Optimalkan Kamera DSLR Untuk Hasil Yang Memuaskan

Kamera DSLR ( Digital Single Lens Reflex ) saat ini bukan lagi barang mewah yang hanya digunakan oleh photografer profesional saja. Dengan pilihan model dan harga kamera DSLR yang begitu beragam sudah barang tentu membuat seorang untuk membeli DSLR sesuai kebutuhannya untuk kerja, hobby atau pun untuk kebutuhan pribadi. Mungkin sebahagian pengguna awam yang menggunakan kamera DSLR merasa minder dan iri dengan para photografer profesional karena hasil gambar yang di hasilkan oleh photografer pro lebih memuaskan di bandingkan dengan hasil jepretan permula atau pengguna awan padahal sama-sama menggunakan kamera DSLR, hal ini wajar-wajar saja karena photografer pro sudah pasti memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih di bandingkan mereka yang pemula. oleh karena ini tidak salahnya kita untuk meningkatkan kemampuan kita di bidang photografi walau kita belum di sebut seorang photografer profesional namun kita juga dapat menghasilkan karya gambar yang tidak kalah bagusnya. berikut congkel.com akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan kamera DSLR anda untuk dapat menghasilkan karya photografi yang memukau.

Optimalkan Kamera DSLR Untuk Hasil Yang Memuaskan

1. Pemilihan Format Gambar

Format gambar sangat menentukan hasil jepretan anda karena ukuran dan format adalah rajanya dalam dunia photografer makin tinggi resolusi gambar makin bagus sebuah foto. Pada kamera DSLR saat ini terdapat dua pilihan format gambar yaitu RAW dan JPEG. File RAW adalah hasil gambar  yang benar-benar murni dari hasil olahan sensor kamera DSLR tanpa ada perngurangan pilex sedikitpun. Jangan khawatir untuk soal aplikasi pengolah file RAW karena saat ini banyak sofware pengolah foto yang sudah mengdukung format RAW.

Berikutnya adalah format JPEG ini adalah format gambar yang telah di olah oleh kamera sesuai dengan pengaturan yang telah  anda setting sebelumnya.Sebenarnya tidak dilarang menggunakan format JPEG pada kamera DSLR anda selama anda dapat mensiasatinya yaitu dengan mendapat eksposure dan white balance yang tepat.

Sebahagian besar kamera DSLR saat ini sudah dapat menyimpan file dalam dua format sekaligus RAW+JPEG hal ini dapat memberi banyak pilihan bagi fotografer pemula, namun penggunaan dua format ini akan membutuhkan ruang penyimpanan yang extra hal ini sudah tidak menjadi kendala untuk saat ini karena memori saat ini hadir dalam ukuran yang lumayan besar dengan harga yang terjangkau.

2. Gunakan Autofocus

Biasanya Photografer akan menggunakan fokus manual untuk memotret objek jenis lanskap dan portrait. Namun kita akan mendapat kesuliatan saat memotret objek yang bergerak misal binatang yang sedang bergerak atau bunga  yang di goyangkan oleh angin karena selain tidak mudah mendapatkan fokus saat memutar lensa akan mendapat goncangan saat tidak menggunakan tripot dalam hal ini ada baiknya untuk menggunakan autofocus yang terdapat pada kamera DSLR.

Pada umumnya kamera DSLR saat ini memiliki tiga pilihan mode untuk autofocus;

  • Gunakan mode Continuous servo focus, ini sangat cocok untuk memotret objek  yang bergerak karena dengan mode ini kamera akan fokus pada objek yang bergerak dan akan mengikuti terus pergerakannya hingga objek berada pada focus yang sempurna.
  • Gunakan Dynamic focus mode ini akan memberikan lebih banyak titik fokus pada kamera anda mode ini sangat bervariasi pada setiap kamera DSLR namun pada umumnya digunakan pola 9-point group pattern untuk pemotretan objek yang memiliki gerak satu arah misalnya objek mobil melaju. Namun berbeda halnya bila objek yang bergerak sembarang atau tidak dapat di prediksi anda dapat memilih pola kelompok yang lebih besar.
  • Mengatur frame rate (jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak; diwujudkan dalam satuan fps (frames per second). semakin tinggi satuan angka fpsnya semakin halus gambar bergeraknya frame rate pada kamera DSLR berbeda-beda ada yang 5fps, 3.9fps atau 6.3fps untuk mendapatkan hasil yang memuaskan anda dapat berexperimen dengan ukuran frame rate ini.

