Hindari Pencurian Data Kartu Debit & Kredit, Ini Tipsnya

Akhir-akhir ini kita sering mendengar adanya kasus pemblokiran kartu Debit dan kartu Kredit secara sepihak oleh Bank yang mengeluarkan kartu tersebut. Usut punya usut ternyata nasabah yang kartu debit dan kreditnya yang diblokir itu, sebelumnya menggunakan kartu tersebut untuk berbelanja di gerai-gerai salah satu merk kosmetik terkenal. Ironisnya lagi, data-data yang tersimpan dalam sistem gerai-gerai tersebut dicuri dan bank khawatir data tersebut disalahgunakan untuk pembobolan saldo rekening atau penggunaan kartu kredit tanpa diketahui pemiliknya.  Akan tetapi hal ini tentu merepotkan nasabah karena nasabah harus membuat kartu kredit baru yang memakan waktu dan tenaga.

Berikut ini Tips untuk Menghindari Pencurian Data Kartu Debit dan Kredit Anda :

1. Ketika membayar menggunakan kartu kredit, jangan teledor dan selalu perhatikan teller atau kasir yang menangani kartu anda tersebut. Dan pastikan kartu sudah berada di tangan Anda ketika Anda meninggalkan toko atau merchant tersebut.

2. Pastikan anda selalu menyimpan secara aman tiga atau empat digit terakhir dari nomor di belakang kartu kredit anda. Saat melakukan pembayaran di kasir, Anda perlu memastikan semua proses transaksi berjalan lancer dan tidak mencurigakan.

3. Simpanlah struk belanjaan Anda untuk dibandingkan dengan billing statement kartu kredit anda. Dengan begitu Anda bisa tahu transaksi mana saja yang tidak sesuai dengan penggunaan kartu kredit Anda.

4. Jangan asal membayar menggunakan kartu debit dan kredit. Apabila nominalnya masih memungkinkan untuk dibayar secara tunai maka bayarlah dengan uang tunai.

5. Hancurkan dengan cara sobek-sobek semua struk transaksi belanda anda yang menggunakan kartu debit atau kredit sebelum dibuang. Data-data yang ada didalam kertas struk bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

6. Janganlah pernah memberitahukan pin anda kepada siapapun dan jangan sampai orang lain melihat kombinasi angka yang anda masukkan ketika membayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

7. Selalu hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan kartu debit dan kartu kredit anda, itu semua demi keamanan anda sendiri.

Sekian Tips untuk Menghindari Pencurian Data Kartu Debit dan Kartu Kredit dari kami, semoga Tips ini bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*