisi lightning connector.

Di bagian sumber daya, tablet iPad Air ini ini akan dilengkapi dengan baterai jenis 2-cell yang memiliki daya sebesar 3/73 V, 32.9 WHr. Pada bagian display sendiri, iPad air menggunakan display buatan LG. Untuk prosesor yang digunakan tablet Apple ini juga berbeda dari prosesor yang dipakai pada iPhone 5s.

Selanjutnya di dalam perangkat tablet ini kita juga dapat menemukan Elpida F8164A1MD 1GB LPDDR3 SDRAM. Lebih lanjut, chipset yand digunakan adalah Qualcomm M9616M LTE Prosesor dengan DRAM 1GB (128MB).  Di samping beberapa detil di atas, kita juga akan menemukan kamera 1,2MP dengan FaceTime 720p.

Dari detil komponen dan spesifkasi yang telah kita bahas sebelumnya, kita juga akan mendapatkan satu informasi yang dikutip dari iFixit bahwa tingkat kerumitan penggantian komponen untuk iPad Air ini ada pada tingkat 2 dimana nilai 10 adalah tingkat paling mudah untuk sebuah perangkat dapat dibongkar oleh siapapun. Hal ini meyakinkan kita bahwa, komponen pada iPad Air tidak dapat diubah oleh siapapun yang tidak berpengalaman.

Lebih Jauh Tentang Hp Samsung Touchscreen

Pabrikan Samsung kini tidak hanya merajai pasar elektronik rumah tangga saja. Anda pasti tahu kira-kira sepuluh tahun yang lalu Samsung banyak mengeluarkan produk-produk rumah tangga seperti mesin cuci, televisi, audio-video, vacuum cleaner, blender, dan segudang peralatan lainnya.

Namun semenjak era telepon selular marak terutama peralatan yang mobile, Samsung mulai melirik sektor pasar yang sangat manis. Akhirnya keluarlah telepon genggam pertama Samsung yang sangat diminati. Alhasil hingga kini tahun 2012 kerajaan elektronika Samsung asal Korea Ini berhasil menjual 93,8 juta unit telepon selular, belum lagi dengan gadget yang terbaru.

Kini Samsung juga menguasai enam jenis pasar elektronika yaitu di bidang telekomunikasi, peralatan rumah tangga digital, media digital, LCD/LED, semikonduktor, dan kendaraan bermotor. Yang paling menarik saat ini adalah peralatan media elektronik yang serba multifungsi dan smart, yang dilengkapi dengan interface touchscreen.

Tombol-tombol konvesional nampak nyaris tidak ada. Pengguna semakin mudah mengoperasikannya. Samsung juga tidak mau kalah dalam bidang ini, berbagai peralatan juga dikeluarkan oleh pabrikan Korea yang bertemakan touchscreen mulai dari mesin cuci, tablet, monitor, telepon selular.

Untuk telepon genggam Samsung mengeluarkan ponsel Samsung Champ yang paling murah untuk pasaran Negara berkembang. Ada kurang lebih 32 jenis ponsel Samsung yang tertanam teknologi touchscreen. Di antaranya Samsung Corby S3650 dengan kisaran harga dibawah 1 jutaan.

Model hp Samsung touchscreen lainnya adalah Samsung S5600, Tocco Lite 2, Galaxy S II White, Galaxy S II, Genio II, Tocco Icon, Galaxy Fit, Galaxy Mini, Galaxy Ace, Nexus S scLCD, Wave II, Galaxy Pro, B5722, Wave 723, Galaxy Gio, Wave 533, Wave525, Galaxy S, Omnia 7, Galaxy Apollo, Galaxy Europa, Wave, Monte, Omnia II, Galaxy Portal, Genio Touch, Libre, Jet Ultra Edition, DIVA, Tocco Lite, Beat DJ, Mobile Phone, I8910 HD, S3370