3. Gunakan Image Stabilization

Lensa dan Sensor Kamera DSLR saat ini sudah memiliki teknologi Image Stabilization fitur ini dapat memberi hasil gambar  yang halus dan tajam walau berada pada lokasi yang memilik cahaya minim dengan kecepatan 1/15 detik pada ISO 6400 akan mendapatkan gambar yang tajam walau terdapat goncangan dari tangan  saat memegang kamera sebenarnya adalah untuk meredam goncangan pada kamera saat menggunakanya yang berpengaruh pada hasil gambar nantinya. Namun bila anda memiliki tripot mode ini sebaiknya di matikan saja dan beberapa merek DSLR bahkan menyarankan untuk mematikan mode Image Stabilization saat menggunakan tripot.

4. Sensor Cleaning

Sensor Cleaning perlu dilakukan pada kamera DSLR karena akan banyak debu yang hinggap di sensor DSLR banyak kamera DSLR saat ini sudah memiliki teknologi Sensor Cleaning dimana kamera akan membersihkan sensor secara otomatis layaknya seperti printer membersihkan head pada cartridge. Namun ada kalanya anda perlu membersihkan sensor secara manual perlu di ingat sensor kamera sangat sensitif berhati-hatilah dalam membersikannya dan gunakan perlalatan khusus membersikan sensor.

5.Gunakan Depth-Of-Field Preview

Kedalaman ruang atau Depth of Field (DOF) adalah  rentang atau variasi jarak antara kamera DSLE terhadap subyek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman (fokus) foto yang masih dapat diterima (tidak blur), artinya Depth of Field dipakai untuk menunjukkan ruangan tertentu di dalam foto yang mendapatkan perhatian khusus oleh mata karena adanya perbedaan ketajaman (fokus). Tombol DOF Preview adalah alat bantu yg memungkinkan kita melihat approximation(perkiraan hasil) foto yang akan terekam oleh kamera DSLR . Sehingga kita hanya bisa melihat perkiraan saja mengingat pandangan pada viewfinder akan bertambah gelap seiring dengan mengecilnya diafragma lensa. Memang agak susah menilai yang mana objeknya yang fokus/tajam dan mana yang tidak.

6. Gunakan Noise Reduction

Apabila anda menggunakan format RAW dalam mengambil gambar untuk optimasi pada postprocessing. seperti sharpeningcolor saturation dan juga contrast serta variable lain dalam Photoshop atau aplikasi pengolah gambar lainya. Namun ada satu pengaturan yang dapat dilakukan di dalam kamera yaitu pengaturan untuk mengurangi noise yaitu noise reduction.
Saat pengambilan gambar senja hari dan memotret bintang, situasi ini adalah minim cahaya dan memerlukan bukaan lensa dari satu detik hingga lebih dari satu jam. Exposure yang lama akan mengakibatkan noise yang berlebihan. Karena sensor digital memanas sehingga mengakibatkan gambar yang diperoleh akan menghasilkan noise yang cukup mengganggu.
Namun saat ini banyak DSLR yang sudah memiliki memiliki fasilitas noise reduction. Pengurangan dark frame adalah cara untuk meminimalkan noise gambar untuk foto yang diambil dengan waktu pemaparan yang panjang (long exposure). Ia mengambil keuntungan dari fakta bahwa komponen noise, yang dikenal sebagaifixed-pattern noise, adalah sama dari satu gambar ke gambar yang lain: yaitu noise yang berasal dari sensor (dead or hot pixels).  Ia bekerja dengan mengambil gambar pada saat rana tertutup. Kamera kemudian menggunakan cara ini untuk mengidentifikasi pixel panas atau noise dan kemudian menghilangkannya. Bila anda telah lama menggunakan kamera DSLR anda ada baiknya untuk mengistirahatkannya  setelah itu baru digunakan kembali untuk mendapatkan hasil yang bersih.

7. Berexperimen dengan White Balance

Kalibrasi titik berwarna putih atau white balance adalah bagian suhu warna / color temperature,dimana warna yang dianggap putih dapat bervariasi tergantung pada kondisi pencahayaan. Konsep “warna putih” menjadi bukan sesuatu yang absolut. Dengan kamera saat ini anda dapat melakukan settingan white balance sesuai selera anda dapat melakukannya secara manual ataupun menggunakan mode  automatic white balance dimana kamera akan mengaturnya secara otomatis ada dapat berexperimen dengan white balance sehingga mendapatkan gambar yang memuaskan.

