Divisi R&D Apple Habiskan $1.4 miliar Untuk Investasi Riset Produk Baru

Didorong oleh keingingan untuk terus berada di depan, Apple tak berhenti melakukan investasi di bidang riset dan pengembangan untuk produk-produk baru. Setidaknya per kuartal kedua tahun 2014 dalam laporan fiskal Apple setidaknya divisi R&D sudah menghabiskan uang sebanyak $1.42 miliar termasuk pengeluaran pada bulan Maret.

Angka tersebut sangat mungkin untuk terus naik pasca sejumlah riset yang dilakukan oleh Apple masih akan terus berlanjut hingga waktu yang tidak ditentukan.

Jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2013, angka tersebut naik sebesar $303 juta namun diikuti dengan penjualan bersih sebesar 3.1% dari sebelumnya hanya 2.6% di bulan Maret 2013.

Dari keseluruhan dana yang digelontorkan oleh Apple untuk divisi R&D terdapat peningkatan $90 juta atau jika dihitung secara total selama 5 tahun Apple telah menggelontorkan uang sebesar $2.68 miliar untuk mendanai divisi R&D.

Dalam laporannya Apple menekankan bahwa uang yang dihabiskan dipergunakan untuk investasi yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan produk baru.

Hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa biaya operasional Apple diperkirakan berada di angka $4.4 miliar, lebih tinggi dari biaya operasional pada bulan Maret yang hanya sebesar $4.35 miliar.

Tim Cook sendiri juga mengatakan bahwa investasi di bidang riset dan pengembangan merupakan kunci alasan mengapa Apple membutuhkan dana tunai di tangan. Per kuartal terakhir Apple mempunyai $150.6 miliar dalam bentuk tunai dan juga sekuritas yang dapat dipasarkan, 88% di antaranya ada di luar negeri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*