Kelebihan Touchscreen

Kelebihan handphone multifungsi dengan tombol navigasi touchscreen memang sangat menguntungkan, pengguna hanya menekan tombol di layar sesuai navigasinya secara atraktif. Secara umum pengertian layar sentuh yakni jemari tangan atau pensil (stylus) hanya menyentuhkan pada layar yang terdapat ikon untuk di tekan. Pada koordinat tertentu yang telah diprogram pada touchscreen tersebut, tetapi yang terbaru ada layar sentuh yang koordinatnya bisa disesuaikan terserah keinginan si pemilik gadget tersebut yang dikenal dengan interface touchwize versi lite.

Tak adil jika artikel kali tidak menjabarkan macam-macam touchscreen yang beredar di pasaran dan paling banyak digunakan pada gadget seperti telepon seluler dan tablet PC. Ada tiga jenis touchscreen yang ada yakni resistive touchscreen, capasitive touchscreen, dan surface acoustic wave system. Apa saja pengertian dari tiga jenis layar sentuh tersebut. Berikut penjelasannya.

Resistive Touchscreen

Resistive touchscreen terbentuk dari dua lapisan atas dan lapisan bawah yang saling terpisah dan hanya dibatasi beberapa bintik transparan sekaligus sebagai titik koordinat. Lapisan-lapisan ini akan berfungsi sebagai konduktor ketika bagian titik tertentu saling terhubung yang akan menghasilkan impulse listrik yang akan mengirim sinyal ke program pengolah data. Informasi sentuhan pada titik koordinat layar tadi diolah secara logika digital oleh controller yang mengaturnya.

Karena terlalu banyak bintik koordinat yang menghalangi layar akan terlihat kurang jernih dan buram memiliki tingkat kejernihan 75%. Sangat dianjurkan agar layar tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda lain ketika Anda masukkan ke dalam tas, saku baju, dan lainnya. Sarung ponsel juga diusahakan yang memiliki pelindung layar secara tertutup dan terbuka (flip case model)ketika dibutuhkan.

Teknologi touchscreen resistive ini sangat cocok untuk digunakan di area industri karena secara teknik bisa terlindungi langsung dari air, debu dan kotoran yang bisa masuk ke dalam sela-sela layar.

Capasitive Touchscreen

Secara prinsip hampir sama dengan teknologi resistive touchscreen, hanya bedanya di bahan konduktornya yang berbahan indium tinoxide dapat meneruskan arus listrik secara kontinyu lalu diteruskan ke sensor jika terjadi impulse tekanan.

Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke-empat titik sudut pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Keuntungannya Anda tidak perlu khawatir akan cepat rusak ketika meletakkan sembarang di kantong baju atau tas, tidak akan terpengaruh dengan gesekan karena sifat capasitive touchscreen ini hanya bekerja jika ada muatan listrik tubuh manusia, jadi seperti stylus, kuku maupun ujung pensil tidak akan berpengaruh sama sekali. Tingkat kejernihan layar ini 90%. Perangkat mobile yang menggunakan ini salah satunya Samsung Corby dan iPhone terbaru.

Surface acoustic wave system

Teknologi terbaru dan paling canggih saat ini, prinsip dasarnya tidak jauh berbeda dengan teknologi layar sentuh lainnya. Hanya saja teknologi ini menggunakan sinyal gelombang ultrasonik yang akan menangkap setiap pergerakan dengan sensor pada layarnya.

Terdapat dua modul tranducer pemancar dan penerima gelombang. Kedua pemancar ini terpasang secara vertikal dan horizontal ketika terdapat titik koordinat yang terhalang maka koordinat tersebut akan dibaca oleh receiver kemudian diterjemahkan sebagai pulsa digital dan diteruskan ke pengolah sinyal data koordinat tersebut.