Demikian cara optimalkan kamera DSLR untuk hasil yang memuaskan perlu di ingat berexperimenlah dengan kamera anda dan masih banyak hal atau pengaturan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas karya photografi anda, semoga bermanfaat.

Cara Hasilkan Gambar Panorama dengan Aplikasi Microsoft ICE

Bukan hal mudah untuk mendalami dunia fotografi. Banyak hal yang harus dipelajari dan butuh banyak sekali pengalaman yang cukup untuk menguasainya dan tentu saja tidak lupa sebuah usaha dan kerja keras yang tinggi. Mungkin dikarenakan inilah, banyak orang yang tertantang untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai fotografi ini. Maka dari itu, Kali ini kami akan membahas mengenai salah satu trik photografi. Trik yang akan di bahas kali ini yaitu mengenai panorama.

Panorama

Apa itu panorama ? Mungkin sudah banyak yang tau apa arti dari panorama itu sendiri. Dalam dunia fotografi ada yang namanya fotografi panorama. Nah, pengertian dari fotografi panorama itu sendiri apa ? Fotografi panorama adalah suatu cara menghasilkan gambar atau mengambil gambar secara bertahap sehingga nanti gambar yang dihasilkan adalah gambar dengan lebar yang melebihi batas pandangan lurus mata normal kita. Jika diukur menggunakan focal length, pandangan normal mata manusia adalah lebih kurang 50mm (lensa normal). Oleh karena itu, foto panorama ini biasanya berbentuk melintang atau melebar ke samping.

Gambar yang biasanya diambil untuk fotografi panorama ini adalah berupa gambar pemandangan dan gambar bangunan tinggi yang ada di kota-kota besar. Untuk mengambil gambar panorama ini sebenarnya ada beberapa aplikasi yang mendukung, contohnya saja seperti Panoramic Photo Stitcher, Adobe Photoshop dan ICE. Namun, menurut beberapa pendapat para ahli photography, aplikasi yang paling mudah digunakan untuk menghasilkan gambar panorama adalah Microsoft ICE. Oleh karena itu, kami disini akan membahasnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tentukan apa yang akan di shot, misalnya saja pemandangan atau pun gedung bertingkat.
  • Ambil (shot) dahulu sampai beberapa kali gambar yang ingin dijadikan panorama tersebut.
  • Download terlebih dahulu aplikasi Microsoft ICE pada link berikut http://research.microsoft.com/en-us/UM/redmond/groups/IVM/ICE/ .
  • Install aplikasi tersebut hingga selesai.
  • Setelah selesai install, buka aplikasi tersebut.
  • Drag beberapa foto yang telah di ambil (shot) tadi ke dalam aplikasi microsoft ICE.
  • Crop gambarnya sesuai keinginan. Jikalau tidak ingin repot, maka klik automatic crop dan software secara otomatis akan mengcrop gambarnya.
  • Kalau sudah selesai semua, edit lagi menggunakan aplikasi adobe photoshop untuk hasil yang maksimal.

Trik Menyembunyikan Gambar Pada Gallery Ponsel Android

Secara pribadi, pasti anda menginginkan ponsel anda aman dari jangkauan tangan-tangan jahil teman-teman anda. Atau dengan kata lain, anda tidak ingin apapun yang ada di ponsel anda di utak atik oleh teman anda. Lebih tepat nya isi ponsel tersebut merupakan privasi bagi diri anda sendiri. Dan untuk menjaga privasi tersebut agar tidak di utak-atik oleh orang lain, maka anda harus melakukan berbagai macam cara atau pun solusi untuk mencegah tangan-tangan jahil itu. Salah satu caranya bisa dengan memberikan ponsel anda password pada saat dihidupkan layarnya. Jikalau tidak dengan cara demikian, ya anda harus lihat-lihat dulu bagaimana sifat teman anda yang ingin pinjam ponsel anda, apakah orang nya termasuk orang yang jahil tau tidak.

gal

Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi sedikit tips yang kami rasa sangat bermanfaat untuk menjaga privasi ponsel anda tersebut. Dan trik yang akan kami bahas adalah berhubungan dengan gallery gambar pada ponsel android. Trik tersebut adalah tentang bagaimana caranya menyembunyikan gambar yang ada pada gallery ponsel anda. Mungkin saja anda anggap gambar tersebut merupakan privasi anda, dan harus disembunyikan agar terhindar dari tangan-tangan jahil teman anda. Dan anda tidak perlu takut mencoba trik ini. Karena trik ini hanya akan menyembunyikan gambar pada gallery anda saja, tidak menghapus atau pun menghilangkan secara permanen gambar tersebut.

