Dianggap Gagal, Panasonic Akan Keluar dari Industri TV Plasma Maret Tahun Depan?

Sebelumnya, pada awal tahun 2013 ini, sudah ada rumor yang mengatakan bahwa Panasonic akan keluar dari persaingan pasar di sektor TV plasma. Rumor ini sendiri sebenarnya sudah secara eksplisit dikonfirmasi oleh perusahaan asal Jepang tersebut, dengan mengumumkan bahwa seri plasma TV ZT60 mereka akan menjadi produk terakhir di sektor ini.

Plasma_TV_VIERA_Panasonic_TX-P50C3B_WebA1001001A11J14B25503B57844

Konfirmasi yang lebih resmi dirilis oleh Panasonic dengan menyatakan bahwa pada bulan Maret 2014 mendatang, perusahaan ini tidak akan lagi ikut andil di bisnis plasma TV. Panasonic menjadi salah satu pionir TV berjenis plasma satu ini. Dengan keluarnya Panasonic, semakin sedikit produsen yang setia merilis TV plasma.

Keputusan Panasonic untuk keluar dari pasar plasma TV dianggap tepat, dimana minat para konsumen terhadap produk ini semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dengan rate drop hingga 21% di 2012, banyak konsumen yang memilih LCD TV ketimbang jenis plasma. Walaupun terdapat penurunan minat terhadap LCD TV, rate sebesar 1% tidaklah signifikan. LCD TV sepertinya berpotensi menggeser keberadaan plasma TV di pasaran global.

Tidak hanya karena faktor minat konsumen terhadap produk saja, seperti yang kita ketahui, Panasonic sendiri saat ini sedang dalam krisis. Kehilangan trilyunan dollar membuat perusahaan ini harus melepas sekitar 10.000 pekerjanya untuk mengurangi kerugian.

Dengan keluar di salah satu sektor televisi ini, sepertinya Panasonic akan lebih focus ke pengembangan teknologi dan produk yang lebih mengikuti perkembangan jaman. Setidaknya itulah yang diharapkan para pengguna Panasonic. Walaupun sudah banyak rumor mengenai hal ini beredar, keputusan penarikan diri pada bulan Maret tahun depan ternyata sedikit lebih awal dari yang diprediksi pakar dan analis di dunia teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*