Tingkat kejernihan layar sentuh ini hampir 100% karena tidak membutuhkan bahan pelapis khusus layaknya layar sentuh resistive touchscreen dan capasitive touchscreen. Bahan permukaan juga akan lebih kuat dan tahan lama dari air, sentuhan, dan debu. Namun perlu diingat permukaan harus bersih dari debu jika tidak ingin mengakibatkan rusaknya sinyal tranducer tersebut.

Kelemahan Touchscreen

Setiap teknologi pasti memiliki kelemahan dan kekurangan. Setiap orang yang memakainya boleh saja memilih mana saja teknologi yang disukai. Namun, kelemahan ini bersifat teknis saja misalkan seorang penulis pasti akan kerepotan mengetik secara cepat jika sudah terbiasa menulis di atas keyboard. Karena sifat-sifat alami toucscreen seperti di atas, jari tangan yang terbiasa menekan di atas keyboard akan terasa aneh ketika mengetik di atas virtual keyboard layar sentuh. Tetap saja gadget seperti handphone maupun tablet touchscreen disarankan untuk menggunakan keyboard eksternal untuk memudahkan Anda menulis jurnal atau artikel. [TR]

Cara Menemukan dan Menghapus Data Duplicate Pada Ms. Excel

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, aplikasi perkantoran saat ini sudah menjadi bagian terpenting dalam dunia kerja. Aplikasi perkantoran dapat membuat pekerjaan kita di kantor jadi lebih mudah tentunya. Tidak hanya di kantor, mungkin para pengusaha atau pun pedagang juga banyak yang menggunakan aplikasi perkantoran untuk mengolah data pekerjaan mereka. Sehingga data yang biasanya dalam jumlah besar dapat di olah sedemikian rupa yang pada akhirnya dapat bermanfaat untuk pribadi mereka sendiri. Selain itu, pada dasarnya aplikasi perkantoran seperti excel dapat sangat membantu apabila kita mengolah data yang jumlahnya sangat besar. Dimana apabila manusia yang mengolah nya, akan terasa sangat lelah ataupun membuat kita jenuh mengerjekannya.

Excel

Nah, apabila dalam mengolah data yang akan dilakukan berbagai macam operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, selisih, atau total dan sebagainya, sebaiknya menggunakan aplikasi perkantoran seperti Ms. Excel. Karena aplikasi perkantoran besutan microsoft ini sudah memiliki fitur yang sangat lengkap dalam mengolah data dan tentunya memiliki tampilan yang user friendly atau pun mudah untuk digunakan.

Namun, pastinya jika anda sudah bekerja pada jumlah data yang sangat banyak akan menemukan berbagai macam kesalahan atau pun kemungkinan error. Hal ini biasa terjadi dikarenakan jumlah datanya yang sudah sangat besar atau banyak. Dan untuk meminimalisir terjadi nya kesalahan atau pun duplicate data pada Ms. Excel ini, ada sedikit cara yang dapat dilakukan. Cara ini memanfaatkan fitur bawaan yang tersedia di Ms. Excel itu sendiri. Hal itulah yang akan kami bahas pada artikel kami kali ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka dan block seluruh cell data excel anda.
  • Kemudian masuk pada ribbon menu dengan cara Home – Conditonal Formatting – Hightligt Cell Rules – Duplicate Values.
  • Sehingga akan muncul jendela Duplicate Values di mana anda dapat memilih warna highlight yang anda inginkan.
  • Pada saat bersamaan anda akan dapat melihat warna pada cell data yang sama. Klik tombol OK untuk melakukan modifikasi pada data tersebut.
  • Terakhir, untuk menghilangkan warna pada cell tersebut cukup dengan cara klik Conditonal Formatting – Clear Rules – Clear Rules from Entire Sheet.