Baiklah, langsung saja kita lihat langkah-langkah berikut.

  • Pertama, download dahulu dan instal aplikasi nya pada link ini http://www.4shared.com/file/6HtH4s2K/Gallery_Lock_Pro__16_.html dan ini http://www.mediafire.com/?tra69t2z9ncgx5b .
  • Kemudian, buka aplikasi gallery yang ada di ponsel anda.
  • Tekan menu dan centang folder gambar yg ingin anda disembunyikan (hidden).
  • Selanjutnya, tekan Share dan pilih Gallery Lock Pro.
  • Pilih saja sembarang folder yang ada.
  • kemudian klik button OK dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Terakhir, folder gambar yang telah dicentang tadi akan tersembunyi (hidden) dan tidak dapat di lihat.
  • Cat: Jika anda ingin membuka kembali folder gambar tersebut, maka cukup buka kembali aplikasi gallery Lock pro dan hilangkan tanda centang yang ada.

Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi anda yang ingin menyembunyikan gaambar privasi anda yang ada pada gallery.

Tips Mudah Membuat Gambar Menjadi Puzzle dengan Adobe Photoshop

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang yang ada hubungan nya dengan permainan zaman dahulu. Dan permainan itu biasa disebut dengan puzzle. Apa itu puzzle ? Mungkin teman-teman semua juga sudah pada tahu apa itu puzzle. Yap, puzzle adalah sebuah permainan menyusun potongan-potongan kecil gambar sampai nanti nya setelah semua potongan tersusun dengan baik, akan terlihat sebuah gambar utuh dari potongan puzzle tersebut. Mungkin permainan itu masih sering dimainkan di pelosok-pelosok desa sana, namun sepertinya kalau di daerah perkotaan sudah sangat jarang sekali ditemukan orang bermain game puzzle ini. Mungkin dikarenakan anak kota banyak yang lebih senang bermain game online daripada hanya puzzle.

xen2-09puzzle2

Nah, namun kali ini kita tidak akan membahas panjang lebar mengenai permainan puzzle ini. Mungkin akan kita bahas di lain waktu barangkali ya ? Hehe. Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai bagaimana caranya menyulap sebuah gambar atau pun foto menjadi sebuah gambar yang seolah-olah berbentuk potongan-potongan kecil layaknya permainan puzzle. Dan hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan sebuah software. Software tersebut adalah adobe photoshop.

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti untuk mendapatkan gambar seperti puzzle.

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi adobe photoshop anda.
  • Buka file gambarnya dengan cara memilih menu File dan Open. Browse gambar yang ingin dijadikan puzzle.
  • Kemudian tekan Ctrl + J untuk menduplikasi layernya.
  • Buat sebuah layer baru dengan mengklik icon Create a new layer dan ubah nama layer baru tersebut menjadi Back. Letakkan di antara layer 1 dan layer Backgroundnya.
  • Pilih menu Edit -> Fill, tentukan Use dengan Black, Mode dengan Normal, dan Opacity sebesar 100%.
  • Kemudian klik layer 1, pilih menu Filter -> Texture -> Texturizer dan klik pada icon panah dan pilih Load Texture.
  • Browse tekstur bernama Puzzle.psd yang secara bawaan terdapat pada folder instalasi Photoshop. Lebih tepat nya pada sub-folder Presets/Textures.
  • Selanjutnya tentukan Scaling sebesar 150% atau sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Kemudian atur Relief sebesar 7, dan tentukan light dengan Top Right.
  • Klik OK untuk melanjutkan.
  • Terakhir, setelah gambar yang anda pilih tadi berubah menjadi puzzle, beri nama kanvas tersebut dan simpanlah dalam format .jpeg .

Cara Menambahkan Gambar Pada Facebook Notes

Pada jejaring sosial facebook pastinya orang bisa melakukan banyak hal. Bisa saja melakukan update status, memberikan komentar pada status atau pun foto teman, bermain game, upload foto, berbagi informasi melalui group, dan masih banyak lagi lainnya. Segala hal tersebut tentunya dapat dilakukan dengan mudah jika anda memang sudah sering bermain atau pun menjelajahi facebook dalam waktu yang sudah lumayan lama. Namun, jika anda masih baru menggunakan facebook, mungkin anda akan sedikit mengalami kebingungan dalam melakukan semua itu. Dan itu biasa terjadi, namanya juga masih baru kan. Saya juga dulunya bingung bagaimana cara menggunakan facebook itu pada awal-awal. Loh, kenapa saya jadi curhat ya ? Hehe.

Facebook Notes

Bagi anda yang sudah sering menggunakan facebook mungkin sudah sangat familiar dengan segala hal yang dapat dilakukan pada jejaring sosial facebook. Namun, ada satu hal yang masih sedikit kurang familiar pada para pengguna facebook. Dan fitur ini juga masih sangat jarang digunakan oleh para pecinta facebook. Apakah fitur tersebut ? Fitur tersebut adalah menambahkan gambar pada bagian notes anda. Hal ini memang masih sangat jarang sekali. Karena biasanya jika seseorang membuat notes di facebook, pasti isinya hanya berupa catatan saja tanpa ada gambar yang menyertainya. Nah, hal itulah yang akan kami bahas kali ini pada artikel berikut. Bagaimana caranya menambahkan gambar pada facebook notes.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, login ke account facebook anda.
  • Kemudian lanjutkan dengan membuka notes dari facebook pada link berikut http://www.facebook.com/notes/ .
  • Klik Write a Note.
  • Ketiklah catatan anda sampai selesai.
  • Selanjutnya, arahkan mouse ke bawah dan kemudian klik Add Photos.
  • Masukkan gambar yang anda inginkan dan pilih posisi penempatan gambarnya.
  • Isi keterangan dari gambar tersebut pada bagian Caption.
  • Klik tombol Preview pada bagian bawah.
  • Terakhir, jika posisi gambar sudah sesuai dengan yang anda inginkan, klik tombol Publish.
  • Jangan lupa juga tag teman-teman anda di facebook apabila anda ingin catatan anda juga dibaca oleh teman-teman yang anda inginkan.

Cara Merubah Icon Gambar User Account Windows

Pengguna windows saat ini sudah sangat mencapai angka triliunan mungkin. Hal ini sudah pasti dikarenakan sistem operasi ini masih menjadi sistem operasi ternyaman yang digunakan oleh orang pada umumnya. Dengan tampilan dan design yang keren membuat sistem operasi ini menjadi lebih user friendly alias mudah dan nyaman untuk digunakan baik oleh ahli IT atau pun masyarakat awam biasa. Dengan menggunakan sistem operasi ini segala hal dapat dilakukan. Dari membuat dokumen perkantoran, bermain game, atau pun hanya sekedar menggunakan berbagai macam aplikasi yang dapat membantu pekerjaan kita dalam kehidupan sehari-hari. Dan mungkin hal itulah yang membuat sistem operasi windows masih merajai pasar penjualan sistem operasi hingga saat ini. Walaupun pada kenyataan nya kita melihat banyak yang menggunakan sistem operasi windows yang tidak original.

about-windows-user-accounts

Nah, banyak sekali tips yang dapat dibagi mengenai sistem operasi yang satu ini. Dari tips yang sudah untuk orang yang sangat expert alias ahli atau pun profesional, sampai tips kepada seorang pemula yang baru-baru saja berkenalan alias menggunakan sistem operasi ini. Kali ini kami akan membahas sebuah tips yang mungkin bisa ditujukan kepada seorang pemula yang baru saja menggunakan sistem operasi windows. Tips tersebut adalah berhubungan dengan gambar user account pada windows. Lebih tepatnya tips pada artikel kali ini adalah mengenai bagaimana caranya merubah icon gambar user account pada windows.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, klik tombol Start.
  • Klik icon gambar dari user account anda.
  • Pilih gambar yang sesuai dengan keinginan anda.
  • Jika ingin mengunakan gambar lain seperti foto pribadi, silahkan klik Browse for more pictures.
  • Cari dimana gambar yang ingin anda masukkan, pilih dan klik tombol Open.
  • Terakhir, tutup jendela tersebut.

Anda juga dapat menggunakan cara lain seperti berikut.