Cara Mengubah Foto Menjadi Kartun

Salah satu hal yang dapat kita lakukan dengan mudah saat ini adalah memanipulasi foto atau pun gambar yang telah kita ambil melalui media pengambil foto atau pun gambar. Biasanya gambar atau pun foto ini juga bisa dilukis oleh seorang ahli atau yang biasa disebut dengan pelukis. Mungkin anda pernah merasa kagum dengan pelukis-pelukis profesional di luar sana yang dapat melukis sesuatu dengan sangat bagus dan indah dan dapat selesai dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan akan terbesit di benak anda aku juga berkeinginan untuk dapat bisa melukis seperti pelukis tersebut. Namun apa daya, bakat melukis tidak ada pada diri anda. Continue Reading

Cara Membuat Efek Cahaya dengan Photoshop

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi photoshop ? aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi design yang sangat terkenal karena sangat powerfull dan berguna dalam hal design men-design. Segala jenis design dapat dibuat menggunakan adobe photoshop. Dari design sederhana sampai design yang sangat kompleks sekalipun. Oleh karena itulah mengapa aplikasi ini sangat banyak disenangi dan digunakan oleh orang banyak. Mungkin yang paling banyak menggunakan nya adalah para fotografer yang akan memberikan sedikit sentuhan agar foto hasil jepretan nya terlihat jauh lebih keren, elegan dan menarik. Walaupun begitu, tidak hanya fotografer saja, banyak juga masyarakat biasa yang menggunakan aplikasi ini.

photoshop

Nah, seperti yang telah dikatakan di atas tadi, banyak sekali fotografer yang menggunakan aplikasi photoshop ini untuk mengolah foto hasil jepretannya agar terlihat lebih keren. Maka dari itu, kali ini congkel akan membahas mengenai salah satu cara membuat foto hasil jepretan menjadi lebih keren dan menawan. Namun tidak semua foto yang akan dibahas kali ini. Hanya foto yang memiliki suasana di malam hari saja. Karena kali ini congkel akan membagi cara membuat efek cahaya gemerlap yang cemerlang pada foto malam hari dengan aplikasi photoshop.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka foto tersebut dengan cara menekan tombol Ctrl + O pada keyboard anda.
  • Duplikasikan Layer foto tersebut dengan cara tekan tombol Ctrl + J pada keyboard.
  • Kemudian tekan tombol L untuk meng-aktifkan menu Levels.
  • Tarik Slider tengah ke arah sudut kanan dan klik OK (bagian ini akan membuat gambar menjadi semakin gelap).
  • Duplikasikan kembali Layer 1 dengan menekan tombol Ctrl + J pada Keyboard.
  • Ubah Blending Modenya dari normal menjadi SCREEN.
  • Kemudian pilih Menu Filter > Blur > Motion Blur, pada pengaturan Motion Blur tentukan Angle sebesar 45 derajat dan Distance sebesar 500, klik tombol OK.
  • Selanjutnya tekan Ctrl + F untuk mengulang efek Blur dan Tekan Shortcut SHIFT + CTRL + L untuk meng-aktifkan Auto Levels.
  • Pilih Layer 1 dan tekan tombol Ctrl + J pada Keyboard, sehingga tercipta lagi 1 layer baru bernama Layer 1 Copy 2.
  • Ubah Blending Modenya dari normal menjadi Screen. Pilih menu Filter > Blur > Motion Blur.
  • Buat Anglenya sebesar -45 derajat, Distance sebesar 500, klik tombol OK.
  • Tekan tombol Ctrl + F pada keyboard, di lanjutkan dengan menekan tombol Shift + Ctrl + L untuk meng-aktifkan Auto Levels.
  • Kemudian, pilih Layer teratas dan tekan tombol Ctrl + E untuk menggabungkan Layer. Klik Icon mata pada Layer 1 untuk menyembunyikan Layer tersebut.
  • Tekan Ctrl + L untuk meng-aktifkan jendela Levels, tarik kembali slider tengah ke arah kanan, hingga input levels bernilai 0, 0.50, dan 255.
  • Terakhir, klik tombol OK.