  • Pertama-tama, buka Control Panel windows.
  • Klik dua kali pada bagian User Account.
  • Pilih nama account yang ingin anda rubah dan klik account tersebut.
  • Terakhir, klik Change Picture dan lanjutkan sesuai dengan cara yang sebelumnya.

Tips dan Trik Fotografi Menggunakan Aplikasi Smartphone

Fotografi kini telah menjelma menjadi gaya hidup. Tidak lagi hanya di kalangan profesi fotografer, tetapi mereka-mereka yang hanya sekadar hobi memotret. Mewabahanya fenomenan ini karena kini banyak hadir gadget-gadget canggih yang punya fasilitas foto.

Kamera kini terintegrasi dengan smartphone ataupun tablet sehingga bagi sebagian orang yang memiliki perangkat tersebut akan disayangkan jika tidak memanfaatkan fitur fotografi di perangkatnya. Nah, kali ini akan dibahas tips dan trik fotografi bagi Anda yang ingin hasil jepretannya terlihat seperti hasil seorang profesional.

Tips dan Trik Fotografi

Ada begitu banyak aplikasi yang mendukung fasilitas foto. Aplikasi-aplikasi tersebut umum hadir di perangkat smartphone dan tablet. Ada aplikasi instagram yang populer dalam menghasilkan gambar yang begitu atraktif. Ada pula aplikasi yang memiliki integrasi grafis dan info seperti instaweather dan instaplace.

Instaweather sesuasi namanya adalah aplikasi yang memungkin kan penggunaa memasang informasi cuaca sedangkan instaplace yaitu aplikasi agar pengguna dapat menambahkan keterangan lokasi di atas foto. Sebelum pada pembahasan penggunaan aplikasi grafis, tips dan trik fotografi akan dimulai dari langkah mengambil gambar (foto)

Langkah pertama tentu adalah mendapatkan foto yang menarik. Foto tidak hanya sekadar memotret tetapi terdapat seni didalamnya. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berbicara mengenai bagaimana mengambil gambar yang baik. Secara teori hal ini sangat mudah tetapi secara praktik perlu kesabaran jika foto yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Pertama perhatikan cahaya serta komposisi yang pas. Teruslah memotret dengan memperhatikan arah cahaya. Cahaya akan sangat menentukan jelas tidaknya suatau gambar. Terus memotret buang yang dirasa kurang baik komposisi cahayanya.

Harus diperhatikan pula angle kamera. Hal ini juga merupakan tips dan trik fotografi Memotretlah dari berbagai posisi. Ubah sudut pandang umum (tidak mainstream) agar tidak terkesan biasa. Misalnya mengambil gambar sebuah pohon tidak dari smaping tapi dari bawah. Ambil beberapa gambar yang dirasa snagat baik dalam sangat baik sudut pandang, pencahayaan ataupun objek yang dipotret.

Mengambil foto yang baik akan membuat kualitas foto tetap terjaga. Langkah pertama tersebut tentu harus diperhatikan sebelum pada tips dan trik fotografi pada langkah selanjutnya. Hal ini perlu jadi fokus karena gambar yang bagus merupakan awal yang bagus sebelum diberi tambahan unsur grafis.

Lanjut pada tips dan trik fotografi pada tahap kedua. Pada tahap ini pastikan terlebih dahulu tbidang kosong pada foto. Hal ini dilakukan karena pada foto tersebut akan ditambah unsur grafis seperti ikon dan huruf. Tetntu dengan memperhatikan hal ini, tata letak (lay out) yang akan dihasilkan akan sangat baik dan menarik.

Agar foto Anda punya unsur cerita dibaliknya, usahakan unsur grafis yang ditambahkan tidak merusak cerita tetapi malah memperkuatnya. Misalnya sebuah aplikasi, posisi unsur grafis berada di samping kiri atau di bawah, maka fokus cerita harus ditempatkan di samping kanan atau di atas. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berguna agar foto Anda tidak hanya sekadar gambar tapi punya unsur kisah yang menarik.

Agar ada kesinambungan cerita, perlu diperhatikan kesinambungan foto dengan caption pada grafis. Contohnya sebuah foto yang diambil di toko buku akan terasa aneh jika diberi keterangan cuaca. Misalkan juga sebuah foto tentang cemilan kurang tepat rasanya jika diberi info tentang tempat.

Tips dan trik fotografi yang diberikan akan terasa janggal jika hal ini dilakukan Untuk menghindari kekurangtepatan ini, sebelumnya perlu dipelajari pula tentang aplikasi yang akan dipakai agar tidak salah langkah dalam menggunakannya.

Langkah terakhir pada tips dan trik fotografi kali ini hanya sebuah saran agar tetap terus memperbanyak gambar. Seperti yang dikatakan pada paragraf sebelumnya, mengambil foto dan menyimpannya sewaktu-waktu. Hal ini dilakukan jika suatu saat nanti terdapat ide yang sesuai dengan penggunaan grafis/layout pada aplikasi yang digunakan.

Mudahan-mudahan tips dan trik fotografi yang dijelaskan kali ini akan berguna bagi Anda. Tetaplah terus mengambil gambar, tidak perlu menjadi profesional kalau hanya untuk sekadar hobi. Namun mendapatkan gambar yang baik dan mengeditnya dengan aplikasi yang tepat akan menjadi kepuasan tersendiri bagi diri kita masing-masing. Selamat berfoto!

*Diadaptasi dari berbagai sumber

Ikuti Kontes Wallpaper Ubuntu 13.04

Anda seorang Photografer atau Designer saatnya untuk mengikuti kontes wallpaper untuk ubuntu 13.04, ajang yang diadakan setiap dua tahun sekali ini sudah di buka kembali, jadi siapkan kamera anda untuk menghasilkan karya yang luar biasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya photo yang akan di ikutkan untuk kontes harus di kumpulkan di situs Flickr.

logo ubuntu 13.04

Yang dibutuhkan Kualitas bukan Kuantitas

Seperti tahun lalu hanya di perbolehkan untuk mengupload satu foto dari setiap peserta kontes “We only need to look back at last release’s beautiful bounty of backgrounds to see that this “quality not quantity” approach has paid off” begitu kata yang terdapat pada pengunguman kontes tersebut. Hanya 10 gambar yang akan terpilih nantinya untuk menjadi wallpaper resmi ubuntu 13.04.

Aturan Main

Ubuntu Design Team’s Otto Greenslade memberi beberapa syarat untuk mengikuti kontes ini.

Jangan membuat gambar semak, atau memiliki bentuk atau warna yang banyak.
Gunakan satu titik fokus, satu daerah yang menarik pandangan saja.
Hindari memiliki detail gambar sesuatu di tepi kiri dan atas karena hal ini akan berbenturan dengan elemen antarmuka Unity
Uji gambar Anda pada aspek rasio yang berbeda untuk memastikan gambar tersebut layak.
Komposisi pedoman lebih lanjut dapat dilihat pada Wiki Ubuntu.

Deadline Kontes

Apabila anda berminat mengikuti kontes terbesar ini, Anda harus sudah mengupload gambar anda pada  tanggal 8 Maret. Pelu di ingat 8 maret dengan zona waktu  6 GMT. dan setelah itu juri akan melakukan penilaian dan juru terdiri dari para seniman dan pemenang sebelumnya, dan hasilnya akan di umumkan pada akhir bulan maret sebelum foto tersebut di publikasikan di ubuntu 13.04 nantinya.

Ringkasan

Satu gambar untuk satu perserta kontes.
Gambar harus mengikuti panduan desain
Hanya 10 pemenang
Masukkan via Flickr
Gambar harus menjadi milik Anda
Gambar lisensi perlu CC-BY-SA
Tenggat: 8 Maret 2013

Selamat bertarung semoga menjadi salah satu dari pemenang amin…..
Butuh inspirasi? Lihatlah tahun-tahun sebelumnya memenangkan kontes.

5 Aplikasi Wallpaper Android Bertemakan Cinta

Android bisa dikatakan selalu meng-update applikasi-applikasinya sesuai dengan hari libur atau perayaan terntentu, dan salah satunya adalah wallpaper- wallpaper android yang cantik dengan tema Valentine’s Day. Salah satu hal yang membuat Android menjadi sistem operasi favorit pengguna gadget adalah banyak-nya applikasi yang bisa diunduh oleh pengguna, dari game, applikasi menarik, hingga wallpaper –kesemuanya tersedia secara gratis atau berbayar.

Android Live Wallpaper

Bagi anda yang ingin merayakan Valentine’s Day, ada juga applikasi menarik bertemakan Valentine yang bisa anda unduh dari Google Play. Applikasi yang dimaksud adalah wallpaper Valentine, yang hadir dengan warna-warna yang cantik dan detail yang indah. Berikut ini adalah beberapa wallpaper cantik bertema Valentine yang memiliki rating review tinggi di Google Play.

Live Wallpaper Be my Valentine

Salah satu wallpaper android cantik dengan tema Valentine adalah ‘Be My Valentine’, yang masuk dalam kategori live wallpaper –ini adalah jenis wallpaper yang berfitur grafik atau gambar yang bergerak. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur sendiri beberapa fitur dari live wallpaper ini, seperti warna gambar dan sebagainya.

Fitur utama dan unggulan yang ditawarkan oleh Be My Valentine adalah grafik dan warna yang romantis dan bervariasi, yang akan menjadi sentuhan cantik bagi smartphone atau tablet Android. Wallpaper Valentine cantik ini cocok untuk segala usia, karena warna lembutnya yang cantik.

Hujan gambar hati di wallpaper ini semakin cantik karena bila meletus, maka akan keluar kata-kata mutiara dari dalam hati tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa mengganti warna dan gambar hati di layar, dengan bentuk berlian dan balon. Wallpaper ini dibanderoll dengan harga $0.86. Unduh di sini.

Valentine’s Day Live Wallpaper

Wallpaper dengan tema Valentine yang lain adalah Valentine’s Day Live Wallpaper, yang memiliki fitur Live wallpaper atau wallpaper hidup seperti diatas. Dengan wallpaper android cantik ini, pengguna bisa menikmati efek hidup dari butiran salju yang turun secara perlahan-lahan dari layar atas gadget. Selain butiran salju, ada juga gambar hati yang turun secara perlahan dari layar atas –pengguna juga bisa mendengarkan lagu-lagu cinta dengan mengaplikasikan wallpaper ini.

Fitur lain yang disuguhkan oleh wallpaper cantik ini adalah efek accelometer yang menakjubkan, hanya dengan memiringkan smartphone atau tablet Android. Dengan harga yang hanya $0.99, tidak heran bila wallpaper ini mendapat review dan rating yang cukup tinggi. Download applikasi wallpaper ini di sini.

Happy Valentine’s Day!

Wallpaper hidup lain yang merupakan salah satu dari wallpaper android dengan tema Valentine terbaik adalah Happy Valentine’s Day! Wallpaper ini terutama ditujukan bagi mereka yang menikmati pesta dan sesuatu yang meriah. Dengan wallpaper ini, pengguna bisa melihat hitungan mundur menjelang hari Valentine.

Pengguna atau user juga bisa mengatur pengaturan hitungan mundur untuk berbagai hari special, seperti ulang tahun pernikahan, ulang tahun seseorang, dan hari special lainnya. Salah satu fitur menarik dari wallpaper cantik ini adalah bahwa user bisa menulis pesan untuk yang terkasih, pada gambar hati 3D yang besar yang terkait pada panah Cupid. Pengguna juga bisa menyimpan foto yang terkasih dengan wallpaper ini. Harga wallpaper Valentine ini adalah $1.24, dan bisa diunduh di sini.

Valentine Love Bear

Bagi pengguna gadget Android, Valentine Love Bear adalah Live wallpaper android yang harus diinstall untuk merayakan hari kasih sayang ini. Seperti Live Wallpaper Valentine yang sebelumnya, wallpaper ini juga menyuguhkan fitur grafik atau gambar hidup yang bisa diatur.

Pengguna bisa membentuk gambar hati berukuran kecil dengan hanya menyentuh layar gadget mereka. Gambar hati akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat –untuk menampilkan gambar hati lagi, user hanya cukup menyentuh layar lagi. Wallpaper Valentine ini cocok bagi mereka yang ingin Live Wallpaper Valentine yang sederhana tapi tetap cantik. Valentine Love Bear bisa didownload dengan harga $1.24, dan tautan unduhannya di sini.

21-Pack Wallpaper Valentine

Selain Live Wallpaper, ada beberapa wallpaper dengan tema Valentine yang sederhana, cantik, dan menarik. Salah satu wallpaper android yang dimaksud adalah themes-pack pro yang berisi 21 tema cinta yang menarik, dan sangat cocok bagi mereka yang ingin mengungkapkan cinta. User bisa menggunakan tema ini untuk mengirim pesan via TexCutie. Wallpaper yang ditawarkan dengan harga $0.96 ini bisa diunduh di sini.